Penuhi Nutrisi Harian Anak 3 Tahun Dengan Pola Makan Sehat

nutrisi harian anak 3 tahun
Source: Naturally Healthy Kids

Anak usia 3 tahun sudah bergerak aktif bahkan rasa ingin taunya sudah mulai tinggi. Pada anak berusia 3 tahun memiliki karateristik sulit makan bahkan nafsu makan anak cenderung berubah-ubah. Anak dapat mengkonsumsi makanan dalam porsi makan yang banyak kemudian besok menjadi sedikit. Selain itu anak berusia 3 tahun hanya menyenangi atu makanan saja, inilah yang membuat orang tua khawatir akan kebutuhan nutrisi harian anak 3 tahun yang tidak terpenuhi.

Anak yang gemuk seringkali menggemaskan, inilah yang menyebabkan sebagian orang tua membiarkan anak mengkonsumi makanan berlebih tanpa memperdulikan pola makan yang sehat. Pola makan yang tidak sehat tidak hanya berhubungan dengan anak yang sulit makan akan tetapi pada anak yang sering makan. Nah, untuk mengetahui pola makan yang sehat pada artikel ini akan dibahas mengenai pola makan anak sehat. Pola makan anak dibentuk semenjak usia dini untuk menunjang tumbuh kembang yang optimal. Pola makan yang benar maka akan membentuk anak yang sehat dan perkembangan sesuai dengan usianya.

Pola makan berhubungan dengan pengaturan makanan yang seimbang dengan asupan gizi yang dibutuhkan. Gizi yang dibutuhkan tubuh dihasilkan dari sari makanan untuk menjaga kesehatan. Dengan demikian pola makan yang sehat berhubungan dengan aneka ragam makanan yang dapat memenuhi zat gizi yang diperlukan sesuai dengan usia anak. Kelebihan atau kekurang gizi akan menyebabkan masalah pada kesehatan anak.

Nutrisi Harian Anak 3 Tahun Untuk Membantu Kecerdasan Otak

Kecerdasan dipengaruhi faktor keturunan atau genetik dan faktor lingkungan termasuk asupan gizi. Seorang anak dapat mengembangkan berbagai kecerdasan jika mempunyai faktor keturunan dan dirangsang oleh lingkungan terus menerus. Kebutuhan fisik dan biologis terutama gizi yang baik sejak di dalam kandungan sampai remaja terutama untuk perkembangan otak, pencegahan dan pengobatan penyakit-penyakit yang dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan, dan ketrampilan fisik untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang sejak di dalam kandungan sampai usia 3 tahun, maka semakin banyak jumlah sel-sel otak bayi. Semakin bagus kualitas percabangan sel-sel otak, dan semakin bagus fungsi sinaps antara sel-sel otak bayi dan balita. Sel-sel otak janin dibentuk sejak 3 – 4 bulan di dalam kandungan ibu, kemudian setelah lahir sampai umur 3 – 4 tahun jumlahnya bertambah dengan cepat mencapai milyaran sel, tetapi belum ada hubungan antar sel-sel tersebut. Sel-sel saraf otak balita berkembang sangat pesat. Hal ini dapat diketahui dari penambahan berat otak ataupun lingkar kepala balita.

Ketika bayi lahir, beratnya sekitar 25 persen dari otak orang dewasa. Kemudian pada usia setahun beratnya sudah mencapai 70 persen usia otak dewasa. Proses perkembangan otak ini berlangsung sangat cepat hingga balita berusia 3 tahun. Setelah ini, proses akan berjalan melambat, yakni pada usia sekolah dan usia remaja. Mulai kehamilan 6 bulan, dibentuklah hubungan antar sel, sehingga membentuk rangkaian fungsi-fungsi.

Kualitas dan kompleksitas rangkaian hubungan antar sel-sel otak ditentukan oleh stimulasi yang dilakukan oleh lingkungan kepada bayi-balita tersebut.  Perkembangan sirkuit otak sangat bergantung pada kualitas nutrisi dan stimulasi yang didapat oleh balita, sejak dalam kandungan, sampai tiga tahun setelah ia dilahirkan. Dengan pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang sejak di dalam kandungan sampai usia 3 tahun, maka semakin banyak jumlah sel-sel otak bayi.

Karena tumbuh kembang otak sejak kehamilan 6 bulan sampai umur 2 tahun sangat cepat dan penting, maka bayi membutuhkan banyak protein, karbohidrat dan lemak, karena sampai berumur 1 tahun 60 persen enerji makanan bayi digunakan untuk pertumbuhan otak. Selain itu, bayi dan balita membutuhkan vitamin B1, B6, asam folat, yodium, zat besi, seng, AA, DHA, sphyngomyelin, sialic acid, dan asam-asam amino seperti tyrosine dan tryptophan. ASI mengandung semua kebutuhan nutrisi tersebut, termasuk AA, DHA, sphyngomyelin dan sialic acid.

Nutrisi Harian Anak 3 Tahun Yang Harus Dipenuhi

AA dan DHA merupakan zat gizi ini termasuk golongan long chain polyunsaturated fatty acid, yaitu golongan asam lemak esensial, di mana asam lemak tidak bisa dibentuk oleh tubuh dan harus didapat dari luar. AA dan DHA bisa ditemukan dalam ASI. Pun bisa didapatkan dalam ikan tuna, salmon, makarel, sarden, daging, telur. AA dan DHA sangat bermanfaat untuk pertumbuhan sistem saraf pusat dan fungsi penglihatan.

DHA berperan dalam pembentukan sel-sel saraf dan synapse atau cabang sel saraf. Sedangkan AA berfungsi sebagai neurotransmitter atau zat penghantar.  Ada penelitian yang menyebutkan AA-DHA perlu ditambahkan pada susu formula agar kecerdasan dan visual bayi lebih tinggi. Tapi ada juga penelitian yang mengatakan hal tersebut belum tentu benar dan tidak akurat. Sehingga hal ini masih kontroversi.

Asam lemak omega 3, 6, 9 penting untuk membentuk pembungkus syaraf, demikian pula sphyngomyelin. Omega-3, Asam-asam lemak omega-3 sangat penting bagi kesehatan kita. Bahkan sering disebut sebagai yang paling penting di antara asam-asam lemak karena memiliki efek anti peradangan dan anti penggumpalan darah. Asam-asam lemak omega-3 juga baik bagi sistim saraf pusat dan otak.

Beberapa penelitian yang dilakukan telah membuktikan bahwa anak-anak yang diberi asam lemak esensial memperlihatkan nilai lebih tinggi pada ujian membaca sekaligus perbaikan pada keseluruhan perilaku mereka. Tidak heran jika nutrisi harian anak 3 tahun  ini banyak digunakan dalam terapi anak-anak atau orang yang mengalami hiperaktif dan gangguan perhatian, juga gangguan mental seperti OCD dan depresi.

Semua kebutuhan gizi ini bisa dipenuhi dengan minum susu dari Nestle. Cek di sini yuk. 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *