Penting untuk Orang Tua Ketahui Apa Sih Tujuan dari Penerapan Tips Mendidik Anak

tips mendidik anak
Friso Indonesia

Kenapa sih ibu harus tahu cara mendidik anak? Ini merupakan pertanyaan yang harusnya ibu jawab sebelum mencari berbagai tips untuk mendidik sang buah hati. Apalagi setiap tidak semua tips itu sama. Banyak sekali cara parenting yang satu sama lain jauh berbeda.

Jadi, penting sekali bagi ibu untuk mengetahui sebenarnya apa yang ibu perlukan saat menerapkan tips mendidik anak. Tentu saja ibu ingin menjadikan anak baik, bukan? Akan tetapi, baik itu masih luas ya. Butuh penafsiran dan penjabaran yang lebih.

Bahkan setiap orang tua pun memiliki definisi baik yang berbeda. Oleh sebab itu, penting sekali setiap orang tua mengetahui apa goal yang akan dicapai saat mereka menerapakan cara mendidik anak.

Secara umum, ada tiga tujuan mendidik anak.

Agar Anak Mandiri

Banyak sekali permainan yang didesain untuk mencerdaskan anak. Ada berbagai jenis mesin, robot, dan gadget yang bisa membuat anak pintar. Tapi ternyata bukan itu yang paling utama. Yang paling penting adalah bagaimana agar anak menjadi pribadi yang mandiri.

Sejak awal, anak sebaiknya diajarkan untuk tidak menjadi anak yang cengeng. Saat ia jatuh ketika baru mulai belajar jalan, biarkan ia berdiri sendiri. Dari hal kecil seperti ini sebenarnya ibu sudah menerapkan cara mendidik anak agar ia menjadi pribadi yang mandiri.

Dan banyak hal lainnya ketika ia sudah beranjak dewasa nanti. Biarkan ia melakukan kesalahan karena dari kesalahan tersebut ia akan tahu bagaimana merasakan kesuksesan.

Sayangnya, kebanyakan orang tua justru memberikan permainan lalu mengajarinya sampai bisa. Sehingga ia tidak merasakan bagaimana kegagalan. Bukan tidak mungkin saat ia dewasa ia akan menjari anak yang tergantung dengan orang tuanya.

Agar Anak Sopan

Tujuan mendidik anak selanjutnya adalah agar ia sopan. Ini yang menjadi poin penting mendidik anak. Banyak anak yang cerdas namun tidak bisa sopan dengan orang lain. Kesopanan itu cikal bakal kebaikan. Bagaimana anak bisa menghargai orang lain jika ia tidak bisa bersikap sopan tehradap orang lain?

Mengajarkan kesopanan bukan hal yang mudah lho. Ibu harus mengupayakan sejak dini mungkin. Seringlah ibu mengajak si kecil bertemu dan berkenalan dengan orang lain. Semakin sering ia bersosialisasi dengan orang lain, maka akan semakin mudah ibu mengajarkan bagaimana bersikap sopan dengan orang lain. Dengan demikian, si kecil dengan sendirinya akan selalu menghargai orang lain.

Agar Anak Siap Menghadapi Kompetisi

Anak akan menghadapi kompetisi masa depan, bukan hari ini. Oleh sebab itu, salah besar jika ibu menerapkan cara mendidik anak konvensional. Anak sudah tidak lagi harus didekte agar bisa ini dan itu. Sudah saatnya seorang tua membimbing anaknya agar segera mendapatkan minat dan bakatnya sendiri. Karena dengan cara itulah anak akan semakin siap untuk menyongsong masa depan.

Itulah mengapa setiap orang tua tidak boleh memaksa anaknya untuk pintar di berbagai bidang. Anak memiliki minat dan bakat dari Tuhan. Dan tugas ibu sebagai orang tua adalah menemukan bakat tersebut kemudian mengasahnya. Dengan demikian, anak akan lebih siap menghadapi kompetisi yang semakin ketat di kemudian hari.

Apakah ibu menyadari tiga tujuan mendidik anak tersebut di atas? Pasti ibu ingin menjadikan anak ibu baik, bukan? Dan tiga hal tersebutlah yang mungkin menjadi pengejawantahan dari “anak yang baik”.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *