Pasangan Muda Harus Tahu Perawatan Bayi

Perawatan Bayi
Ibu & Balita

Perawatan bayi tidak hanya bisa dilakukan oleh ibu lho. Suami ibu juga bisa ikut andil dalam merawat bayi. Untuk itu, setiap orang tua harus tahu bagaimana cara merawat bayi.

Bagi pasangan muda yang tidak memiliki pengalaman dalam merawat bayi harus tahu beberapa hal seputar perawatan bayi. Yang pasti, keduanya harus bekerjasama. Merawat bayi itu tidak hanya dibebankan kepada ibu saja, tapi juga ayah.

Pembagian Tugas

Akan lebih ringan jika ibu membuat kesepakatan tentang pembagian tugas antara ibu dan suami ibu. Bagaimana pembagian tugas tersebut?

Untuk urusan memandikan bayi, tentu ibu lebih bisa diandalkan. Tangan ibu lebih luwes untuk memandikan bayi. Apalagi memandikan bayi bukanlah masalah yang mudah. Butuh ketelitian dan kehati-hatian dalam memandikan bayi. Biasanya, ibu lebih hati-hati daripada ayah. Oleh sebab itu, untuk bagian perawatan bayi yang satu ini, ibu bisa diandalkan.

Sementara itu, tugas suami ibu adalah mempersiapkan air hangat untuk mati dan juga peralatan-peralatannya. Sementara ibu memandikan si kecil, suami bisa menyiapkan pakaian dan popok untuk si kecil. Akan semakin ringan jika ada pembagian tugas seperti ini, bukan?

Perawatan bayi lainnya adalah menjemur si kecil di bawah sinar matahari pagi. Tugas siapakah ini? Tentu saja ibu atau suami ibu bisa melakukannya. Akan tetapi, jika ibu belum begitu kuat untuk menggendong si kecil keluar rumah, sebaiknya suami ibu saja yang menggendong dan menjemur si kecil. Sementara itu, ibu siap-siap untuk memberikan ASI setelah 5-10 menit berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Menjemur bayi di bawah sinar matahari bagi sangat baik bagi kesehatan bayi terutama kulitnya. Untuk bayi kuning, menjemur merupakan cara yang paling mudah dan paling efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

Bagaimana dengan menggantikan popok di malam hari? Tidak jarang bayi akan terbangun di malam hari. Hal tersebut entah disebabkan karena lapar atau popok yang sudah penuh dengan air kecing atau berak. Ini juga bagian dari perawatan bayi. Jika ibu tidak mengganti popok, maka akan terjadi ruam popok. Kulit bagian pantat si kecil akan mengalami iritisi.

Oleh sebab itu, popok harus diganti walaupun pada tengah malam. Tugas siapakan ini? Akan lebih baik jika seorang ayah yang menggantikan popok. Sementara itu, ibu bersiap-siap memberikan ASI setelah suami ibu selesai mengganti popok agar si kecil bisa terlelap kembali

Dalam hal ini, harus dipahami bahwa menyusui itu sangat berat. Seorang ibu yang menyusui akan mudah sekali merasa lapar. Selain itu, diperlukan tenaga yang kuat. Jika ibu tidak sehat, maka produksi ASI pun akan terhambat. Oleh sebab itu, peran suami sangat penting untuk membantu. Setidaknya suami membantu istri agar tenaganya tidak terlalu tervorsir seperti menggantikan popok, menyuci pakaian bayi, dan lain sebagainya.

Apakah Merawat Bayi itu Berat?

Siapa bilang merawat bayi itu berat. Jika melakukan pembagian tugas antara suami dan istri, maka perawatan bayi akan terasa ringat.

Bagi pasangan muda, mereka harus tahu tentang hal ini. Membiarkan istri sendiri yang merawat bayi akan membuatnya kelelahan. Jika ia kelelahan, bukan tidak mungkin kesehatannya menurun. Maka yang terjadi adalah produksi ASI nya berkurang.

Pada dasarnya, keduanya harus saling membantu sesuai perannya masing-masing. Dengan demikian, tidak ada hal yang berat dalam memberikan perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *