Peran Ibu Memaksimalkan Perkembangan Bayi 10 Bulan

perkembangan bayi 10 bulan
ImageSource: ModernMom

Ada yang menarik dari perkembangan bayi 10 bulan. Pada saat itu, bayi sudah bisa melakukan beberapa kegiatan yang dilakukan oleh orang dewasa. Fisiknya masih sangat kecil dan terlihat lemah. Terkadang, ibu sebagai orang tua merasa khawatir jika si kecil melakukan kegiatan tertentu. Pasalnya, ia terlihat kurang tegap dan setiap bergerak hampir terjatuh.

Kekhawatiran ibu tersebut tentu sangat beralasan. Akan tetapi, terlalu khawatir juga tidak tepat. Jika ibu terlalu khawatir, maka ibu cenderung akan melarang bayi untuk berkembang. Bukan tidak mungkin anak akan mengalami keterlambatan dalam perkembangan.

Tentu saja hal tersebut tidak harus ibu lakukan. Justru ibu harus memberikan peran yang efektif untuk memaksimalkan perkembangan bayi usia 10 bulan.

Sebelum memahami tentang apa peran ibu sebagai orang tua untuk membantu mengoptimalkan perkembangan bayi, ada baiknya ibu ketahui dulu standar umum perkembangan anak usia 10 bulan berikut ini.

Ciri Perkembangan Fisik Bayi Usia 10 Bulan

Ibu harus mengetahui checklist berikut ini untuk memastikan bayi ibu sudah berkembang sesuai dengan yang seharusnya. Apa saja yang bayi 10 bulan bisa lakukan?

01. Duduk Tanpa Bantuan Orang Lain

Bayi usia 10 bulan biasanya sudah bisa duduk sendiri tanpa tanpa ada bantuan dari orang lain. Hal ini disebabkan otot-ototnya sudah kuat, terutama otot leher. Bayi sudah bisa mengangkat kepalanya sendiri sehingga ia bisa dengan mudah duduk tanpa bantuan orang lain.

02. Belajar Berdiri

Tidak jarang lho bayi usia 10 bulan yang sudah bisa berdiri. Bahkan, ada juga yang sudah mampu melangkahkan kaki entah satu atau dua langkah ke depan. Otot kaki serta punggung sudah cukup kuat untuk menopang badannya sendiri untuk berdiri. Meskipun demikian, ibu tidak boleh memaksakan bayi ibu untuk berdiri ya. Perkembangan bayi 10 bulan berbeda-beda. Untuk masalah belajar berdiri dan berjalan ini, setiap bayi memiliki masa yang berbeda. Mungkin bayi ibu belum memiliki otot kaki yang cukup kuat sehingga belum bisa belajar berdiri. Namun, harus dipahami tidak jarang bayi usia 10 bulan yang sudah melakukan hal ini.

03. Kekuatan Tangan

Bayi usia 10 bulan memiliki tangan yang kuat. Ini modal yang sangat berharga yang harus ibu ketahui jika ingin memaksimalkan tumbuh kembang bayi. Dengan tangan yang kuat, ibu bisa melatih memegang sesuatu, seperti permainan, memagang tangan ibu untuk belajar berdiri, dan lain sebagainya.

Dari ciri-ciri tumbuh kembang bayi 10 bulan tersebut, lalu peran apa yang seharusnya ibu lakukan?

Peran Ibu Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Bayi 10 Bulan

Mungkin ibu sudah ada bayangan sebenarnya apa yang harus ibu lakukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang sang buah hati di usianya yang ke 10 bulan. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya ibu lakukan.

  • Memberikan Makanan Yang Berkalsium

Kenapa harus makanan yang berkalsium? Karena kalsium merupakan gizi penting untuk memperkuat tulang. Pertumbuhan tulang bukan satu-satunya hal yang harus ibu perhatikan. Anak bisa saja tumbuh tinggi akan tetapi tulangnya harus kuat dan tidak keropos. Untuk itu, makanan yang mengandung kalisum tinggi sangat diperlukan. Ibu bisa berikan menu makanan berupa bubur susu Nestle Cerelac. Makanan ini mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh sang buah hati. Terdapat juga kandungan nutrisi yang akan membantu tumbuh kembang bayi 10 bulan lebih baik.

Sudah saatnya ibu mengajarkan bayi cara berjalan. Awalnya, ibu bisa ajarkan anak berdiri. Lalu, pelan-pelan ibu biarkan ia berdiri sendiri tanpa ibu pegang. Lambat laun, bayi ibu akan mulai melakukan satu dan dua langkah. Dalam hal ini, membelikan baby walker atau alat bantu berjalan bukan cara yang tepat untuk tumbuh kembang bayi usia 10 bulan. Memberikan baby walker atau alat semacamnya justru akan menghambat perkembangan tulang. Bayi ibu tidak terbiasa menopang tubuhnya sendiri sehingga ia akan memiliki tulang yang perkembangannya kurang optimal.

  • Siapkan Permainan Yang Tepat

Ada banyak sekali mainan yang bisa ibu beli di toko mainan anak. Namun, manakah mainan yang tepat untuk bayi usia 10 bulan? Setidaknya ada dua kriteria mainan untuk bayi 10 bulan. Yang pertama, mainan tersebut bisa dipegang oleh si kecil. Ini akan merangsang kekuatan tangan serta kekuatan motorik kasarnya. Permainan seperti balok yang bisa disusun, bola, dan boneka bisa dijadikan opsi. Yang kedua, permainan tersebut bisa memacu bayi untuk bergerak. Seperti bola menjadi salah satu contoh permainan yang memenuhi dua kriteria tersebut. Bola dipegang. Selain itu, bola bisa menggelinding sehingga bayi akan terpacu untuk bergerak mengejar bola, entah itu dengan cara merangkak maupun dengan cara berjalan. Tentu saja ibu bisa memilih permainan yang lainnya. Yang pasti, permainan tersebut harus sesuai denagn perkembangan bayi usia 10 bulan.

Itulah informasi yang patut untuk ibu ketahui sebagai orang tua. Sesibuk apapun kegiatan ibu setiap hari, ibu tetap harus memperhatikan perkembangan bayi. Setidaknya, ibu tahu apa yang harus ibu lakukan. Dan informasi tersebut di atas semoga bisa membuat ibu lebih mengerti peran apa yang tepat untuk ibu lakukan agar perkembangan sang buah hati lebih optimal.

Memberikan makanan yang sehat serta memberikan stimulus yang tepat menjadi cara yang efektif untuk memaksimalkan perkembangan bayi 10 bulan. apakah ibu sudah melakukannya?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *