Perawatan Bayi agar Tidak Ada Bintik-Bintik Merah Pada Kulit

perawatan bayi
Friso Indonesia

Sering kali bayi yang baru beberapa hari muncul bintik-bintik pada kulit. Padahal, kulit bayi itu sangat sensitif. Bintik-bintik tersebut bisa semakin banyak jika ibu tidak tahu apa yang harus ibu lakukan.

Bintik-bintik merah yang muncul di tubuh bayi bisa disebabkan oleh kesalahan ibu sendiri. Namun, meskipun demikian, bisa juga bintik-bintik tersebut disebabkan faktor lingkungan yang kurang sehat.

Penyebab Muncul Bintik-Bintik pada Kulit Bayi

Apakah ada banyak nyamuk di tempat tinggal ibu terutama di malam hari? Jika, bisa juga bintik-bintik tersebut disebabkan oleh gigitan nyamuk. Untuk masalah seperti ini, perawatan yang ibu perlu lakukan tidak sulit. Ibu cukup memasang kerodong anti nyamuk di kasur tidur bayi.

Sangat tidak disarankan menyemprotkan obat anti nyamuk atan menyalakan obat anti nyamuk. Dua jenis produk tersebut tidak baik untuk pernafasan bayi. Ibu cukup memasang kerodong anti nyamuk yang biasanya terbuat dari kain tipis dengan pori-pori atau lubang yang sangat kecil.

Bintik-Bintik Merah karena Kesalahan Ibu

Ada banyak orang tua yang tidak sadar bahwa perawatan bayi yang mereka lakukan justru menimbulkan masalah bagi si kecil. Contohnya saja bintik-bintik merah pada kulit si kecil. Ini bisa disebabkan kesalahan ibu dalam merawat bayi.

Jika biasanya ibu menggunakan produk perawatan kulit bayi, sebaiknya ibu cek dulu apakah produk tersebut cocok untuk kulit si kecil atau tidak. meskipun sudah ada label untuk bayi, belum tentu lho produk tersebut bagus untuk bayi ibu.

Lalu, bagaimana cara memastikan produk perawatan untuk bayi yang ibu pilih cocok atau tidak? Mudah sekali. Ibu bisa coba sedikit dulu. Jika produk tersebut adalah krim atau hand and body lotion, ibu bisa cukup mengoleskan sedikit pada bagian kulit tertentu si kecil. Lihat apakah ada reaksi yang berbahaya atau tidak. Jika muncul bintik-bintik pada bagian kulit tersebut, maka jangan gunakan produk tersebut. Ganti dengan produk perawatan kulit bayi yang lain.

Mudah, bukan? Yang perlu ibu lakukan hanya eksperimen saja.

Selain itu, hindari menggunakan wewangian dengan cara mengoleskan parfum ke tubuh si kecil. Banyak orang tua, mungkin juga ibu yang menginginkan badan bayi tercium segar. Sayangnya hal ini berdampak kurang bagus. Apalagi dikhawatirkan ada zat kimia yang cukup keras.

Ibu harus ingat, kulit bayi masih sangat sensitif. Jika ibu ingin merawat kulit bayi dengan baik, ibu cukup memandikannya dengan sabun bayi dan mengoleskan lotion secukupnya setelah mandi. Perawatan seperti itu sepertinya sudah lebih dari cukup.

Jadi, jika muncul bintik pada kulit bayi, lihat dulu apa yang selama ini ibu lakukan. Jika selama ini ibu memberikan produk perawatan kulit bayi yang terlalu banyak, sebaiknya ibu kurangi. Gunakan yang sangat diperlukan saja.

Sebelum bintik-bintik menyebar ke seluruh tubuh si kecil, ibu harus peka. Ketika ibu melihat muncul satu bintik pada kulit si kecil, ibu harus segera melakukan tindakan. Ibu tidak perlu dulu memandikan si kecil. Cukup membilasnya dengan handuk yang dibasahi dengan air saja. Karena ketika muncul bintik-bintik pada kulit bayi, bintik-bintik tersebut akan menyebar semakin banyak jika terkena air.

Kemudian, ibu bisa memberikan ASI yang lebih banyak. Karena ASI akan semakin memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi. Dan yang pasti, ibu harus mengurangi penggunakan produk perawatan kulit bayi yang sekiranya mengandung bahan kimia berbahaya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *