Pentingnya Cara Memandikan Bayi yang Benar dari Bunda

cara memandikan bayi yang benar
Johnson’s Baby

Sentuhan kecil yang Bunda lakukan terhadap si Kecil tentu akan memberikan dampak bagi perkembangan serta masa depan si Kecil, terutama sentuhan saat si Kecil mandi. Waktu mandi merupakan waktu dimana si Kecil dapat menjalin hubungan dengan sang Bunda, serta dapat melepas kelelahan akibat beraktivitas ataupun tidur.

Tentu, untuk hasil yang maksimal Bunda haruslah mengerti bagaimana memandikan si Kecil dengan benar. Namun yang jadi masalah adalah masih banyak Bunda yang belum mengerti caranya, mereka hanya sekedar memandikan si Kecil dengan air dan sabun, setelah itu selesai. Padahal tidak seperti itu, ada beberapa teknik dan tips yang harus Bunda mengerti agar si Kecil benar-benar mendapatkan manfaatnya.

Nah, Bunda tentu tidak ingin melewakannya kan? Tips cara memandikan bayi yang benar berikut ini tentu akan sangat bermanfaat bagi Bunda. Pastikan Bunda melakukannya dengan benar yah.

  1. Waktu yang Tepat

Seperti halnya orang dewasa, waktu mandi juga haruslah pada waktu yang tepat, yaitu waktu dimana memang seharusnya ia harus mandi setelah beraktivitas seharian. Memandikan bayi pada waktu yang tepat tentu akan berdampak baik pada si Kecil, terutama ia dapat melepaskan kelalahannya akibat tidur atau bermain.

Jadi, Bunda haruslah mengetahui waktu memandikan bayi ini ya. Ada dua waktu yang seharusnya dilakukan, yaitu pagi hari setelah si Kecil bangun dari tidur panjangnya, dan sore hari setelah beraktivitas atau tidur siangnya. Nah, dengan begitu ketika air mengguyur seluruh tubuhnya dengan ditemani Bunda, ia dapat merasa nyaman dan kembali segar.

Jangan sekali-kali memandikan si Kecil terlalu malam karena bisa membuat si Kecil kedinginan. Namun bila memang harus disentuhkan air, misal karena popoknya sudah penuh, maka boleh saja. Bagaimana siang hari? Siang hari merupakan waktu dimana si Kecil masih saja ingin beraktivitas atau tidur, jadi jelas bila digunakan sebagai waktu mandi tidak akan cocok.

  1. Buat si Kecil Rileks dan Mau

Untuk hasil yang maksimal selain waktu yang diperhatikan, adalah dengan merileks an tubuhnya serta membuat ia mau mandi. Seperti orang dewasa juga, jika dipaksa melakukan sesuatu tentu akan tidak enak, jadi jika memang si Kecil tidak mau untuk mandi jangan dipaksa ya Bun.

Bila terjadi hal seperti itu dan sudah waktunya untuk mandi, cobalah untuk membuat ia rileks serta mau terlebih dahulu. Caranya, ajak dia bermain atau bergurau dulu, barulah ajak mandi ya Bun.

  1. Tempat yang Nyaman

Kebanyakan Bunda memang tidak memperhatikan poin ini, padahal ini sangat penting bagi kenyamanan si Kecil pada saat mandi. Pastikan Bunda memandikannya pada tempat yang ia sukai dan haruslah bersih, jangan biarkan ia berubah mood hanya karena tempat mandi yang kumuh dan tidak ia sukai.

  1. Perlengkapan Mandi yang Tepat

Perlengkapan mandi yang wajib adalah bak mandi, air hangat serta kosmetik mandi. Pastikan Bunda memakaikan perlengkapan tersebut pada si Kecil, terutama kosmetik. Kosmetik yang diperlukan pada saat mandi adalah sabun mandi, baby shampoo dan baby oil.

Tentu, dengan memakaikan kosmetik tersebut akan membuat si Kecil semakin riang menikmati waktu mandinya, namun ia tetap mendapatkan manfaat luar biasa dari perlengkapan tersebut, misal rambut yang sehat, hingga kulit yang semakin sehat, lembut dan halus. Jadi persiapkan seluruh peralatan mandi si Kecil dengan baik ya.

Nah, dengan melakukan 4 tips diatas pada saat memandikan bayi, artinya Bunda sudah membantu si Kecil dalam perkembangan serta masa depannya. Tentu, segala sesuatu akan berpengaruh pada si Kecil, jadi jangan salah ya Bun.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *