Pentingkah Mengetahui Umur Berapa Bayi Tumbuh Gigi?

umur berapa bayi tumbuh gigi
www.awalsehat.nestle.co.id

Jika Anda seorang ibu yang mempunyai bayi, tentu saja sangat penting untuk mengetahui kapan bayi Anda akan tumbuh gigi. Sejatinya, gigi bayi mulai dibentuk ketika masih ada di dalam kandungan, yakni pada bulan ke 4 saat kehamilan.

Bayi menyerap kalsium dan fosfat dari aliran darah Anda, kemudian zat tersebut akan berubah menjadi gigi. Vitamin D dan berbagai hormon pertumbuhan menjadi bagian yang sangat penting dalam proses ini.

Jadi, gigi yang dibentuk di dalam kandungan itu namanya gigi sulung atau gigi susu, sedangkan gigi permanen dibentuk setelah bayi lahir.

Tumbuhnya gigi susu dapat bermacam-macam dari satu anak dengan anak lain. Biasanya, gigi susu mulai tumbuh ketika bayi berusia seiktar 6 bulan.

Pada beberapa anak, ada yang munculnya lebih awal namun ada juga yang lebih lambat. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut karena itu sudah biasa.

Gigi bayi tumbuh itu di mulai dari gigi seri tengah rahang bawah. Kemudian, dua gigi depan bawah juga ikut tumbuh, lalu diikuti oleh dua gigi depan atas.

Keempat gigi tersebut sering dikenal sebagai gigi seri tengah, yang mempunyai fungsi untuk menggigit.

Setelah itu, gigi lain yang di sebelahnya akan muncul, baik dari sisi kiri atau kanan dan gigi ini sering dikenal sebagai gigi seri samping. Di sebelah gigi seri samping akan muncul pula gigi taring, dan diikuti oleh dua gigi geraham di belakangnya.

Jadi, bayi akan mempunyai 5 gigi pada tiap sisinya. Jumlah gigi susu jika dihitung semuanya adalah 20 buah. Gigi taring mempunyai fungsi untuk mengoyakkan makanan, sedangkan gigi geraham berfungsi untuk mengunyah makanan. Gigi susu jumlahnya akan lengkap ketika anak berusia 2 sampai 3 tahun.

Urutan Mengenai Umur Berapa Bayi Tumbuh Gigi

Tumbuhnya gigi sebenarnya sudah mulai terbentuk sejak janin usia enam minggu. Wujudnya berupa tonjolan di sepanjang rahang atas dan bawah.

Dalam pertumbuhannya, gigi bayi akan tumbuh sempurna dengan berjumlah 20 gigi susu yang tumbuhnya per pasang.

Gigi permanen akan mulai tumbuh untuk menggantikan gigi susu ketika anak berusia 6 tahun. Sama halnya dengan gigi susu, yang pertama kali tumbuh yaitu gigi depan bawah kemudian diikuti oleh gigi depan atas, gigi geraham kecil, dan gigi geraham.

Jumlah semuanya adalah 32 buah, setiap sisi ada 8 gigi yaitu dua gigi seri, satu gigi taring, dua gigi geraham kecil dan tiga gigi geraham. berikut ini urutan tumbuh dan munculnya gigi pada bayi:

– Tumbuh dua buah gigi seri bawah bagian tengah pada usia 4 sampai 6 bulan. Tumbuhnya gigi pertama tidak sama pada setiap anak. Ada yang tumbuh pada usia 4 bulan dan lebih sering terjadi tumbuh pada bayi yang sudah berusia 6 bulan.

– Tumbuh dua buah gigi seri atas bagian tengah saat bayi memasuki usia 7 bulan.

– Gigi seri di samping pada gusi bawah muncul sekitar usia 7 bulan.

-Gigi seri di samping pada gusi atas tumbuh sekitar usia 8 bulan.

– Tumbuh empat buah gigi geraham bagian atas dan bawah. Jangan kaget bila Anda melihat ada jarak antara gigi geraham dengan gigi seri.

Sebab, gusi yang kosong itu nantinya akan menjadi tempat tumbuhnya gigi taring pada fase berikutnya. Dan hal ini terjadi ketika usia bayi sekitar 14 sampai 16 bulan.

-Tumbuh dua buah gigi taring bagian atas, kemudian disusul oleh gigi taring bagian bawah. Gigi ini berbentuk tajam dan berada di antara gigi seri dan geraham.

Bila gigi taring anak sudah muncul, maka mereka sudah bisa untuk mengoyak makanan yang akan dikonsumsi. Dan hal ini terjadi ketika Usia bayi sekitar 16 sampai 23 bulan.

– Tumbuh gigi geraham kedua atau geraham utama menjadi urutan terakhir pertumbuhan gigi susu pada anak. Posisi gigi ini berada di ujung belakang gusi rahang atas dan rahang bawah.

Dan hal ini terjadi ketika Usia bayi sekitar 23 sampai 33 bulan.

Cara Mengurangi Rasa Kurang Nyaman Pada Bayi Ketika Tumbuh Gigi

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa kurang nyaman pada bayi saat tumbuh gigi seperti berikut ini;

–  Mainan teething atau teether

Teether merupakan mainan berbentuk lingkaran yang mudah digenggam bayi dan aman jika dimasukkan ke mulut.

Beberapa teether bisa didinginkan lebih dulu di dalam kulkas dan kemudian bisa digunakan bayi untuk meredakan rasa gatal atau kurang nyaman pada gusinya yang baru tumbuh gigi.

Walau demikian, jangan sampai Anda meletakkannya di dalam freezer supaya tidak membahayakan gusi bayi. Teether banyak dijual dalam berbagai merek, bentuk, dan bahan.

Anda bisa membeli teether dengan label yang menjamin bahwa benda tersebut terbuat dari bahan yang aman untuk bayi.

Selain teether, Anda juga bisa menggunakan kain flanel bersih yang didinginkan. Namun, Anda juga harus mencuci dan membersihkan semua bahan tersebut tiap hari.

– Makanan sehat

Anda bisa memberikan makanan sehat pada bayi daripada memberikan benda-benda yang belum tentu bersih, bila usianya sudah 6 bulan maka Anda bisa memberikan camilan sehat sebagai penggantinya.

Sepotong wortel atau apel bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bayi.

Akan tetapi, jauhkan bayi Anda dari makanan yang mengandung gula untuk menghindari kerusakan gigi, misalnya saja cokelat dan permen.

Disamping itu, selalu dampingi bayi ketika mengkonsumsi makanan untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan.

– Mengusap gusi bayi

Anda bisa mengusap gusi yang gatal dengan jari atau kain flanel kecil dan bersih. Tekanan ringan ini bertujuan untuk membuat bayi lebih nyaman.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *