Perawatan Bayi paling Manjur untuk Mengatasi Biang Keringat

perawatan bayi
Ibu dan Balita

Perawatan bayi harus dikuasai oleh ibu. Ada banyak sekali tips yang harus ibu pelajari seputar bagaimana merawat si kecil. Bagaimana jika bayi mengalami masalah kesehatan seperti biang keringat? Apakah ibu tahu apa yang harus ibu lakukan?

Dari sekian banyak tips perawatan bayi, tips tentang merawat bayi yang mengalami masalah dengan biang keringat harus ibu ketahui. Pasalnya, masalah yang satu ini sering sekali terjadi. Bukan karena virus atau bakteri, tapi karena kurang hati-hati dalam mengeringkan badan si kecil setelah mandi saja bisa mengakibatkan biang keringat.

Oleh karena itu, sepertinya ibu harus tahu perawatan bayi yang paling tepat ketika ia mengalami masalah biang keringat. Berikut langkah-langkah yang perlu ibu lakukan.

Mandikan Tidak Menggunakan Air Hangat

Ibu mungkin sering membaca tips merawat kulit bayi di mana tips tersebut menjelaskan bahwa agar kulit bayi terawat, maka ibu sebaiknya memandikannya menggunakan air hangat. Betul seperti itu, bukan?

Akan tetapi, ketika si kecil terkena biang keringat, tips tersebut tidak perlu ibu praktekkan. Pada saat bayi ibu terkena biang keringat, sebaiknya ibu memandikannya menggunakan air dingin saja. Tapi, jangan terlalu dingin ya. Dan jangan lupa ibu harus mengeringkan badannya menggunakan handuk halus hingga benar-benar kering. Ini merupakan bagian dari perawatan bayi yang paling penting. Pasalnya, salah satu penyebab biang keringat sebenarnya disebabkan oleh kulit bayi yang tidak begitu kering setelah ibu mandikan. Jika hal tersebut terjadi lagi, maka biang keringat justru akan semakin parah.

Beri Lebih Banyak ASI

Apakah obat yang paling berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang dialami oleh si kecil? Betul sekali, jawabannya adalah ASI. Jadi, jika si kecil mengalami masalah biang keringat, maka berilah ASI lebih banyak karena itulah salah satu cara yang paling manjur untuk mengatasi masalah tersebut.

Tentunya ibu tetap harus menerapkan tips perawatan bayi yang lain. Akan tetapi, cara apapun yang ibu lakukan, ibu harus lebih banyak memberikan ASI agar biang keringat semakin cepat hilang.

Membangun Lingkungan yang Sehat

Ini perawatan bayi yang wajib untuk ibu lakukan, yang menciptakan lingkungan yang sehat. Apa yang dimaksud dengan lingkungan yang sehat? Karena masalah yang dialami oleh si kecil merupakan biang keringat, maka ibu harus pastikan rumah harus memiliki ventilasi yang bagus. Hal ini diperlukan agar sirkulasi udara baik. Karena hanya dengan sirkulasi udara yang baik inilah biang keringat si kecil akan cepat untuk disembuhkan.

Apakah boleh menghidupkan AC? Biasanya AC digunakan oleh orang tua yang tinggal di rumah di mana ventilasinya kurang bagus atau udaranya sangat panas. Agar si kecil tidak mudah berkeringat sehingga biang keringat tidak semakin parah, maka AC dihidupkan.

Akan tetapi, satu hal yang harus menjadi catatan. Ibu tidak boleh membiarkan si kecil terlalu dekat dengan AC. Terlalu panas berbahaya terlalu dekat dengan AC juga sama berbahaya. Untuk itu, yang perlu ibu lakukan hanya memastikan agar udara segar.

Tentu setiap orang tua seperti ibu ingin sekali si kecil sehat. Untuk itu, selain tips tentang menghilangkan biang keringa tersebut di atas, ibu juga harus tahu tips mengatasi masalah yang lain untuk memastikan bayi sehat selalu.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi ibu yang sedang mencari cara mengatasi biang keringat pada bayi. Silakan ibu mempraktekkan perawatan bayi tersebut di atas.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *