Perawatan Bayi yang Ibu Perlu Lakukan agar Rambut Senantiasa Lembut dan Sehat

perawatan bayi
Ibu dan Balita

Perawatan bayi apa saja yang sudah ibu pelajari? Ibu sudah tahu cara merawat rambut si kecil? Jika belum tahu, ibu perlu perhatikan dan catat apa yang seharusnya ibu lakukan untuk merawat rambut bayi agar lembut dan sehat selalu.

Ibu harus tahu bahwa rambut bayi itu sangat penting untuk diperhatikan. Ibu pasti pernah melihat ada bayi yang rambutnya tumbuh tipis dan jarang. Ada juga rambut bayi yang terlihat kaku dan berantakan. Apalagi jika si kecil sudah mulai bisa belajar jalan dan memegang barang-barang. Bukan tidak mungkin ia akan menuangkan apapun ke rambut sehingga hal tersebut bisa merusak kesehatan rambut.

Untuk itu, penting sekali bagi ibu untuk tahu info tentang perawatan bayi yang satu ini, yaitu bagaimana merawat rambut bayi agar lembut dan sehat. Berikut langkah yang bisa ibu lakukan.

  1. Gunakan Shampoo Bayi

Pada saat ibu memandikan si kecil, jangan lupa ya untuk mengaplikasikan shampoo bayi sebagai salah satu perawatan rambut bayi. Akan tetapi, ibu harus hati-hati menggunakan shampoo. Pasalnya, terlalu sering atau terlalu banyak mengaplikasikan shampoo justru bisa membuat rambut si kecil kering.

Untuk itu, penting bagi ibu untuk meneliti terlebih dahulu bahan atau kandungan yang ada di dalam produk shampoo tersebut.

  1. Keringkan Rambut

Perawatan bayi yang sering diabaikan adalah mengeringkan badan dan juga rambut. Banyak ibu yang tergesa-gesa ketika mengganti baju setelah bayi dimandikan sehingga tubuh dan rambutnya tidak benar-benar kering. Apakah ibu tahu apa yang terjadi? Jika badan tidak benar-benar kering, maka kemungkinan si kecil akan mengalami iritasi pada kulit, jamur kulit, dan juga biang keringat.

Hal kurang baik pun bisa terjadi jika rambut tidak benar-benar dikeringkan. Apalagi jika kulit kepala masih basah dan udara dingin ketika musim hujan seperti saat ini, maka si kecil akan mudah sekali terkena flu. Untuk itu, perhatikan betul-betul perawatan bayi yang satu ini ya.

  1. Aplikasikan Minyak Rambut

Apa minyak rambut yang ibu gunakan? Jika belum menemukan minyak rambut yang tepat untuk merawat rambut si kecil, ibu bisa gunakan minyak kemiri. Sejak dari dulu minyak kemiri ini dipercaya bisa membuat rambut bayi bisa tumbuh sehat dan lebat.

Ibu juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan madu. Ibu cukup mengoleskan madu pada rambut. Namun, ibu harus pastikan madunya asli ya, bukan madu yang sudah dicampur dengan air. Kabarnya, madu juga bisa menumbuhkan rambut bayi menjadi lebat dan sehat.

Tentu saja bukan hanya perawatan rambut saja yang perlu ketahui. Ibu juga harus mengetahui perawatan bayi tentang bagaimana menjaga kesehatan kuku. Perlu juga diketahui tentang bagaimana agar tumbuh kembang si kecil optimal. Dan ini yang lebih penting dari segalanya. Ibu harus memulai dengan memperhatikan asupan gizi setiap hari.

Bagaimana jika si kecil sakit? Inipun ibu perlu tahu tips perawatan bayi ketika si kecil mengalami masalah kesehatan. Tugas sebagai seorang ibu memang berat. Tapi, ibu bisa mengambil sisi positifnya saja. Dengan fokus penuh terhadap perawatan sang buah hati, ibu menjadi tahu banyak tentang ilmu kesehatan bayi. Ibu tidak perlu sekolah di jurusan kesehatan tapi tahu dan mempraktekkan sendiri cara menjaga kesehatan sang buah hati. Jadi, ibu harus semakin semangat untuk mencari tahu lebih banyak seputar perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *