Perawatan Bayi yang Penting Sekali Saat Musim Hujan Tiba

Perawatan Bayi
Ibu & Balita

Perawatan bayi harus dikuasai oleh setiap ibu. Namun, tahukah ibu apa yang sebaiknya ibu perioritaskan saat musim hujan tiba? Seperti saat ini, hujan sering turun. Udara menjadi sangat dingin dan tentu ibu sangat mengkhawatirkan kesehatan si kecil. Ketika musim hujan, orang dewasa saja sangat mudah terserang penyakit, apalagi bayi yang masih sangat rentan sekali.

Oleh sebab itu, ibu harus mengetahui mengenai cara merawat bayi. Berikut beberapa hal yang perlu ibu lakukan.

Memandikan dengan Air Hangat

Memang sedikit merepotkan jika ibu harus menyiapkan air hangat setiap hari untuk mandi si kecil. Apalagi jika di rumah belum ada water heater. Akan tetapi, hal ini harus dilakukan.

Hingga usia 1 tahun nanti, sebaiknya ibu memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat. Ini merupakan bagian terpenting dari perawatan bayi. Apalagi saat musim hujan seperti saat ini. Mandi dengan menggunakan air hangat akan membuat suhu tubuhnya tidak dingin.

Namun, bukan itu saja yang merupakan manfaat dari perawatan bayi yang satu ini. Dengan menggunakan air hangat, kelembaban kulit si kecil akan terjaga. Ibu tidak perlu khawatir jika kulit si kecil tiba-tiba kering dan kasar. Jadi, pastikan ibu memandikan bayi dengan menggunakan air hangat ya.

Mengoleskan Minyak Telon

Setelah mandi, jangan lupa juga mengoleskan minyak telon. Oleskan pada bagian tubuh tertentu seperti dada, perut, dan punggung. Minyak telon ini bagian dari perawatan bayi untuk menjaga suhu tubuh si kecil.

Sebenarnya, tubuh si kecil sendiri bisa mengontrol suhu sendiri. Kalori yang ada di dalam tubuh secara otomatis akan menghangatkan tubuhnya yang mungil saat udara dingin khususnya ketika turun hujan. Namun, jika kalori habis, maka si kecil akan lemas dan tidak memiliki tenaga.

Oleh sebab itu, agar tidak kehabisan kalori, sebaiknya ibu mengoleskan minyak telon. Selain sebagai bagian dari perawatan bayi, minyak telon akan membantu untuk mengatur suhu tubuh si kecil.

Memakaikan Baju Hangat

Hal yang tak boleh terlupakan adalah memakaikan baju hangat. Simpan dulu semua baju bayi yang terbuka. Saat musim hujan tiba seperti saat ini, ibu harus menyiapkan lebih banyak baju hangat.

Memberikan Lebih Banyak ASI

Apa hubungannya antara memberikan lebih banyak ASI dengan hujan? Tentu ada hubungannya. Saat musim hujan tiba, bayi rentan sekali terserang penyakit. Hal ini tidak hanya disebabkan suhu udara yang dingin tapi juga bakteri dan virus yang berkembang lebih cepat pada saat musim hujan.

Untuk mencegah bayi terserah penyakit, salah satu caranya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuhnya. Dalam hal ini, ASI bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi sehingga ia tidak akan mudah sakit.

Perawatan bayi tidak boleh dianggap mudah. Terutama bagi pasangan muda, mereka harus banyak belajar seputar cara merawat bayi yang benar.

Saat si kecil sudah mulai bisa bermain dan memegang benda-benda, ibu harus lebih rajin menjaga kesehatan tangan si kecil. Pasalnya, dikhawatirkan ada bakteri yang menempel pada tangannya sementara ia suka memasukkan tangan ke dalam mulut.

Selain itu, ibu harus rutin memotong kuku si kecil karena kuku sering menjadi tempat di mana bakteri bersembunyi dan berkembang. Jadi, ibu harus perhatikan juga kesehatan kuku. Ibu harus mencari tahu apa saja yang harus dilakukan untuk merawat kuku si kecil karena hal tersebut merupakan bagian dari perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *