Parenting Anak Usia 4 Tahun Ke Atas Agar Anak Bisa Berhasil Ketika Dewasa

Ibu dan balita
www.ibudanbalita.com

Sebagai orang tua, bijaksanalah ketika mendidik / merawat anaknya. Karena parenting yang tepat bisa mendewasakan anaknya agar jauh lebih baik.

Semakin dewasa, anak membutuhkan pendidikan lebih banyak. Terutama untuk mengatasi tantangan di masa mendatang sehingga kemampuan parenting orang tua juga diperlukan.

Ketika masih bayi, orang tua hanya perlu merawatnya agar tumbuh sehat. Namun seiring bertambahnya usia, perawatan sekaligus pendidikannya harusnya diperhatikan.

Oleh karenanya, ibu dengan kemampuan parenting yang baik akan menghantarkan anaknya menjalani hidup dengan kualitas yang lebih baik. Dan metode parenting yang bagus bisa ibu intip di www.ibudanbalita.com.

Mengingat perbedaan usia anak, parenting ibu harusnya meningkat. Dan parenting yang cocok untuk anak usia 4 tahun ke atas sebaiknya mencakup beberapa hal berikut ini.

Kemandirian Anak

Ketika anak sudah menginjak usia 4 tahun ke atas, kemampuan anak sudah mulai meningkat. Bahkan beberapa kegiatan sudah dilakukan secara mandiri seperti mandi, bahkan memakai baju.

Ini merupakan kebiasaan yang bagus. Dan perlu ditingkatkan kembali untuk membiasakan anak bersikap mandiri.

Memang hal ini tidak mudah dilakukan. Namun begitu, kebiasan bagus tetap bisa dilakukan dengan membiasakan anak untuk melakukannya.

Salah satu contoh mengajarkan kemandirian anak adalah dengan mengajarkan anak untuk merapikan tempat tidur sendiri. Dan memintanya untuk melakukannya di tiap harinya.

Tanggungjawab Anak

Selain kemandirian, tanggungjawab tidak kalah pentingnya untuk diajarkan oleh orang tua. Khususnya ibu yang mencurahkan 100 persen kegiatannya untuk anaknya.

Tanggungjawab merupakan hal penting untuk mengarahkannya pada kepribadian yang lebih baik. Dan ini lebih utama selain mencerdaskan otaknya saja.

Contoh parenting yang mencakup tanggungjawab adalah mengajarkan anak untuk rajin belajar. Karena kebiasaan tersebut merupakan tanggungjawab sendiri atas pendidikan yang akan dijalaninya di bangku sekolah nantinya.

Selain itu, mengajarkan hal sederhana seperti membuang sampah di tempat sampah, atau meletakkan piring kotor ke tempatnya juga merupakan bagian dari tanggungjawab.

Meskipun hal ini sederhana, tetapi hasilnya akan sangat positif. Yakni meningkatkan kepribadian yang jauh lebih baik di tiap harinya.

Kreatifitas Anak

Tak hanya seputar pelajaran saja anak harus fokus, namun ketrampilan juga. Karena setiap anak memiliki keinginan untuk melakukan kegiatan yang menjadi hobinya.

Tugas ibu hanyalah membantu anak untuk menemukan hobinya. Dan hobi ini bisa menjadi bagian sempurna untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Misalnya bila anak suka memasak. Maka ibu bisa menemaninya dalam hal tersebut. Dan mengenai ide masak-memasak, ibu bisa dapatkan resepnya di website ibu dan balita yang bisa dijadikan sebagai referensi memasak dengan si kecil.

Bakat Anak

Tidak semua hal yang disukai oleh anak bisa menunjukkan bakat anak. Meskipun anak sering melakukannya, bahkan berhasil untuk melakukannya. Karena bisa jadi, anak akan cenderung bosan di suatu hari.

Bakat yang dimiliki anak nantinya bisa membantunya di masa mendatang. Dan inilah mengapa ibu perlu sekali membantu anak untuk menemukannya.

Caranya adalah dengan memetakan bidang apa yang paling disukai anak, bahkan kecenderungan melakukannya lebih besar tanpa ada rasa kebosanan.

Namun untuk lebih jelasnya, ibu bisa meminta bantuan psikolog untuk memastikan apa yang menjadi bakat dari anak.

Ketika sudah ditemukan, ibu cukup membantu anak misalnya dengan memfasilitasinya. Alhasil, bakat yang dimiliki anak akan terus berkembang, dan bisa menjadi bakat yang mensukseskan di masa depan.

Nah, masih ada banyak informasi terkait perkembangan anak usia 4 tahun ke atas yang perlu ibu sadari. Semua informasi tersebut bisa ibu lihat dengan jelas di www.ibudanbalita.com.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *