Pentingnya Perawatan Bayi dengan Mengoleskan Minyak Telon

perawatan bayi
Ibu dan Balita

Perawatan bayi harus benar-benar hati. Salah dalam menggunakan produk untuk merawat si kecil bisa berakibat fatal. Terutama untuk kulit bayi yang sangat sensitif, tentu ibu tidak boleh asal-asalan dalam memilihkan produk seperti sabun, handuk, shampoo, dan lain sebagainya.

Kebanyakan ibu memberikan perawatan bayi dengan mengoleskan minyak telon setiap kali setelah bayi dimandikan. Ini seolah menjadi perawatan yang sudah turun temurun dilakukan. Dari segi kesehatan, mengoleskan minyak telon ini juga ada manfaatnya lho.

Manfaat Minyak Telon untuk Si Kecil

Terlepas minyak telon merk apa yang ibu pilih, yang jelas ibu harus menjadikan minyak telon sebagai bagian dari cara merawat bayi. Dengan mengoleskan minyak telon, nyamuk tidak akan menggigit kulit si kecil. Nyamuk tidak suka dengan aroma minyak telon yang begitu menyengat. Jadi, ibu bisa menghindarkan si kecil dari gigitan nyamuk yang sering mengakibatkan bayi ibu rewel.

Akan tetapi, bukan itu yang terpenting dari mengoleskan minyak telon. Ternyata, perawatan bayi dengan mengoleskan minyak telon pada beberapa bagian tubuh tertentu membuat tubuhnya selalu hangat. Tidak seperti orang dewasa, suhu tubuh bayi harus dijaga selalu. Itulah mengapa para ahli kesehatan bayi selalu menyarankan agar bayi dimandikan dengan menggunakan air hangat agar suhu tubuhnya selalu hangat. Selain itu, setelah memandikan, ibu juga harus mengoleskan minyak telon ke badan bayi.

Bagian tubuh mana saja yang perlu diolesi minyak telon? Yang terpenting adalah bagian perut, dada, dan juga punggung. Dengan demikian, bayi akan selalu merasa hangat seperti ketika masih ada di dalam rahim.

Khusus untuk ibu yang tinggal di daerah dingin, mengoleskan minyak telon pada badan bayi menjadi perawatan bayi yang wajib dilakukan. Jika tidak, bisa saja perkembangan bayi akan terganggu. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Minyak Telon dan Tumbuh Kembang Bayi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, minyak telon digunakan untuk membuat tubuh bayi hangat. Akan tetapi, bukan itu saja tujuannya. Ada juga kaitan dengan perkembangan bayi.

Sebenarnya, Tuhan sudah membuat secara otomatis tubuh bayi hangat. Kalori yang didapatkan dari ASI, susu, maupun makanan yang sudah dikonsumsi akan digunakan untuk menghangatkan tubuh.

Hanya saja, jika hal tersebut terjadi, maka bayi akan kekurangan banyak sekali kalori. Akibatnya, bayi akan mudah lelah.

Itulah mengapa salah satu perawatan bayi itu mengoleskan minyak telon pada badannya. Hal ini dibutuhkan agar kalori dalam tubuh bayi tidak habis hanya untuk menghangatkan tubuhnya. Kalori bisa digunakan untuk tumbuh kembangnya daripada hanya untuk menghangatkan tubuh.

Jadi, sebarapa penting mengoleskan minyak telon pada tubuh bayi? Ibu bisa menyimpulkan sendiri. Sebaiknya, ibu jadikan minyak telon sebagai produk yang harus ibu gunakan setiap hari.

Selain itu, ibu juga tidak boleh salah dalam memberikan menu makanan. Jika bayi ibu sudah berusia 6 tahun, berikanlah menu MPASI yang tepat. Jadi, selain perawatan bayi, ibu harus cari tahu menu MPASI yang tepat untuk si kecil. Nutrisi dari MPASI sangat menentukan perkembangan serta kesehatan bayi.

Kebanyakan menu MPASI hanya berupa bubur saja. Padahal, banyak sekali menu MPASI yang bisa ibu buat. Salah satunya dengan menggunakan bahan berupa kacang hijau. Jadi, ibu hanya banyak membaca sepuar menu MPASI karena itu juga bagian dari memberikan perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *