Perawatan Bayi yang Diperlukan Ketika Mengalami Demam

Hanya ada tiga hal paling perlu untuk ibu lakukan sebagai perawatan bayi ketika ia mengalami demam yang sangat tinggi.

Apakah salah satunya memberikan obat penurun panas? Jelas tidak. Apakah harus membawa ke bidan atau dokter anak? Tidak juga. Dua hal tersebut sebenarnya tidak menjadi cara yang tepat merawat bayi yang sedang mengalami demam.

Harus menjadi catatan tersendiri bagi itu. Bawasannya bayi itu masih dalam keadaan yang sangat baik. Maka sebaiknya ibu menjauhkan dari apapun yang berhubungan dengan bahan-bahan kimia, termusuk juga obat-obatan kimia.

Lalu, perawatan untuk bayi seperti apa yang harus ibu lakukan ketika ia demam? Berikut penjelasan selengkapnya.

Membawa Ke Luar Rumah di Pagi Hari

Ibu pasti pernah dengan himbauan agar si kecil diajak ke luar rumah di pagi hari, bukan? Karena sinar matahari di pagi hari mengandung vitamin D yang sangat tinggi.

Akan tetapi, tidak itu saja ternyata. Sinar matahari pagi juga sangat baik untuk mengatasi demam yang dialami oleh si kecil. Usahakan bagian dada dan juga punggung langsung terkena sinar matahari pagi. Bagian tersebut sangat penting karena demam akan lambat laun turun.

Perawatan kepada bayi berupa menjemur di pagi hari ini ada aturannya. Yang pertama, ibu tidak boleh terlalu lama menjemur si kecil. Mungkin ibu menjemur bagian dada 5 menit dan bagian punggung lima menit. Dan yang kedua, pastikan ibu menjemur bagi saat jam masih di bawah pukul 9 pagi. Tidak direkomendasikan untuk menjemur bayi di atas jam 9 atau bahkan sudah pukul 10 pagi.

Mengkompres

Cara paling mudah dan paling aman untuk menurunkan demam bayi adalah dengan mengompres kepala bayi. Apalagi sekarang sudah ada kompres khusus untuk bayi. Jadi, ibu tidak perlu repot membuat kompres.

Namun, jika tidak ada persedian kompres di rumah, ibu bisa membuat kompres sendiri. Sediakan satu mangkuk air hangat dan kain seperti handuk. Masukkan kain ke dalam semangkuk air hangat lalu tempelkan kain di kepala bayi.

Memberikan ASI

Sembari ibu mengkompres bayi, ibu bisa memberikan ASI.

Dalam hal ini, ibu harus tahu ASI itu obat yang paling ampuh untuk si kecil. Sayangnya, banyak orang tua yang tidak menyadari hal ini. Mereka justru langsung membawa si kecil ke bidan atau ke dokter anak ketika bayi mereka mengalami demam.

Apakah ibu tahu apa yang akan dilakukan oleh bidan atau dokter anak? Mereka pasti hanya merekomendasikan untuk lebih banyak memberikan ASI. Kurang tepat jika justru bidan atau dokter anak memberikan obat-obatan apalagi antibiotik yang sering diberikan untuk orang dewasa ketika demam.

Ibu harus mengerti bawasannya demam itu tanda bawasannya sudah saatnya sistem kekebalan tubuh bayi naik level. Jadi, ASI akan membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat sehingga tubuh bayi bisa mengatasi penyakit yang ia alami, termasuk demam.

Tiga hal tersebut bisa ibu lakukan sebagai cara perawatan untuk bayi yang tepat ketika ia mengalami demam yang sangat tinggi.

Panik? Itu pasti. Setiap orang tua pasti panik ketika mendapati bayi mereka demam. Namun, kepanikan tersebut seharusnya tidak membuat ibu tidak bisa berpikir langkah perawatan bayi seperti apa yang harus ibu lakukan.

Tiga hal tersebut di atas sudah cukup untuk membuat si kecil segera sembuh dari demam.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *