Pentingnya Me Time bagi Ibu

Me Time
www.pinterest.com

“It is hard to be a woman. You are expected to think like a man, act like a lady, look like a young girl, and work like a horse”

Ibu, banyak sekali alasan bagimu untuk tidak melakukan me time. Mulai dari pekerjaan di kantor, pekerjaan di rumah, mendahulukan keluarga, sampai takut dianggap tidak becus dalam mengurus urusan keluarga. Hal yang perlu diingat ialah Ibu tetaplah manusia, pasti memiliki kebutuhan, keinginan, dan tidak terlepas dari kesalahan. Tidak ada salahnya meluangkan satu sampai dua jam waktumu per hari untuk melakukan me time. Apa saja sih kegunaan me time bagi Ibu? Yuk, disimak baik-baik.

Apa itu me time?

Me time merupakan waktu khusus yang diperuntukkan bagi setiap orang untuk melakukan hal-hal yang mereka senangi, seperti memanjakan diri, membebaskan diri dari rutinitas sehari-hari, dan khususnya bagi Ibu ialah mengistirahatkan diri dari memenuhi kebutuhan mengurus suami dan anak.

Mengapa Ibu perlu me time? Jangan-jangan me time hanya alasan untuk bersenang-senang maupun mangkir melaksanakan tugas saja.

  • Me time mengajari Ibu cara untuk membahagiakan diri sendiri

Membahagiakan diri sendiri bukan hal yang salah Bunda. Melakukan hal-hal yang Bunda senangi dapat membantu mengurangi stress jangka panjang. Jika Bunda sendiri tidak menyayangi diri sendiri, siapa yang akan menyayangi Bunda, siapa yang akan menjaga dan mengurus kebutuhan keluarga? Berpikirlah untuk jangka panjang.

  • Me time membantu Ibu berpikir lebih jernih

Sedikit waktu bagi diri Bunda setiap hari, tanpa memikirkan tanggung jawab memungkinkan Bunda untuk lebih mengenal diri sendiri. Memikirkan, mengetahui, merencanakan, dan melaksanakan apa yang Bunda inginkan dan butuhkan membantu menjernihkan pikiran, sehingga kinerja pun akan semakin baik.

  • Me time membantu Ibu agar lebih fokus dan cenderung melakukan sesuatu secara benar

Seiring dengan berkurangnya stress dalam diri, maka pikiran akan lebih fokus. Berpikir secara jernih dan fokus berpotensi untuk melakukan pekerjaan secara lebih efektif dan efisien, serta mengurangi tingkat kesalahan. Maka, pekerjaan pun akan lebih cepat selesai dan hasilnya lebih memuaskan, sehingga Bunda tidak perlu menambah tingkat stress.

  • Me time berpotensi membuat waktu tidur Ibu lebih berkualitas

Saat tidur otak manusia tetap bekerja. Saat tidur pula, manusia sering bermimpi, entah mimpi tersebut hanya sebagai bunga tidur maupun bawaan dari rasa cemas, khawatir, maupun rasa takut. Stress dapat memicu waktu tidur yang kurang berkualitas. Waktu tidur yang kurang berkualitas umumnya terkait dengan kurangnya waktu tidur dan efek yang ditimbulkannya. Namun, mungkin saja waktu tidur Bunda cukup, tetapi rasanya tetap lelah. Jika bukan karena faktor adanya penyakit, biasanya disebabkan oleh lelahnya pikiran.

  • Me time membantu menjaga hubungan dengan orang-orang sekitar lebih baik

Perasaan stress dan depresi yang menumpuk dalam diri memicu munculnya mood yang buruk. Apabila mood sudah buruk, maka tingkat emosi menjadi tidak stabil. Hal tersebut berpotensi untuk mengurangi kemampuan membangun percakapan yang baik dengan orang lain. Jika sudah seperti itu, maka hubungan dengan orang lain pun akan merenggang. Membangun hubungan baik dengan orang lain itu sulit, maka jangan merusaknya.

  • Me time membantu menghindarkan Ibu dari perasaan menyesal

Jika hal-hal yang buruk dan tidak diinginkan oleh Bunda sudah terjadi, maka tidak ada yang dapat Bunda lakukan untuk mengulangi waktu dan memperbaikinya, yang dapat Bunda lakukan hanyalah meminimalkan dan mengurangi dampaknya. Oleh karena itu, me time yang baik dapat membantu Bunda terbebas dari perasaan menyesal.

Bunda, sudah tahu apa saja manfaat me time bukan? Ayo segera lakukan me time. Namun, jangan lupa berkompromi terlebih dahulu dan mengutarakan maksud Bunda dengan suami maupun anak Bunda terlebih dahulu ya, agar mereka tidak kaget dan dapat beradaptasi. Selamat memiliki waktu yang berkualitas.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *