Peran Ibu Hamil Untuk Memastikan Berat Badan Bayi Normal

Berat Badan Ibu Hamil
babyforbegyndere.dk

Mungkin mulai saat ini ibu harus tahu bagaimana menjaga berat badan. Hal ini disebabkan berat badan ibu sangat menentukan berat badan bayi yang ada di dalam kandungan. Tentu saja berat badan seorang ibu hamil naik. Hanya saja, ada kenaikan normal yang harus ibu ketahui.


 

Berapa Kenaikan Ideal Ibu Hamil?

Sebelum ibu mengetahui kenaikan berat badan ideal saat hamil, ibu harus tahu rentang pertambahan berat badan selama hamil. Jadi, ibu harus tahu dulu IMT atau Indeks Massa Tubuh sebelum hamil kemudian dibandingkan dengan ketika sedang hamil. Jika IMT di bawah normal, maka kenaikan harus diantara 12,7-18,1 kg. Jika IMT normal, maka kenaikannya cukup 11,3 – 15,9 kg. Akan tetapi, jika IMT ibu di atas normal, kenaikannya dikisaran 6,8 – 11,3 kg saja. Kenaikan IMT ini bisa sangat menentukan berat badan janin di dalam rahim.

Bagaimana Berat Badan Ibu Hamil Mempengaruhi Berat Badan Bayi

Sebenarnya, yang terpenting adalah bagaimana ibu memastikan agar berat badan ibu selama masa kehamilan ideal. Pasalnya, hal ini berpengaruh terhadap berat badan janin. Mungkin ibu akan bertanya, bagaimana berat badan ibu hamil pengaruhi berat badan bayi di dalam kandungan. Tentu saja sangat berpengaruh.

Memang ada kasus di mana bayi di dalam kandungan memiliki berat badan tidak ideal sementara berat badan ibu hamil dikatakan sangat baik. Namun, yang sering terjadi adalah kasus di mana ibu hamil yang mengalami obesitas dan akhirnya bayinya pun mengalami hal yang sama.

Di dalam ilmu kesehatan ibu hamil, ada istilah makrosomia. Ini merupakan kondisi bayi baru lahir memilik berat badan di atas normal. Para peneliti kesehatan ibu hamil mengatakan hal ini sangat dipengaruhi oleh berat badan ibu hamil.

Obesitas selalu dikaitkan dengan hal ini. Dan jika berbicara tentang obesitas, maka hal ini berkaitan juga dengan diabetes. Jangan sampai ibu mengalami diabetes dan obesitas di mana penyakit tersebut bisa menurun pada sang buah hati. Ibu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Itulah mengapa penting sekali menjaga berat badan selama masa kehamilan agar berat badan bayi pun terjaga.

Menjaga Berat Badan Ibu Hamil

Akhirnya ada satu kesimpulan, yaitu ibu hamil harus menjaga berat badan ideal agar bayi lahir dengan berat badan yang ideal juga. Lalu, apa yang harus ibu lakukan?

Yang pertama, ibu harus meninggalkan makanan yang berlemak. Fast food jelas harus dihindari. Ibu harus mengganti dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar. Ini hal utama yang harus dilakukan.

Yang kedua, penuhi nutrisi ibu hamil secara seimbang. Ibu hamil membutuhkan protein yang banyak untuk memastikan perkembangan bayi optimal. Namun, kelebihan protein juga bisa berakibat pada naiknya berat badan secara tidak normal. Jadi, kata kuncinya adalah penuhi nutrisi harian secara seimbang.

Dengan demikian, diharapkan ibu bisa mengontrol berat badan selama masa kehamilan. dan akhirnya ibu akan menemukan berat badan bayi ideal ketika lahir.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *