Periode “The Play Years” Balita

Periode The Play Years Balita
www.friso.co.id

Ibu tahu apa itu periode The Play Years balita? Secara sederhana, ini merupakan waktu di mana anak ibu mulai melakukan eksplorasi. Rasa ingin tahunya sangat tinggi sehingga pada saat itulah anak ibu akan mencoba melakukan banyak hal. Ia akan mulai bermain sendiri, memegang benda yang sebelumnya belum ia pegang, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, periode “The Play Years” adalah tahap perkembangan balita yang sangat menakjubkan. Sayangnya, tidak banyak orang tua yang tahu. Padahal, dukungan dari ibu sangat diperlukan lho.

Ibu sebaiknya tidak menghabiskan terlalu banyak waktu bermain gadget sendiri. Melainkan, ibu harusnya menyediakan lebih banyak waktu untuk bermain bersama sang buah hati. Toh ada banyak sekali jenis permainan yang bisa ibu pilihkan dari www.friso.co.id

Kapan Anak Memasuki Periode “The Play Years”?

Sebenarnya setiap anak memasukan masa “The Play Years” yang berbeda-beda. Akan tetapi, secara umum, anak yang memasuki periode “The Play Years” sudah bisa berjalan, berlari, dan beraktivitas layaknya orang dewasa.  Jadi, kebanyakan mereka sudah berusia di atas 2 tahun.

Jika menilik dari penjelasan di atas di mana itu adalah periode anak bermain dan bereksplorasi terhadap hal-hal yang baru, maka balita ibu yang usianya sudah 2 tahun ke atas sudah harus ibu perhatikan. Ibu sebaiknya terlibat di dalam permainan yang si kecil lakukan.

Melibatkan diri bukan berarti ibu full time ikut bermain. Namun, ibu hanya perlu memastikan si kecil mendapatkan perhatian dari ibu.

2 Hal Yang Sebaiknya Ibu Lakukan

Dalam periode “The Play Years” balita ingin sekali bermain dan beraktivitas bersama ibu. Lalu, apa yang harus ibu lakukan?

  1. Memahami

Tentu saja balita ibu tidak seperti orang dewasa. Hanya saja, balita ibu bertindak atau beraktivitas layaknya orang dewasa. Contohnya saja ketika balita ibu ikut menyapu dan mengepel lantai. Lalu, apa yang harus ibu lakukan?

Ibu harus memahami apa yang ingin si kecil lakukan. Ibu bisa belikan sapu atau alat pel kecil. Ibu tidak perlu menjelaskan jika menyapu dan mengepel itu harus bersih. Ibu hanya perlu memastikan si kecil memegang dan menggerakkan alat tersebut seperti yang seharusnya.

Tidak jarang juga balita yang suka bermain remote TV. Dalam hal ini, ibu tidak perlu menjelaskan setiap tombol. Cukup ajarkan bagaimana cara menghidupkan dan mematikan TV menggunakan remote saja.

  1. Apresiasi

Sekecil apapun yang dilakukan oleh si kecil, ibu harus memberikan apreasi. Ketika ia membersihkan halaman dan membuang sampah pada tempatnya, berikan apreasi seperti pelukan, tepuk tangan, atau buatkan makanan favorit.

Dua hal tersebut, memahami dan mengapresiasi menjadi hal yang bisa ibu lakukan untuk menujukkan bawasannya ibu ikut serta dalam proses belajar dan eksplorasi anak.

Yang pasti, pada periode “The Play Years” peran ibu sangat diperlukan. Ibu harus terlibat.

Sementara itu, banyak permainan eksplorasi yang akan meningkatkan tumbuh kembang anak. Ibu bisa cari ide permainan untuk masa periode “The Play Years” di situs Friso.

Atau ibu bisa konsultasi dengan pakar perkembangan anak. Jangan sampai ibu kecewa suatu saat nanti karena melewatkan periode perkembangan anak begitu saja. Seharusnya, pada periode emas ini, ibu memberikan perhatian serta fasilitas untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Pastikan ibu menjadi orang tua yang baik dan membantu tumbuh kembang anak secara optimal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *