Penting! Apa Saja Persiapan Untuk Melahirkan Bunda?

Persiapan untuk melahirkan
Johnsons Baby

Mengandung bayi merupakan saat-saat yang berat akan dialami oleh setiap Bunda, namun saat-saat yang berat tersebut akan tergantikan apabila akan menjalani proses persalinan. Tentu rasa tidak sabar untuk memeluk dan mencium si Kecil akan Bunda dan suami rasakan. Nah, agar proses tersebut dapat berjalan dengan lancer, tentu ada prosedur yang harus dijalani kan Bun? Tak lupa juga ada beberapa persiapan untuk melahirkan yang harus siap sebelum proses persalinan tiba.

Apa sajakah itu? Beberapa persiapan mungkin sangat mudah untuk Bunda lakukan, namun ada juga persiapan yang benar-benar dari diri Bunda sendiri. Jika tidak Bunda persiapkan, tentu proses persalinan tidak akan terasa menyenangkan dan justru menjadi hal yang menakutkan lho. Oleh karena itu, pastikan Bunda mempersiapkan 4 hal ini. Simak ulasannya dengan baik ya.

1. Sudah Siapkah Rumah Sakit Tempat Bersalin Bunda?

Hal ini sangat penting untuk Bunda persiapkan sejak dini, setidaknya 1 bulan sebelum proses persalinan. Namun akan lebih baik lagi bila Bunda sudah persiapkan sejak bulan pertama proses kehamilan, gunanya adalah agar dapat dengan mudah melakukan cek USG atau pemeriksaan yang lainnya. Ketika Bunda sudah menentukan rumah sakit mana yang akan Bunda gunakan dalam proses persalinan, maka Bunda sudah tenang dan dapat mempersiapkan proses yang lainnya. Bunda juga dapat bersiap-siap menginap 1 minggu sebelum persalinan untuk menjaga kondisi badan ya.

Nah, pastikan untuk memilih rumah sakit yang tepat ya. Rumah sakit yang sudah memiliki kredibilitas bagus sebaiknya Bunda pilih, tentu karena hal ini akan tetap membuat proses persalinan aman. Dokternya juga pasti sudah ahli di bidangnya kan Bun?

2. Dokternya Bagaimana? Sudahkah?

Sama seperti rumah sakit nih, sebaiknya Bunda sudah menentukan dokter mana yang akan membantu proses persalinan Bunda. Semakin dini Bunda menentukannya, maka akan semakin baik Bun. Alasannya adalah, karena Bunda dapat melakukan konsultasi atau pemeriksaan ke dokter yang sudah Bunda pilih tersebut, sehingga tak perlu lagi berganti-ganti dokter.

Jadi, setelah Bunda mempersiapkan rumah sakit tempat persalinan, selanjutnya adalah menentukan dokter yang akan membantu persalinan. Sama, pilihlah dokter yang Bunda suka dan benar-benar ahli di bidangnya ya Bun.

3. Bantuan Keluarga dan Famili

Keluarga dan famili jelas tahu bahwa Bunda akan segera melakukan proses persalinan. Nah, pastikan agar keluarga dan famili Bunda tersebut dapat menjadi penyemangat Bunda, setidaknya doa haruslah disampaikan kepada Bunda dan si Kecil. Akan lebih baik, bila saat proses persalinan, mereka mengunjungi Bunda bukan?

4. Perlengkapan

Ketika menginap di rumah sakit beberapa hari atau minggu sebelum persalinan, tentunya ada perlengkapan yang harus Bunda persiapkan bukan? Ada 3 nih, yaitu perlengkapan Bunda, sang Ayah, dan si Kecil nantinya.

Untuk Bunda, bawalah pakaian ganti, perlengkapan mandi dan hiburan (music dan novel) agar tetap membuat Bunda nyaman. Untuk ayah, sama seperti Bunda kok yaitu cukup perlengkapan mandi dan pakaian ganti.

Dan yang paling penting adalah perlengkapan si Kecil nantinya. Persiapkan pakaian bayi yang ukurannya pas sesuai yang diprediksi dokter ya, dan jangan lupakan untuk membeli kosmetik khusus bayi merek JOHNSONSBABY.

Nah, 4 persiapan tersebut adalah persiapan eksternal yang harus Bunda siapkan, sedangkan untuk yang internal sendiri, mental haruslah sudah siap untuk melahirkan Bun. Jangan takut dan harus siap menghadapinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda ya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *