Penyebab Anak Sakit Perut Yang Jarang Orang Tua Sadari

kenali-berbagai-penyebab-anak-sakit-perut
www.friso.co.id

Kebanyakan orang tua mengetahui anak sakit perut disebabkan oleh makanan yang tidak higienis. Padahal, bisa saja lho anak mereka mengalami masalah pencernaan setelah mengkonsumsi makanan yang sehat dan bersih. Mungkin ibu tidak percaya. Namun, setelah mendengarkan penjelasan berikut ini, ibu pasti percaya.

Informasi yang lengkap mengenai kesehatan anak harus diketahui oleh setiap orang tua. Ibu tidak boleh hanya sekedar tahu informasi tersebut setengah-setengah. Jika itu yang ibu lakukan, maka bukan tidak mungkin ibu memiliki anggapan yang ternyata salah.

Untuk itu, penting juga bagi ibu untuk mendapatkan informasi atau penjelasan langsung dari ahli kesehatan. Ikuti saja update informasi kesehatan anak di www.friso.co.id.

Penyebab Anak Sakit Perut Yang Harus Ibu Sadari

Sudah disinggung di awal bahwasannya sakit perut tidak hanya disebabkan oleh mengkonsumsi makanan yang tidak higienis. Bisa saja masalah pencernaan tersebut disebabkan oleh beberapa hal berikut.

  • Terlalu Banyak Makan

Tentu ibu sangat senang sekali ketika anak makan sangat lahap. Yang biasanya hanya sedikit, anak tiba-tiba mau tambah.

Akan tetapi, ibu juga harus hati-hati. Harus ada patokan berapa porsi makan anak. Jika ibu tidak stop, anak bisa mengalami sakit perut.

Mengapa ini terjadi? Sama seperti orang dewasa. Ketika ibu mengkonsumsi makanan terlalu banyak, maka ibu berisiko mengalami sakit perut. Hal ini disebabkan kandungan gas yang terlalu banyak di dalam lambung. Gas ini semakin banyak lantaran banyak makanan yang belum dicerna, tapi masih ada di lambung atau usus besar. Akibatnya, gas bisa semakin banyak jumlahnya. Seperti ini pula yang membuat sakit perut pada anak.

  • Stress

Apakah anak balita bisa stress? Jangan salah. Bukan hanya orang dewasa saja lho yang bisa mengalami stress. Anak kecil pun bisa mengalami hal yang sama.

Hanya saja, penyebeb stress berbeda. Jika orang dewasa mengalami stress karena pekerjaan, masalah, atau kesulitan ekonomi yang ia hadapi, anak kecil lebih sering stress karena masuk ke dalam komunitas baru. Misalnya, anak baru masuk sekolah. Tentu saja ini adalah komunitas baru buat si kecil. Perhatikan saat anak ibu mulai masuk sekolah. Pastikan ia bisa bersosialisasi dengan teman-teman yang baru. Jika tidak, ia akan stress. Dan akibatnya, ia mudah sakit, terutama sakit perut. Pasalnya, saat ia berada di komunitas baru dan ia mengalami stress, pola makannya menjadi terganggu.

  • Berada Di Perjalanan Jauh

Sakit perut bisa juga disebabkan oleh mabuk kendaraan. Apalagi jika ibu sering mengajak si kecil bepergian jauh, sangat mungkin sekali sistem pencernaanya terganggu. Akibatnya, tidak hanya ketika sedang perjalanan saja perutnya bisa sakit, tapi juga ketika sudah sampai tujuan atau bahkan sudah pulang ke rumah. Rasa mual itu masih terasa dan perut anak sakit.

Jadi, bukan hanya makanan yang tidak higienis saja yang menjadi penyebab anak sakit perut, kan?

Susu Juga Bisa Menyebabkan Sakit Perut Lho

Ibu mungkin semakin kaget ketika ada yang bilang susu bisa menyebabkan sakit perut. Seharusnya, ibu tidak perlu kaget. Bahkan, ada kok kasus di mana susu menyebabkan anak keracunan.

Sakit perut atau keracunan susu ini disebabkan oleh faktor yang sama, yaitu kondisi susu yang sudah terkontaminasi dengan bakteri. Dalam hal ini, bisa saja bakteri tersebut masuk ke dalam susu lantaran proses pembuatannya yang kurang higienis. Bisa saja susu terkontaminasi bakteri karena ibu tidak menutup rapat wadah susu. Atau bisa saja botol atau gelas yang digunakan tidak dicuci benar-benar bersih sehingga masih ada bakteri di dalamnya.

Sebenarnya, hal-hal semacam itu tidak akan terjadi jika ibu memilih susu Friso Gold 3. Susu ini dibuat melalui proses nutrilock. Ini merupakan teknik yang digunakan oleh pihak produsen untuk memastikan kandungan nutrisi tetap ada di dalam kaleng susu dan tidak ada bakteri yang masuk ke dalamnya. Lebih dari itu, disediakan pula sendok takar untuk memastikan kehigienisan sendok yang digunakan ketika membuat susu.

Tidak hanya itu saja. Bungkusnya sangat bagus. Ada penutup rapat sehingga ibu tidak perlu menyiapkan wadah khusus. Dengan penutup rapat tersebut, bakteri tidak akan mungkin masuk dan mengkontaminasi susu.

Yang perlu ibu perhatikan hanyalah kebersihan botol atau gelas yang digunakan untuk membuat susu. Ibu bisa bedakan alat membersihkan alat makan dan minum anak dengan yang lain. Selain itu, gunakan juga sabun khusus yang biasanya mengadung kandungan yang bisa membersihkan alat-alat makan anak dengan baik.

Jadi, masuk akal kan mengapa susu bisa menyebabkan sakit perut pada anak? Namun, sekarang ibu tahu apa yang harus dilakukan untuk mencegah hal tersebut. Dan sebenarnya, tidak sulit kok untuk memastikan sistem pencernaan anak sehat sehingga ia tidak terkena sakit perut.

Selanjutnya, hal lain yang juga perlu ibu perhatikan adalah jalan yang dikonsumsi anak. Tentu sulit sekali untuk mengontrol anak ketika ia tidak berada di rumah. Seperti contoh, ketika ia berada di sekolah, bisa saja ia makan jajanan yang dijual di pinggir jalan. Sangat mungkin sekali ia akan mengalami sakit perut.

Untuk itu, perlu ibu jelaskan agar ia tidak jajan sembarangan. Siapkan bekal dari rumah. Jangan berikan uang agar ia tidak jajan sembarangan. Ini sangat penting untuk memastikan ibu bisa mencegah anak sakit perut.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *