Penyebab Bau Mulut Ternyata dari Perut Kamu

penyebab bau mulut
Listerine Indonesia

Penyebab bau mulut bisa muncul dari mana saja,  tapi tahukah kamu salah satunya adalah masalah dalam perut kamu ? Setengah populasi yang mengidap bau mulut disebkan faktor selain hobi konsumsi makanan berbau seperti pete, bawang, jengkol, minuman bersoda, dan kebiasaan merokok secara aktif. Dari setengah populasi hanya sekitar 10% disebabkan oleh masalah kesehatan lain seperti penyakit diabetes, ginjal, dan liver. Tidak dapat dipungkiri, sejauh ini jumlah orang yang mengidap bau mulut disebabkan masalah perut dibanding dengan penyebab bau mulut yang telah disebutkan sebelumnya sangatlah rendah. Namun, tetap saja membutuhkan perhatian.

  1. Tukak lambung

Pada beberapa kasus tukak lambung disebabkan bakteri yang dapat menimbulkan nafas kurang sedap. Peneliti menemukan bakteri yang dikenal dalam dunia kedokteran dengan sebutan Helicobacter pylori (H. pylori), yaitu bakteri paling cukup sering ditemukan pada perut penderita tukak lambung, ternyata berhubungan dengan senyawa bau dalam mulut. Untung saja, dengan pengetahuan medis terkini sudah banyak jenis antibiotik dengan kemampuan merawat penderita secara efektif dan mengusir bakteri penyebab tukak lambung.

  1. Periodontal

Periodontal adalah suatu penyakit pada jaringan pendukung gigi  seperti gusi, dan jaringan periodontal. Suatu jaringan yang menghubungkan antara tulang gigi dan tulang penyangga gigi. Karena biasa terdapat pada jaringan gusi bagian dalam kebanyakan penderita tidak merasa adanya masalah sakit gigi, dan penanganan bisa jadi terlambat.

Diantara ahli kesehatan sendiri ada perdebatan umum mengenai anggapan bahwa tukak lambung sendiri sudah cukup menyebabkan bau mulut, karena H. pylori sendiri memiliki buntut prevotella intermedia, salah satu bakteri pada penyakit periodontal. Jika mulut kamu berbau tidak enak, cobalah periksa ke dokter jangan jangan kamu tidak hanya terkena asam lambung namun juga periodontal.

  1. Asam lambung

Penyebab lain dari bau mulut dari perut adalah asam lambung atau bahasa ilmiahnya GERD. Kondisi ini sebabkan karena asam naik ke esophagus, membuat rasa terbakar di dada dan tenggorokan. Salah satu gejala GERD adalah bau mulut. Bisa disebabkan pula pengikisan gigi karena asam dalam perut dibawa ke dalam mulut dan melemahkan gigi kamu. Kerusakan pada tenggorokan dan struktur mulut bisa jadi membuat beberapa bakter berpesta pora dalam mulut.

Pasien pengidap GERD akan memiliki gejala selain bau mulut, dan harus mencari perawatan yang lepas dari masalah kesehatan mulut. Jika kamu atau orang sekitarmu mengidap GERD segeralah bawa ke dokter untuk evaluasi dan tes sudah sejauh mana asam lambung merusak tubuh. Dengan perawatan yang tepat, kamu bisa mengucapkan selamat tinggal pada nafas bau.

Banyak orang atau bahkan kamu sendiri mengira memiliki nafas bau walau sebenarnya tidak. Meskipun kamu bisa saja menguji ada tidak nya kandungan sulfur dalam mulut, dokter gigi biasa membuat evaluasi berdasarkan test penciuman. Jika memang ada bau mulut, cobalah cek gusi atau penyakit gigi lain, perawatan yang seringkali sukses membasmi bau mulut.

Karena setelah gusi dan pengikisan gigi , alasan paling umum ketiga yang butuh perawatan dokter gigi perofessional adalah bau mulut. Apabila kamu curiga bahwa kamu pengidap, segera cari uji kesehatan gigi. Jika kamu mengalami gastrointestinal atas, seperti rasa sakit atau hati terbakar, pemeriksaan medis cukup diperlukan. Kamu tidak perlu hidup dengan bau mulut yang didorong oleh masalah perut.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *