Perawatan Bayi yang Harus Ibu Lakukan Saat Usianya Mencapai 6 Bulan

perawatan bayi
Ibu & Balita

Perawatan bayi bukan masalah yang boleh ibu anggap sepele. Terutama ketika sang buah hati usianya menginjak 6 bulan, ibu harus banyak mencari tahu seputar tips merawat bayi.

Kenapa demikian? Karena perkembangan bayi saat usianya 6 bulan itu sudah cukup signifikan. Ia mulai aktif bergerak dengan cara merangkak. Si kecil juga sudah memerlukan nutrisi yang lebih banyak karena ia sudah lebih aktif. Itulah mengapa ibu harus tahu informasi seputar perawatan bayi usia 6 bulan.

3 Hal Penting yang Harus Dilakukan

Mengenai perawatan bayi, tentu saja ada banyak hal yang harus ibu ketahui dan ibu lakukan. Hanya saja, dari sekian banyak tips merawat bayi, ada tiga hal yang paling penting untuk diperhatikan. Apa saja tiga hal tersebut?

Yang pertama adalah memberikan menu MPASI. Bagi ibu yang baru pertama kali memiliki bayi, wajar jika ibu akan kebingunan ketika harus memberikan MPASI atau makanan pendamping ASI. Ada rasa khawatir apakah menu MPASI bisa dicerna oleh si kecil atau belum. Apakah menu yang ibu siapkan memenuhi kebutuhan nutrisi yang ia butuhkan apa tidak. Banyak sekali pertanyaan yang ada di benak ibu.

Yang jelas, memberikan menu MPASI yang tepat merupakan bagian terpenting dari perawatan bayi usia 6 bulan. Pasalnya, sang buah hati tidak hanya membutuhkan nutrisi dari ASI saja, tapi juga dari makanan. Pada usia 6 bulan, ia lebih banyak membutuhkan asupan nutrisi. Itulah mengapa menu MPASI harus benar-benar memberikan nutrisi yang lebih.

Ibu perlu memberikan menu MPASI yang bisa membuat ketahanan tubuh si kecil lebih kuat. Hal ini penting dan juga bagian dari perawatan bayi  agar si kecil tidak mudah sakit.

Yang kedua adalah menciptakan lingkungan yang aman. Saat bayi sudah berusia 6 bulan atau lebih, ia akan mulai bergerak ke sana kemari. Untuk itu, ibu harus melakukan penjagaan ekstra. Jangan tinggalkan bayi ibu tidur sendiri di atas tempat tidur karena bisa saja si kecil berguling kemudian jatuh.

Dan yang tak kalah penting lagi adalah menyingkirkan dahulu perabotan rumah tangga seperti kursi. Mungkin, ibu bisa meminta suami ibu untuk menyimpan beberapa kursi dan meja karena benda tersebut bisa menciderai si kecil terutama ketika ia sudah mulai belajar merangkak dan juga belajar jalan.

Yang ketiga adalah perawatan kulit. Banyak sekali bayi usia 6 bulan yang mengalami masalah dengan kulit. Biasanya hal ini disebabkan alergi terhadap makanan tertentu atau susu. Mungkin saja menu MPASI tertentu membuat sang buah hati mengalami alergi. Dalam hal ini, ibu harus memperhatikan betul-betul makanan seperti apa yang membuat si kecil alergi.

Tantangan bagi Ibu

Saat usia si kecil mencapai 6 bulan, itu artinya ibu memiliki tantangan baru yang jauh lebih berat. Ibu tidak hanya perlu memperhatikan tentang perawatan bayi seperti apa yang perlu ibu lakukan, tapi juga bagaimana meluangkan lebih banyak waktu untuk memberikan perhatian untuk sang buah hati.

Bagi ibu yang bekerja di luar rumah, tentu saja meluangkan waktu untuk si kecil sangatlah susah. Akan tetapi, pastikan ibu setelah kerja langsung pulang agar ada waktu di mana ibu bisa mencurahkan perhatian kepada si kecil. Jangan sampai anak ibu merasa kurang mendapatkan perhatian dari ibu. Jika hal tersebut terjadi, jangan menyesal jika saat dewasa nanti anak ibu tidak untuk ibu nasehati.

Sekarang, ibu harus menikmati masa-masa menyenangkan menjadi ibu yang baik. Luangkanlah waktu untuk mencari tahu lebih banyak lagi seputar perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *