Penyakit Yang Paling Mengancam Kesehatan Balita

kesehatan balita
www.facebook.com/ibudanbalita/

Apakah ibu tahu apa yang sangat membahayakan kesehatan balita? Sudah dirilis sebuah informasi mengenai kesehatan anak di mana penyakit yang sangat membahayakan saat ini adalah Pneumonia. Apakah ibu tahu apa itu pneumonia?

Penjelasan lebih lanjut bisa ibu baca di bawah ini. Yang pasti, ada satu fakta yang harus ibu ketahui bawasannya 15% balita yang terkena pneumonia akhirnya meninggal dunia. Lalu mengapa penyakit ini begitu mengancam kesehatan anak?

Apa Itu Pneumonia?

Sudah banyak pemerhati kesehatan yang berkampanye tentang bahaya pneumonia. Apalagi kebanyakan kasus kematian anak akibat terkena penyakit yan satu ini adalah ketika usia anak di bawah 5 tahun.

Ini merupakan penyakit disebabkan oleh kuman. Kuman tersebut menginfeksi pada paru-paru. Akibatnya, ada beberapa gejala yang muncul seperti sesak nafas, batuk, dan demam.

Sayangnya, banyak orang tua yang menyadari hal ini. Ketika balita batuk atau demam, mereka menanggap itu adalah masalah kesehatan balita yang biasa. Mereka tidak mengerti jika batuk yang disertai dengan demam itu adalah tanda-tanda pneumonia.

Akan tetapi, balita yang batuk dan demam tidak pasti terkena pneumonia lho bu. Yang pasti, mulai sekarang ibu tidak boleh menyepelekan masalah kesehatan ini. Jika si kecil batuk dan terlihat susah bernafas, sesegera mungkin ibu konsultasi dengan dokter anak.

Bagaimana Kuman Menyerang?

Beberapa penelitian dilakukan dan diambil sebuah kesimpulan di mana balita yang terkena pneumonia disebabkan penularan dari pasien yang lain. Umumnya, balita tertular ketika ia diajak atau berada di rumah sakit. Dan di rumah sakit tersebut, terdapat kuman yang menjadi penyebab penyakit pneumonia.

Tentu bukan berarti hal ini bisa terjadi di rumah sakit. Jika balita ibu bermain dengan teman yang terkena pneumonia pun bisa tertular.

Lalu, bagaimana pencegahannya dan apa yang harus dilakukan agar balita tidak terkena penyakit mematikan ini? ibu harus berbahagia karena sudah ad acara penangkalannya.

Mengatasi Pneumonia

Penyakit yang satu ini menjadi penyakit yang sangat berbahaya, tidak hanya di Indonesia tapi juga di berbagai negara di dunia. Dan penyebarannya sangat cepat sehingga diperlukan pencegahan secara keseluruhan.

Itulah mengapa pemerintah menerapkan imunisasi. Walaupun iminisasi ini bukan hal yang diharuskan, hanya saja sekarang ini pemerintah lebih menekankan lagi agar setiap anak mendapatkan imunisasi. Ini demi menjaga kesehatan balita ibu dan juga balita lainnya mengingat pneumonia merupakan penyakti yang menular.

Imunisasi atau vaksinasi ini dilakukan sejak bayi. Dan program imunisasi ini sudah diprogramkan oleh pemerintah. Dengan tujuan agar penyakit yang membahayakan balita bisa dicegah.

Apakah imunisasi sudah cukup? Sebenarnya tidak ada yang cukup jika berbicara tentang menjaga kesehatan anak. Tentu saja semua yang ibu lakukan harus saling mempengaruhi. Selain melakukan imunisasi, ibu juga harus menjaga kesehatan anak dengan cara memberikan makanan sehat dan susu balita terbaik.

Yang ibu lawan adalah kuman. Ibu tidak tahu kapan kuman masuk ke tubuh dan menyerang balita. Yang perlu ibu lakukan adalah membuat tubuh balita mampu melawan kuman tersebut. Bagaimana caranya? Satu-satu cara yang tepat adalah dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh balita. Selain memberikan makanan yang sehat, pastikan ibu memberikan susu balita terbaik. Kandungan nutrisinya lengkap dan seimbang sehingga kesehatan balita bisa terus terjaga.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *