Penting ya Menyiapkan 4 Persiapan untuk Melahirkan Ini?

persiapan untuk melahirkan
Johnson’s Baby

Bunda, menjadi momen yang sangat menakutkan tentunya dalam proses persalinan nantinya, apalagi bila Bunda adalah Bunda baru yang baru pertama kalinya melahirkan. Namun, momen ini tetap saja menjadi momen yang ditunggu-tunggu setelah 9 bulan lamanya merasa tersiksa karena tidak dapat melakukan apa-apa dengan benar. Ya, karena setelah melahirkan, Bunda sudah dapat disebut sebagai keluarga seutuhnya dan dapat mencium dan memeluk si Kecil sebagai bukti rasa sayang Bunda.

Nah, untuk proses persalinanya, sebenarnya ada beberapa hal yang harus Bunda persiapkan lho agar proses persalinan nantinya dapat berjalan normal tanpa ada masalah. Mempersiapkannya sejak dini setidaknya satu bulan sebelum proses persalinan tiba adalah waktu yang ideal, tentu semakin dini Bunda melakukannya maka akan semakin baik persiapan Bunda. Lalu, apa sajakah persiapan itu? Ada 4 persiapan untuk melahirkan nih Bun, simak informasinya berikut ya.

  1. Tempat Bunda Bersalin

Hal ini sangat penting ya Bun karena menyangkut tempat mana yang akan Bunda lakukan untuk proses persalinan. Dengan menentukannya sejak dini, Bunda dapat lebih tenang dan dapat beristirahat lebih panjang ya Bun. Ada beberapa pilihan tempat bersalin yang dapat Bunda pilih, antara lain rumah sakit, puskesmas, rumah bidan atau rumah sendiri.

Namun, yang paling disarankan adalah melakukan proses persalinan di rumah sakit, karena pastinya semuannya akan siap dengan matang dengan alat yang memadai. Di rumah sakit juga, Bunda diperbolehkan untuk menginap setidaknya satu minggu sebelum proses persalinan untuk menjaga kondisi agar tetap sehat.

Nah, mau pilih yang mana Bun? Pilihannya tergantung Bunda, namun sebaiknya pilih rumah sakit ya, tentu rumah sakit yang sudah memiliki kredibilitas yang baik ya.

  1. Dokter yang Membantu Proses Persalinan

Bunda dapat memilih dokter atau bidan yang akan membantu proses persalinan Bunda setidaknya satu bulan sebelum prosesnya tiba, namun semakin dini akan semakin baik lho. Karena dengan begitu Bunda dapat lebih banyak melakukan konsultasi dan pemeriksaan yang dibutuhkan. Juga, apabila Bunda mendapati masalah, Bunda dapat ditangani oleh dokter yang sudah Bunda pilih dengan cepat. Dokter disini jugalah yang akan memberikan saran bagi Bunda untuk memilih proses persalinan apa yang nantinya akan Bunda lakukan.

  1. Proses Persalinan Apa?

Ada 2 proses persalinan yang umum dilakukan oleh para Bunda, yaitu persalinan normal dan secara Caesar, masing-masing memiliki kelebihan dan keuntungannya sendiri. Keduanya dapat Bunda pilih satu sesuai kemampuan dan keinginan Bunda.

Persalinan normal adalah proses persalinan yang dilakukan secara normal, yaitu bayi akan keluar melalui lubang rahim hingga keluar ke dunia ini dengan selamat. Tentu, untuk persalinan normal ini akan terasa lebih sakit dari proses Caesar, namun rasa sakit setelah melahirkan akan lebih cepat sembuh. Untuk Caesar, prosesnya adalah dengan merobek bagian perut Bunda hingga ke rahim untuk mengeluarkan si Kecil. Bagi Bunda baru, proses Caesar inilah yang paling banyak dipilih, karena tidak terasa lebih sakit dari persalinan normal. Jadi, pilihlah sesuai yang Bunda mau ya. Akan lebih baik bila Bunda berkonsultasi dengan dokter yang Bunda pilih.

Persiapan terakhir adalah perlengkapan si Kecil dan Bunda saat di rumah sakit ya. Untuk Bunda dan sang ayah, siapkan pakaian ganti, perlengkapan mandi dan alat hiburan. Sedangkan untuk si Kecil, siapkan pakaian yang sesuai ukuran dan kosmetik bayi yang aman merek JOHNSONSBABY ya. Jadi itulah 4 persiapan yang wajib Bunda persiapkan, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Bunda ya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *