Perhatikan Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir
Johnson’s Baby Indonesia

Cara memandikan bayi baru lahir merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Terutama dalam menjaga kebersihan bayi tersebut. Selain untuk menjaga tubuh bayi agar selalu bersih, momen memandikan bayi juga menjadi kesempatan untuk bermain dan menghabiskan waktu bersama. Tidak hanya ibu, ayah pun dapat menikmati momen kebersamaan ketika memandikan bayi.

Namun, perlu diketahui bahwa bayi baru lahir akan membutuhkan waktu untuk membiasakan diri saat mandi karena bayi dapat menjadi gelisah saat semua bajunya dilepas. Tenang saja, fase ini akan segera berlalu. Maka perhatikan kiat-kiatnya berikut:

  1. Ketika bayi baru lahir, di minggu-minggu pertamanya, ibu cukup memandikannya dengan air. Sabun dan sampo masih belum dibutuhkan. Untuk memandikan bayi baru lahir cukup 2 – 3 kali seminggu.
  2. Usahakan untuk tidak merendamkan bayi sampai tali pusar puput dan sembuh. Sebelum hal itu terjadi, sebaiknya ibu membersihkan bayi cukup dengan waslap basah dan letakkan lap flannel atau kain basah di dada bayi agar tetap hangat.
  3. Jika ibu ingin ikut mandi bersama dengan bayi, maka hendaklah meminta orang lain untuk membawanya pada ibu dan mengambilnya kembali setelah selesai.
  4. Saat memandikan bayi, cobalah untuk mengobrol, menyanyi dan bermain dengannya. Nikmatilah momen memandikan bayi sebagai sarana untuk mempererat hubungan antara ibu dan bayi.
  5. Selalu perhatikan suhu air mandi. Caranya adalah dengan menggunakan pergelangan tangan karena menjadi lebih sensitif dibanding tangan ibu, Dapat pula menggunaan thermometer mandi. Akan lebih baik jika ibu mengisi ember mandi dengan air dingin terlebih dahulu baru menuangkan air panas. Ini dilakukan untuk membuat bagian bawah ember tidak panas dan mengurangi resiko terbakar, selain itu ibu juga dapat menghindari resiko menaruh bayi langsung ke dalam air panas karena lupa menuangkan air dingin.
  6. Selanjutnya dalam cara memandikan bayi baru lahir adalah dengan memegangnya dengan benar. Cara memegangnya adalah dengan menyangga pundaknya dengan tangan hingga kepalanya berada di lengan bagian depan. Ketika ibu memandikannya di dalam ember maka lingkarkan tangan ibu dan memgang bayi di ketiak, sementara tangan yang satu lagi untuk membersihkan bagian-bagian tubuhnya.
  7. Apabila saat memandikan bayi, sang bayi tidak dapat menikmatinya dan menunjukkan tanda-tanda stress, maka hendaknya ibu membersihkan bagian-bagian yang penting saja dan segera mengeluarkan bayi. Setelah memandikan bayi, cobalah dalam beberapa hari lagi untuk memandikannya atau memandikannya dengan waktu yang berbeda dalam sehari.
  8. Jangan memandikan bayi langsung setelah makan karena akan membuatnya merasa kembung dan tidak nyaman.
  9. Memijatnya dengan benar kepada bayi baru lahir setelah mandi akan menjadi aktifitas yang menyenangkan baik untuk bayi dan ibu agar dapat mempelajari tubuh serta ekspresi sang bayi.

Setelah mengetahui cara memandikan bayi baru lahir, ada informasi tambahan mengenai membersihkan tali pusar bayi yang biasanya masih menempel pada bayi baru lahir. Tali pusar pun akan kering dan puput setelah seminggu atau sepuluh hari setelah lahir. Maka dari itu cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan menjaganya agar tetap bersih dan kering. Tidak perlu ada cara membersihkan yang khusus karena belum perlu. Hal yang terpenting adalah bagaimana ibu mengetahui cara memandikan bayi baru lahir.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *