Pahami Tahap Pengenalan Makanan Padat Untuk Bayi dengan Bubur Bayi 6 Bulan

bubur bayi enam bulan
www.awalsehat.nestle.co.id

Ketika bayi telah berusia 6 bulan, ia membutuhkan nutrisi yang lengkap. Kini ASI (Air Susu Ibu) saja tidak bisa mencukupi nutrisinya maka dari itu, dibutuhkan nutrisi dari sumber lain untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Sumber nutrisi selain ASI untuk bayi 6 bulan sering disebut dengan makanan pendamping ASI. Jika sebelumnya, Anda hanya memberikannya ASI sebagai sumber utama nutrisinya, kini Anda bisa memberikannya makanan lain seperti bubur bayi.Bubur bayi menjadi salah satu menu makanan untuk bayi yang berusia 6 bulan.

Meskipun demikian, ternyata masih banyak ibu yang belum memahami tentang makanan pendamping ASI seperti bubur bayi ini. Padahal tujuan dan manfaat dari diberikannya bubur bayi ini adalah untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi seiring bertambahnya usia dan kebutuhan gizi bayi.

Perlu di ingat bahwa setelah usia 6 bulan, organ pencernaan bayi telah siap mencerna makanan selain ASI. Jadi, ibu tidak perlu takut untuk memberikan bubur bayi ketika bayi telah berusia 6 bulan.

Bagi ibu yang sudah berpengalaman tentu, hal ini bukan menjadi hal yang asing. Akan tetapi, bagi ibu yang baru pertama kali mempunyai buah hati tentu pernah merasa takut dan bingung jika harus memberikan bubur untuk bayi 6 bulan.

Meskipun telah mampu mencerna makanan  selain ASI, makanan yang boleh dan bisa diberikan oleh bayi usia 6 bulan juga tidak boleh sembarangan.

Kita sebagai ibu perlu mengetahui dan memahami mengenai gizi atau nutrisi bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan sehingga dapat memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Pilihan bubur bayi 6 bulan yang tepat.

Sekarang banyak sekali produk makanan atau bubur bayi yang ditawarkan dimasyarakat. Namun, belum tentu produk-produk tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan gizi bayi. Apalagi produk tersebut adalah termasuk makanan pendamping ASI yang instant.

Maka dari itu, sangat dianjurkan kepada para ibu untuk membuat bubur bayi sendiri dimana sang ibu mengetahui sendiri bahan-bahan yang digunakannya dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan gizi buah hati.

Sebenarnya banyak sekali pilihan makanan pendamping ASI yang tepat untuk bayi.  Akan tetapi, pemilihan makanan pendamping ini mempunyai pengaruh yang besar bagi pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati, bunda.

Jadi, sangat perlu untuk memperhatikan makanan yang akan bunda berikan. Lalu makanan apa yang tepat untuk dapat memenuhi gizi bayi 6 bulan? Untuk kebutuhan gizi atau nutrisi protein, bunda bisa memberikan ikan laut misalnya ikan salmon.

Ikan laut mengandung banyak protein yang tentunya sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi. Bunda dapat memberikannya dengan cara digiling kemudian mencampurkannya ke dalam bubur bayi.

Namun selain protein, bunda juga perlu memperhatikan kebutuhan lainnya seperti vitamin, karbohidrat dan lain sebagainya. Anda dapat memilih sayuran dan buah-buahan lokal yang tentu lebih aman karena tanpa pestisida dan pasti lebih segar dibandingkan dengan buah impor.

Pilihan sayuran dan buah-buahan yang bunda gunakan sebagai bahan makanan pendamping ASI atau bubur sebaiknya adalah sayuran dan buah-buahan yang memiliki gizi dan nutrisi yang baik untuk bayi apalagi untuk bayi yang baru memasuki tahap pengenalan makanan yaitu bayi berusia 6 bulan.

Resep bubur bayi umur 6 bulan.

Membuat bubur bayi yang sehat dan memiliki nutrisi yang baik bagi bayi tentu bukanlah hal yang mudah. Bunda harus memilih dan memilah kira-kira makanan apa yang tepat untuk buah hati.

Apalagi bagi bunda yang repot sehingga tidak sempat untuk membuat bubur bayi. Akan tetapi, bunda tidak perlu khawatir karena sebenarnya banyak sekali resep- resep bubur bayi yang sehat untuk bayi berusia 6 bulan.

Bunda dapat memilih resep makanan pendamping ASI yang mudah dan pastinya cepat jika ingin lebih praktis dan tidak memakan waktu yang banyak. Memang, kita tidak bisa sembarangan memberikan makanan untuk si kecil.

Namun, dengan pemilihan bahan makanan yang tepat dan sesuai dengan nutrisi bayi dan cara pengolahan yang tepat maka tidak masalah jika bubur bayi dibuat dengan waktu yang singkat.

Nah ini dia beberapa resep makanan bubur bayi yang sehat, sederhana dan tentunya mudah untuk bunda coba sendiri di rumah.

Bubur Susu

Salah satu makanan yang baik dan sehat bagi bayi adalah bubur bayi. Apalagi untuk bayi yang berusia 6 bulan yang baru memasuki tahap pengenalan makanan. Bubur bayi adalah makanan yang sehat dan tepat jika bunda ingin menyajikannya untuk buah hati.

Lalu bagaimana cara membuat bubur susu? Sudah disebutkan sebelumnya bahwa ini adalah resep bubur bayi yang mudah dan sederhana jadi pembuatannya cukup mudah untuk bunda lakukan sendiri. bunda hanya butuh tepung beras 1 sendok makan dan pastinya susu formula kurang lebih 250 ml.

Pertama larutkan tepung beras dengan susu formula yang telah bunda sediakan. Setelah itu panaskan dengan api yang kecil saja hingga mendidih dan tunggu hingga sedikit mengental. Terkahir, saring bubur sebelum bunda sajikan.

Jika bubur susu saja terlalu biasa dan buah hati sudah bosan maka berikan inovasi lain salah satunya ialah dengan memberikan bubur susu bayam.

Tambahan bayam melengkapi kebutuhan nutrisi yang bisa bunda berikan. Cara membuatnya tidak jauh berbeda dengan bubur susu biasa. Bunda hanya perlu sedikit bayam yang sudah di rebus dan di haluskan, susu formula dan sedikit tepung beras.

Sama dengan proses yang ada pada bubur susu biasa, bunda hanya tinggal menambahkan bayam yang sudah di rebus dan dihaluskan kemudian di tambahkan ke dalam larutan susu dan tepung beras. Panaskan, dan jika sudah menggumpal dan mengental maka bunda bisa tiriskan.

Usahakan teksur bubur tidak kasar karena bagaimana pun juga, bayi masih dalam tahap pengenalan makanan selain ASI. Selamat menyajikan makanan pendamping ASI yang sehat untuk buah hati. Semoga bermanfaat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *