Penjelasan Mengapa Berat Badan Ideal Menentukan Tumbuh Kembang Balita

tumbuh kembang balita
Ibu & Balita

Tumbuh kembang balita sangat dipengaruhi oleh berat badan. Anak yang memiliki berat badan di atas normal, biasanya perkembangannya sedikit banyak terhambat. Begitu juga jika berat badannya di bawah normal, perkembangannya juga terganggu.

Mungkin ibu tidak percaya bagaimana bisa tumbuh kembang balita dipengaruhi oleh berat badan ideal. Berikut penjelasannya.

Tubuh Gemuk, Malas Beraktifitas

Tentu saja tidak sulit untuk mendapatkan contoh bagaimana perkembangan balita terganggu saat berat badannya di atas normal. Tumbuh yang gemuk biasanya membuat balita susah bergerak. Ia cenderung lebih suka berdiam diri daripada ikut temannya yang lain untuk aktif bergerak. Padahal, aktif bergerak itu dibutuhkan untuk perkembangan fisiknya, bukan?

Belum lagi dengan kebiasaan jajan. Kebanyakan balita yang memiliki tubuh yang gemuk memiliki masalah dengan kebiasaan jajan. Balita tersebut lebih sering mengkonsumsi jajanan yang sebenarnya tidak baik bagi kesehatan. Bukannya tumbuh kembang balita baik tapi justru lebih buruk. Karena kebanyakan jajan, masalah yang dihadapi tentu saja kegemukan. Saat itulah ibu harus bekerja keras agar si kecil bisa mengatasi masalah obesitas. Sayangnya, hal tersebut tidaklah mudah.

Banyak juga masalah berat badan di atas normal yang dialami oleh balita merupakan akibat dari game gadget. Tidak bisa dipungkiri bahwa permainan di dalam gadget membuat anak cenderung pasif. Ia lebih sering menyendiri dan bermain game daripada bersosialisasi dengan teman-teman lainnya dan bermain permainan yang menuntutnya untuk bergerak.

Walhasil, balita akan kecanduan. Jika kecanduan, bukan hanya tumbuh kembang balita secara fisik saja yang terganggu, tapi juga mental. Balita akan cenderung susah bersosialisasi dengan orang baru karena tidak terbiasa. Ia lebih sering menyendiri dengan gadget yang ada di tangan.

Apakah ibu ingin sang buah hati mengalami hal tersebut? Kesimpulannya, ada kaitan antara berat badan di atas normal dengan tumbuh kembang. Sementara itu, ada juga penyebab kenapa berat badan balita naik di atas normal.

Cara Mengatasi Masalah Berat Badan Pada Balita

Ibu sudah tahu bukan pentingnya menjaga agar berat badan balita normal? Untuk itu, ibu harus tahu berapa berat balita normal sesuai dengan usia dan juga jenis kelamin agar tumbuh kembang balita baik.

Jika ternyata balita ibu mengalami masalah kelebihan berat badan, ibu harus menerapkan diet khusus untuk balita. Tentunya cara dietnya berbeda dengan orang dewasa. Mulailah dengan mengurangi penggunaan gadget jika menurut ibu gadget lah yang membuat si kecil tidak mau beraktifitas dan akhirnya mengalami masalah obesitas.

Selain itu, kurangi juga jajanan yang tidak sehat. Ibu bisa memberikan alternatif lain seperti jus buah, manisan dari buah, dan lain sebagainya. Bukankah buah itu mengandung nutrisi yang baik bagi tumbuh kembang balita?

Lebih dari itu, ibu juga harus lebih sering mengajak si kecil untuk aktif bergerak. Ibu bisa mengajaknya ke kolam renang, jalan-jalan santai di taman terbuka, atau bermain permainan yang menuntut tubuhnya untuk bergerak. Mudah, kan?

Untuk urusan tumbuh kembang balita, ibu tidak boleh setengah-setengah. Ibu harus pastikan memberikan yang terbaik untuk perkembangan balita ibu. Hal tersebut bisa dimulai dengan cara memastikan berat badanya ideal. Karena dengan berat badan yang ideal, si kecil bisa aktif. Dan balita yang aktif akan lebih optimal dalam perkembangannya. Jadi, ibu tahu kan apa yang harus ibu lakukan untuk tumbuh kembang balita?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *