Perhatikan Posisi Menyusui Yang Benar Agar Bayi Nyaman

manfaat asi ekslusif
Source: Makchic

Menyusui merupakan hal yang wajib dilakukan oleh ibu pasca persalinan. Karena penting maka tentu seharusnya bunda juga harus tau bagaimana posisi menyusui yang benar agar ibu dan bayi nyaman ketika menyusui. Jadi, ketika menyusui ibu dan bayi dapat tenang dan nyaman sehingga menghasilkan ASI yang berkualitas.

Artikel sebelumnya, kita sudah bahas mengenai pentingnya dan manfaat ASI bagi ibu dan bayi. Kini, selanjutnya kita akan ulas mengenai bagaimana sih posisi yang benar ketika menyusui. Mengapa hal ini penting? Karena ketika menyusui tentu ibu dan bayi membutuhkan keamanan dan kenyamanan.

Posisi Menyusui yang Benar Bagi Ibu dan Bayi

Sudah tahukah bunda posisi yang bisa dilakukan ketika menyusui? Inilah beberapa posisi menyusui yang benar bagi ibu dan bayi ketika menyusui:

  1. The cradle (Posisi Mendekap).

Posisi menyusui pertama yang biasa digunakan oleh ibu hamil untuk bayi yang baru lahir adalah posisi mendekap. Posisi ini menjadi posisi yang tepat karena bayi akan merasa aman dan nyaman ketika menyusui karena sambil di dekap oleh ibunya. Sebaiknya ketika menggunakan posisi ini ketika menyusui anda pastikan bahwa bayi berada di perut dan tubuhnya menghadap ke arah dada sang ibu kemudian kepala bayi berada pada siku Anda.

  1. The cross cradle hold (Posisi Mendekap Silang).

Selain posisi mendekap, posisi yang hampir sama dengan posisi mendekap sebelumnya. Namun perbedaannya , lengan satu menyokong tubuh bayi dan yang lain menyokong kepala. Kemudian, posisi mendekap silang ini  membuat ibu memiliki kontrol yang lebih besar dalam menyokong kepala bayi. Jadi, posisi ini sangat cocok untuk bayi dengan keadaan prematur atau ibu dengan puting payudara yang kecil.

  1. The football hold (Posisi Pencengkram/Sepakbola).

Posisi sepakbola merupakan posisi menyusui dimana bayi dipegang di samping Anda dengan kaki di belakang Anda dan bayi terselip di bawah lengan Anda. sama dengan namanya, Anda seolah-olah sedang memegang bola kaki. Untuk ibu yang melahirkan melalui operasi caesar atau ibu yang memiliki payudara besar posisi menyusui ini adalah posisi yang paling tepat.

  1. Saddle hold (Posisi Duduk).

Posisi duduk ini merupakan posisi yang menyenangkan untuk menyusui. Posisi ini juga tepat dilakukan ketika bayi sedang mengalami pilek atau sakit telinga yang jika menyusui akan membuat hidungnya tersumbat. Caranya adalah bayi Anda duduk tegak dengan kaki mengangkangi Anda sendiri.

  1. The lying position (Posisi Berbaring).

Posisi terakhir adalah posisi berbaring. Posisi berbaring ini juga merupakan posisi yang kerap digunakan oleh ibu. Biasanya posisi ini juga membuat ibu lebih bersantai ketika menyusui. Selain itu, berbaring juga tepat ketika ibu harus menyusui si kecil di malam hari. Namun agar bayi lebih nyaman, sokong punggung dan kepala bayi dengan bantal dan perut bayi menyentuh Anda.

Tanda Bayi Berada di Posisi Menyusui yang Benar

Meskipun secara teori ada 5 posisi menyusui untuk ibu dan bayi, sebenarnya masing-masing ibu dan bayi memiliki posisi yang berbeda-beda. Namun hal ini juga diperhatikan apakah bayi berada di posisi menyusui yang benar. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bayi berada di posisi yang aman dan tidak membahayakan. Berikut tanda bayi sudah berada di posisi menyusui yang benar:

  • Posisi tubuh bayi terarah dan menempel pada bagian depan ibu.
  • Posisi mulut dan dagu bayi berdekatan dan menempel dengan payudara ibu.
  • Seharusnya Areola tidak terlihat dengan jelas.
  • Pertama bayi melakukan isapan yang lamban kemudian dilanjutkan menelan ASInya.
  • Jika posisi bayi menyusui sudah benar, maka bayi akan terlihat tenang dan senang karena merasakan nyaman.
  • Karena bayi merasa nyaman maka seharusnya bayi menghisap dengan aman dan ibu tidak merasakan nyeri pada puting susu.

Selain mengetahui posisi yang benar ketika menyusui, bunda juga harus memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan menyusui bayi:

  1. Posisikan ibu nyaman. Hal yang paling utama ketika hendak menyusui si kecil adalah memastikan bahwa ibu berada di posisi yang nyaman. Jika bunda merasa nyaman ketika duduk maka gunakan posisi duduk. Namun jika bunda merasa belum terlalu kuat dan lebih nyaman berbaring maka gunakan saja posisi berbaring.

Jika duduk maka pastikan bunda mendapatkan sandaran punggung yang kuat, kemudian gunakan juga bantal sebagai pembantu untuk menyokong tubuh bayi. Namun jika posisi berbaring maka pastikan bunda berbaring dengan nyaman jika perlu menggunakan bantal untuk menyangga tubuh maka beri bental.

  1. Posisikan bayi sedekat mungkin.

Untuk memastikan bayi menyusui dengan nyaman dan mulut tidak terlepas dari puting maka pastikan bahwa bayi berada di posisi sedekat mungkin dengan ibu terutama di payudara ibu.

  1. Pastikan payudara tidak menutupi hidung.

Hal yang juga penting untuk diperhatikan adalah memastikan hidung bayi tidak tertutupi oleh payudara ibu. Hal ini sangat penting karena jika ibu tidak tahu bahwa payudaranya menutupi hidung maka kesalahan fatal terjadi. Bayi akan susah bernafas dan jika dilakukan dalam waktu yang lama bisa saja terjadi hal yang tidak diinginkan.

Maka dari itu, sangat penting bagi bunda untuk mengetahui bagaimana posisi menyusui yang benar untuk memastikan bayi nyaman dalam menyusui dan mendapatkan Asi yang berkualitas. Sedangkan ibu dapat lebih tenang dan nyaman ketika menyusui bayi tanpa ada rasa pegal. Terimakasih.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *