Percuma Jika Sudah Minum Susu Ibu Hamil Tapi Masih Melakukan Hal Ini

susu ibu hamil
Ibu dan Balita

Sebenarnya mengkonsumsi susu untuk ibu hamil itu tidak harus. Lihat saja. Ibu-ibu hamil zaman dahulu tetap sehat dan melahirkan bayi yang sehat walaupun tidak mengkonsumsi susu.

Hanya saja, pada saat ini situasinya berbeda. Banyak ibu hamil yang tidak memperhatikan asupan nutrisinya setiap hari. Tingginya kematian ibu dan bayi saat proses melahirkan atau kematian bayi di dalam kandungan umumnya disebabkan kurangnya asupan nutrisi.

Lebih parah lagi ketika kebanyakan orang zaman lebih suka makan makanan atau minum minuman yang kurang sehat.

Walaupun ibu sudah mengkonsumsi susu ibu hamil, hal tersebut sia-sia saja jika ibu masih melakukan beberapa hal berikut ini.

Banyak Makan

Ada yang bilang saat hamil ibu harus banyak makan. Logikanya jelas. Ibu harus berbagai makanan dan nutrisi dengan janin yang ibu kandung.

Logikanya memang benar. Hanya saja, hal tersebut tidak lantas membuat ibu harus banyak makan. Terlalu banyak makan bisa beresiko obesitas atau kegemukan lho. Kegemukan tidak hanya buruk bagi ibu hamil tapi juga janin di dalam kandungan.

Sebenarnya, jika ibu sudah mengkonsumsi susu kehamilan, ibu tinggal makan makanan yang bervariasi. Gunanya agar semua nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi. Seperti contoh, hari ini ibu bisa menyiapkan menu makanan berupa daging sapi. Esok hari, menu makanan bisa diganti dengan seafood. Dengan demikian, semua nutrisi selalu terpenuhi.

Bagaimana jika sering merasa lapar? Kebanyakan ibu hamil memang mudah sekali merasa lapar. Hanya saja, hal ini tidak boleh dijadikan alasan ibu harus banyak makan.

Bukan banyak makan tapi ibu perlu lebih sering makan dengan porsi yang kecil. Dalam sehari, ibu bisa makan 4-5 kali namun porsinya sedikit saja.

Minum Teh

Sebenarnya tidak masalah seorang ibu hamil mengkonsumsi teh asalkan tidak berlebihan. Sayangnya, banyak ibu hamil yang terlalu sering minum teh. Mereka mengkonsumsi teh lebih dari dua kali setiap hari.

Kenapa teh kurang baik untuk ibu hamil? Karena adanya kandungan kafein di dalam teh. Dan kafein inilah yang akan mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan.

Karena teh sebaiknya dikonsmsi tidak terlalu banyak, itu artinya ibu sebaiknya menghindari mengkonsumsi kopi. Hal ini disebabkan kandungan kafein di dalam kopi sangat tinggi.

Mandi Air Hangat

Segar sekali rasanya jika ibu mandi dengan air hangat. Katanya, mandi dengan air hangat akan melepaskan rasa lelah dan juga meredakan stress yang ibu alami setelah sibuk beraktivitas setiap hari.

Namun, hal ini sebaiknya tidak ibu lakukan. Kabarnya, suhu panas dari air bisa berakibat buruk untuk perkembangan bayi di dalam kandungan. Bahkan, sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil muda mandi dengan air hangat karena bisa mengakibatkan bayi di dalam kandungan lahir dalam keadaan cacat.

Jadi, masih banyak yang harus ibu ketahui seputar cara menjaga kesehatan janin di dalam kandungan. Ibu tidak cukup dengan mengkonsumsi susu untuk wanita hamil saja. Ibu juga perlu tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama masa kehamilan.

Ikuti terus update informasi terbaru seputar bagaimana menjaga kehamilan. Pastinya ibu ingin sekali melewati masa kehamilan dengan lancar hingga proses persalinan, bukan? Dan ibu pasti berharap anak yang ibu kandung sehat nantinya. Oleh sebab itu, ketahui banyak hal seputar cara menjaga kesehatan kehamilan mulai dari bagaimana cara memilih susu terbaik ibu hamil hingga makanan apa saja yang harus dikonsumsi selama kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *