Perawatan Bayi Saat Suhu Tubuhnya Meninggi

Perawatan Bayi
Ibu & Balita

Perawatan bayi seperti apa yang harus ibu lakukan saat suhu tubuh si kecil tinggi? Suhu tubuh tinggi atau yang sering disebut dengan demam memang masalah yang serius jika terjadi pada bayi. Sebagai orang tua, ibu harus tahu apa yang harus ibu lakukan. Setidaknya, ibu bisa memberikan pertolongan pertama agar suhu tubuhnya tidak meninggi terus.

Berikut beberapa langkah perawatan bayi yang sebaiknya ibu ketahui saat bayi mengalami demam.

Memberikan Pelukan

Tidak ada cara lain yang lebih efektif untuk selain menenangkan si kecil. Saat bayi menalami demam, ia akan merasakan sakit yang luar biasa. Ia akan sering menangis sepanjang hari.

Sebenarnya, bayi ibu tersebut merasakan hal yang kurang nyaman. Oleh sebab itu, dekapan atau pelukan ibu sangat diperlukan. Setidaknya, pelukan ibu tersebut akan membuat si kecil merasa sedikit lebih nyaman. Jadi, apa langkah pertama yang harus ibu lakukan? Tidak perlu memikirkan perawatan bayi yang ribet lainnya. Berikan pelukan agar si kecil nyaman dan berhenti menangis. Jika sudah berhenti menangis atau bahkan tertidur, ibu bisa memikirkan cara mengatasi demam pada bayi.

Memberikan Lebih Banyak ASI

Tahukah ibu kenapa suhu badan bay ibu meninggi? Hal tersebut disebabkan adanya virus yang masuk ke dalam tubuh si kecil. Virus tersebut bisa berasal dari udara, lingkungan, atau dari benda tertentu.

Suhu tubuh akan meninggi jika virus sistem kekebalan tubuh atau immune system mencoba untuk membunuh virus tersebut. Jadi, suhu tubuh yang meninggi ini merupakan reaksi dari proses pertarungan sistem kekebalan tubuh melawan bakteri.

Oleh sebab itu, perawatan bayi yang perlu lakukan adalah memberikan adalah memberikan lebih banyak ASI atau air susu ibu. Hal ini disebabkan ASI lah yang sangat berpengaruh terhadap meningkatnya sistem kekebalan tubuh bayi. Jadi, sistem kekebalan tubuh akan semakin kuat melawan virus penyebab demam.

Menjemur Bayi di Bawah Sinar Matahari Pagi

Apakah boleh membawa keluar si kecil saat deman? Tentu saja boleh. Bahkan dianjurkan untuk di bawa keluar rumah di pagi hari. Ini menjadi bagian dari cara merawat bayi saat suhu tubuhnya meninggi.

Akan tetapi, sebaiknya ibu tidak terlalu lama menjemur si kecil. Cukup 5-10 menit saja. Sebaiknya, ibu menjemur dada dan punggung bayi. Sinar matahari pagi sangat baik untuk menyembuhkan segala jenis penyakit terutama demam.

Namun, jika cuacanya sangat dingin, sebaiknya ibu tidak menerapkan perawatan bayi yang satu ini. Seperti ketika saat ini musim hujan, biasanya suhu di luar rumah sangat rendah sehingga justru bisa membuat si kecil mengalami pilek dan batuk.

Yang ibu lakukan tersebut di atas merupakan pertolongan pertama saja. Jika ibu sudah menerapkan tips tersebut di atas namun suhu tubuh si kecil belum juga turun, maka ibu perlu mengajak si kecil untuk kontrol kesehatan ke dokter anak. Dikhawatirkan demam yang semakin tinggi justru membuat sang buah hati ibu mengalami kejang-kejang. Hal ini bisa sangat berbahaya dan bahkan bisa menghilangkan nyawa si kecil.

Perawatan bayi yang tepat akan membuat ibu tidak perlu terlalu khawatir jika kondisi si kecil kurang begitu baik. Pasalnya, dengan perawatan yang tepat pada bayi, ibu tahu bagaimana cara mengatasi masalah kesehatan yang dialami oleh si kecil. Itulah mengapa setiap orang tua harus memperkaya wawasan seputar bagaimana memberikan perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *