Pasca Kelahiran, Ini yang Seharusnya Ibu Lakukan

pasca-kelahiran
Friso Indonesia

Setelah persalinan selesai, tentu saja ada perasaan lega dan bahagia jika ibu dan bayi selamat. Namun, tentu saja kondisi ibu sengat lemah setelah menghadapi proses persalinan terutama persalinan normal.

Apa yang harus ibu lakukan setelah proses melahirkan? Tidak banyak yang boleh ibu lakukan. Mungkin ibu akan merasakan nyeri untuk beberapa hari kemudian.

Namun, bukan berarti ibu hanya bisa diam saja. Untuk memulihkan stamina dan agar ibu lebih cepat bisa aktif tanpa rasa sakit, ibu perlu melakukan beberapa hal.

Memperbanyak Asupan Kalsium

Tidak hanya saat ibu sedang hamil saja membutuhkan kalsium. Pasca melahirkan, ibu juga membutuhkan kalsium. Dan bahkan kebutuhan kalsium lebih banyak.

Jika selama hamil ibu membutuhkan kalsium untuk ibu dan juga janin di dalam kandungan, saat ibu sedang melahirkan semua kalsium ibu yang butuhkan.

Setelah proses melahirkan, tulang ibu semakin rapuh. Itulah mengapa ibu merasa ngilu pada bagian tulang tertentu dan murah lelah. Itu disebabkan kalsium ibu kurang.

Lebih-lebih ketika ibu sudah memberikan ASI untuk si kecil. Asupan nutrisi berupa kalsium juga harus banyak karena produksi ASI dipengaruhi sekali oleh kalsium. Saat tubuh ibu memrproduksi ASI, maka kandungan kalsium sangat banyak berkurang.

Itulah mengapa dokter menyarangkan agar ibu mengkonsumsi susu menyusui. Pada dasarnya nutrisi yang ada di dalam susu tersebut sangat diperlukan untuk memastikan kesehatan ibu selalu terjaga. Dengan demikian, produksi ASI pun bagus dan mencukupi kebutuhan ASI si kecil.

Sayang sekali jika ada ibu hamil yang tidak mau minum susu. Tentu saja kandungan kalsium bisa didapatkan dari mana saja. Hanya saja, harus diketahui minimal ibu menyusui itu mendapatkan kalsium sebanyak 1000 mg setiap hari.

Banyak Minum Air Putih

Bukan berhubungan dengan produksi ASI, tapi untuk kesehatan ibu, khususnya kulit. Masalah yang dialami oleh seorang ibu pasca melahirkan adalah masalah kulit. Untuk ibu yang melahirkan melalui operasi caesar, tentu saja ada scar atau bekas luka pada bagian perut. Bekas luka ini tidak bisa hilang dalam waktu yang singkat.

Namun, ibu bisa melakukan hidrasi kulit dengan cara mengkonsumsi air putih lebih banyak. Diharapkan luka tersebut lebih cepat hilang.

Belum lagi masalah jerawat dan juga stretchmark. Tidak ada cara yang paling aman dan efektif selain mengkonsumsi banyak air putih.

Perawatan Vagina

Khusus untuk ibu yang persalinannya dilakukan secara normal, ibu perlu tahu cara merawat vagina pasca melahirkan. Perawatan ini sangat penting agar vagina tidak mengalami infeksi.

Hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah mengkompres vagina dengan menggunakan air es. Cara ini sebenarnya untuk mengurangi rasa sakit pasca melahirkan. Setelah itu, ibu bisa gunakan spray atau lap yang khusus untuk membuat vagina mati rasa.

Pastikan juga ibu menggunakan pembalut yang besar setidaknya selama 4 hingga 6 minggu. Ini sangat penting agar vagina tidak mengalami infeksi.

Selain tiga hal tersebut di atas, tentu saja ada hal-hal lain yang harus ibu ketahui pasca kelahiran. Ada hal yang tidak boleh dilakukan dan juga hal-hal yang ibu akan alami setelah melahirkan. Jika ibu tahu banyak informasi tentang paska kelahiran, maka ibu akan semakin siap untuk menghadapi apa saja yang bisa terjadi. Jika ibu saat ini sedang menunggu kelahiran bayi, akan lebih baik jika ibu mengetahui informasi tentang paska kelahiran bayi agar ibu siap nanti.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *