Perawatan Bayi yang Memiliki Masalah dengan Bintik Merah Pada Kulit

perkembangan balita
Ibu dan Balita

Perawatan bayi yang kurang tepat bisa membuat kesehatan si kecil terganggu. Salah satu persoalan yang sering terjadi adalah munculnya bintik merah pada kulit si kecil. Apakah hal tersebut pernah dialami oleh si kecil?

Tentu hal tersebut bukanlah hal yang aneh. Pasalnya, banyak sekali bayi yang mengalami masalah yang satu ini. Akan tetapi, bukan berarti ibu harus membiarkannya, bukan? Banyak sekali efek samping lainnya yang disebabkan oleh bintik merah seperti demam yang tinggi, batuk, dan pilek.

Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk mengetahui tentang tips perawatan bayi agar ibu bisa menghindarkan si kecil dari terkena masalah kulit tersebut. Akan tetapi, ibu harus tahu lebih dulu apa saja penyebab bintik merah pada kulit si kecil tersebut?

Penyebab Bintik Merah Pada Kulit Bayi

Kebanyakan masyarakat awam mengerti bahwa bintik merah pada kulit bayi itu merupakan iritasi. Sayangnya, iritasi bukan satu-satunya faktor penyebab munculnya bintik-bintik merah tersebut. Jika itu adalah masalah iritasi kulit bayi, perawatan bayi yang perlu ibu lakukan hanyalah mengganti sabun mandi dan memperhatikan pakaian si kecil.

Harus ibu ketahui banyak sekali penyebab bintik mereh pada kulit si kecil seperti cacar air, campak, dan dermatitik kontak alergi. Untuk masalah cacar air dan campak, ibu sebaiknya langsung konsultasi dengan dokter anak. Dua masalah tersebut termasuk masalah yang cukup serius sehingga diperlukan perawatan khusus dari dokter spesialis anak.

Namun, untuk yang terakhir, yaitu dermatitis kontak alergi, ada hal-hal yang bisa ibu lakukan sendiri sebagai treatment di rumah.

Cara Mengatasi Bintik Merah karena Dermatitis Kontak Alergi

Apakah ibu tahu apa yang dimaksud dengan dermatitis kontak alergi? Ini merupakan istilah medis yang digunakan oleh para ahli kesehatan untuk menjelaskan bahwa bintik merah pada kulit bayi dikarenakan gesekan kulitnya dengan benda tertentu sehingga mengakibatkan alergi. Jadi, bukan karena virus atau bakteri.

Untuk masalah yang satu ini, ibu hanya perlu melakukan beberapa langkah perawatan bayi. Mulailah dengan mengeliminasi semua pakaian si kecil berbahan tertentu yang menyebabkan munculnya bintik merah. Biasanya, pakaian dengan bahan kasar menjadi penyebab masalah ini.

Namun, tidak itu saja. Ibu juga harus mempertimbangkan untuk mengganti sabun mandi serta bedak yang ibu biasanya gunakan. Sekarang ini, banyak sekali sabun serta bedak dengan berbagai merk. Jadi, silakan ibu pilih merk tertentu lalu konsultasikan dengan dokter anak jika masih saja muncul bintik merah pada kulit si kecil.

Dan satu hal lagi yang tak kalah penting, yaitu memastikan terpenuhinya nutrisi untuk menjaga kesehatan kulit seperti vitamin E dan C. Hal ini juga harus dimasukkan ke dalam bagian dari langkah perawatan bayi.

Jika selama ini ibu hanya tahu banyak tentang nutrisi yang dibutuhkan si kecil, sudah saatnya ibu tahu banyak hal, terutama tentang keluhan kesehatan yang mungkin dialami oleh bayi. Ketahui pula beberapa tips tentang perawatan bayi jika keluhan kesehatan tertentu dialami oleh si kecil.

Setelah itu, ibu juga harus bersiap-siap untuk mengetahui banyak hal tentang nutrisi balita jika si kecil sudah hampir menginjak usia 1 tahun. Saat balita, banyak hal yang ibu perlu ketahui seputar tumbuh kembang balita. Memang perkembangan balita merupakan hal yang alami, namun bukan berarti keterlibatan ibu sebagai orang tua tidak diperlukan.

Untuk itu, mulailah belajar menjadi ibu yang baik dengan mengetahui banyak hal untuk kebaikan si kecil, terutama tentang perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *