Optimalkan Manfaat Baby Oil dengan Melakukan Cara memijat Bayi yang Benar

baby oil
Johnson’s Baby Indonesia

Baby oil termasuk perlengkapan perawatan bayi yang cukup dikenal memiliki banyak kegunaan. Fungsinya yang dapat membantu menjadikan kulit dan rambut bayi lebih lembut, hingga dapat juga digunakan untuk banyak hal lain bagi orang dewasa. Akan tetapi, salah satu kegunaan baby oil yang paling utama adalah untuk digunakan ketika memijat bayi.

Kenapa memilih menggunakan baby oil ketika pijat bayi?

Selain fungsinya yang melembutkan kulit, baby oil tidak memiliki aroma terlalu kuat yang membuatnya cocok bagi bayi. Selain itu, baby oil juga dapat membantu menghangatkan tubuh bayi walaupun tetap tidak terasa panas.

Manfaat dari baby oil tentunya akan didapatkan jika digunakan ketika memijat bayi. Akan tetapi, cara memijat bayi yang benar juga penting untuk diketahui agar manfaat dari pijatan bayi menjadi lebih optimal.

Tips: Sebelum mulai memijat bayi, gosokkan kedua telapak tangan agar permukaan telapak tangan hangat dan tidak kaku.

Langkah awal yang bisa dilakukan dalam memijat bayi adalah dengan memijat dengan lembut bagian telapak kaki bayi. Pijatlah dengan perlahan dari bagian tumit hingga ke arah jari – jari kaki bayi, dengan meneteskan sedikit baby oil pada ibu jari tangan atau telapak kaki bayi.

Selanjutnya, mulai pijatan dari bagian paha bayi hingga mendekati area mata kaki bayi. Untuk langkah ini, lakukan gerakan seperti menarik tali namun lakukan dengan lembut dan perlahan secara bergantian antara kaki kanan dan kiri bayi. Tahap memijat telapak kaki dan paha bayi ini bisa dilakukan selama 3 – 5 menit.

Tips: Agar kegiatan pijat bayi tidak terasa membosankan dan hubungan antara ibu dan bayi pun menjadi lebih dekat, ajak berbicara, bernyanyi, atau bercanda selama melakukan pijat bayi.

Lakukan gerakan pijatan yang sama pada bagian tangan dan lengan bayi, dengan kembali memberikan beberapa tetes baby oil pada telapak tangan. Langkah ini pun bisa dilakukan selama 3 – 5 menit.

Langkah berikutnya adalah untuk memijat bagian kepala hingga tubuh bayi. Mulai dengan menempatkan tangan di kedua sisi kepala bayi dan tarik tann secara perlahan hingga ke ujung kaki bayi. Lakukan langkah ini 3 kali, lalu kembalikan tangan ke kedua sisi kepala bayi. Dengan menggunakan ujung jari tangan, buatlah lingkaran – lingkaran kecil dengan gerakan jari pada seluruh bagian kepala bayi.

Tips: Pastikan setidaknya salah satu tangan selalu menyentuh bagian tubuh bayi selama melakukan pijat bayi.

Berikutnya, tempatkan kedua sisi tangan di atas dahi bayi seperti sedang memposisikan tangan ketika berdoa. Tarik kedua tangan secara perlahan dari bagian tengah wajah bayi hingga ke samping.

Dengan posisi tangan yang tetap berada di sisi wajah bayi, gunakan ibu jari untuk menarik garis dari pipi kiri hingga ke pipi kanan dan sebaliknya dengan mengikuti garis bibir atas dan bawah. Lakukan gerakan ini beberapa kali.

Tahap terakhir dalam cara memijat bayi yang benar adalah untuk melakukan pijatan di bagian dada dan perut bayi.

Teteskan baby oil di telapak tangan dan gosokkan kembali kedua telapak tangan untuk menghangatkan. Letakkan kedua telapak tangan di dada bayi dan lakukan gerakan ke arah keluar secara perlahan. Lakukan juga gerakan yang sama di bagian perut.

Agar pencernaan bayi lancar, buatlah lingkaran di sekitaran pusar bayi, menigkuti arah jarum jam. Lakukan tahap ini beberapa kali, lalu gunakan ujung jari jari untuk membentuk ‘X’ di bagian perut bayi.

Untuk mengakhiri pijat bayi, usap punggung bayi secara perlahan dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan dengan menggunakan baby oil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *