Perkembangan 3 bulan Janin Di Dalam Kandungan

perkembangan janin 3 bulan
Image Source: Pinterest

Segala sesuatu yang baru bisa menimbulkan kecemasan sekaligus rasa bahagia, termasuk kehamilan pertama. Anda yang memasuki bulan ketiga mungkin penasaran seperti apa perkembangan janin 3 bulan ? Apa yang bisa saya lakukan agar janin tumbuh sehat sampai hari kelahiran? Beruntung sekali, pada artikel ‘seri kehamilan’ akan memberi pencerahan seputar kehamilan terutama soal janin. Topik kali ini adalah penjelasan perkembangan janin 3 bulan. Tidak hanya penjelasan saja, pada bagian akhir akan ada saran dan anjuran yang bisa dilakukan agar kehamilan tetap berjalan lancar sampai dengan hari melahirkan. Penasaran ? Mari simak penjelasan berikut ini.

Minggu awal setelah bulan dua, akan ada perkembangan bentuk. Jika bulan pertama janin hanya berbentuk gumpalan darah, dengan pembentukan bola – bola kecil yang terus membesar, kini hasil ‘pemecahan’ tersebut makin jelas. Memang janin masih sangat mini, tapi fondasi dasar hati, otak, tulang sum sum, otot, dan tulang sudah mulai terbentuk. Alat tubuh tempat penyalur makanan yang juga dikenal sebagai palsenta, serta lingkungan hangat, aman, dimana nanti janin bisa bergerak bebas tanpa hambatan juga masih dibangun oleh tubuh. Satu satunya perkembangan yang nyata dan lebih siap pada perkembangan janin 3 bulan minggu pertama ialah tali pusar yang mana menghubungkan bayi dengan aliran darah bunda.

Kemungkinan besar ‘petualangan’ anda sudah mulai disini, perkataan orang orang mengenai hal hal yang muncul saat kehamilan akan menjadi nyata. Rasa mual di pagi hari, payudara nyeri seperti ditekan tekan, puting payudara menghitam, sering buang air kecil, dan mudah lelah bakal menjadi cerita anda setiap hari. Tentu saja, daftar rasa tidak nyaman tadi bukan hal yang bisa dihindari meski ada beberapa perempuan yang tidak mengalami ‘kesulitan’ saat kehamilan. Lebih baik anda sering membuat janji dengan dokter kandungan agar tidak keliru dalam melangkah. Apalagi, pada perkembangan janin 3 bulan minggu kedua, jangan salah kaprah, tapi memang janin dan anggur tidak jauh berbeda dari segi ukuran. Ketika anda minta didengarkan oleh dokter, akan muncul suara detak jantung yang cukup jelas. Minggu kedua bulan tiga termasuk momen penting, karena apa yang anda lakukan dan konsumsi, akan sangat berpengaruh pada perkembangan janin selanjutnya.

Berat badan anda bertambah beberapa kilo tapi diseimbangkan dengan kehadiran rasa mual yang bisa mengurangi berat badan, tenang saja, muntah bukanlah penyakit. Anda mungkin ingin minta pasangan atau teman menemani anda berbelanja. Umumnya, pinggul, paha, dan dada akan membesar dengan sendirinya pada tahap ini karena rahim anda membesar sehingga badan harus menyesuaikan. Pilih pakaian 2 ukuran diatas anda, dengan bahan nyaman nan stretch (lentur) karena semakin besar kehamilan anda, anda pasti butuh pakaian berukuran besar. Di pasaran juga telah beredar pakaian kehamilan yang bisa anda coba. Selain pakaian, mulailah membuat daftar makanan dengan menu gizi seimbang. Seperti yang telah ditulis pada paragraph sebelumnya, bulan ketiga minggu dua adalah momen paling penting dalam perkembangan janin. Bila anda terbiasa merokok atau meminum alkohol, segera berhenti pada tahap ini, bahkan lebih baik lagi jika anda meminta orang orang di sekeliling anda untuk berhenti mengisap tembakau. Nikotin adalah musuh anda.

Minggu kesepuluh, bentuk janin terlihat lebih menjanjikan. Saat ini, lengan bayi yang tadinya ‘buntung’ sudah mulai punya jari jari meski masih belum bisa banyak digerakkan. Telapak kaki bayi sudah mulai memunculkan bentuk dasarnya. Sedangkan dari segi organ dalam, banyak organ seperti hati, paru paru, usus, otak, dan tulang sum sum sudah lebih kokoh dibanding minggu pertama bulan ketiga. Wajah anak anda bak lukisan dimana seniman masih membuat kerangka dasar, dalam hal ini kerangka dasar janin berupa bentuk dasar hidung, mulut, dan mata. Barulah minggu selanjutnya, bentuk wajah lebih jelas lagi dimana telinga janin sudah mulai melipat membentuk detil seperti lubang telinga. Bahkan jari yang tadinya masih seperti sarung tinju, akan ada jarak antara jari tangan dan kaki sehingga anda mulai bisa mengira ngira yang manakah jari telunjuk, kelingking, manis, tengah, atau jempol. Otak, tulang sum sum, serta jaringan saraf lebih sistematis dan membentuk. Sistem pencernaan dan sensor ada dalam daftar pengembangan bahkan tulang pun sudah hadir melengkapi janin.

Saran yang bisa anda lakukan agar menjaga minggu – minggu terakhir bulan ketiga adalah jangan lupa berolah raga dan makan. Karena saat ini perut anda belum terlalu ekstrem, ada baiknya anda mulai berolah raga. Tidak hanya membuat anda lebih segar, olah raga bisa mempersiapkan fisik dan stamina untuk hari bersalin nantinya. Persiapkan pula baju dalam yang pantas untuk sehari hari. Hindari membeli bra lucu dengan model yang sedang in alias trend saat ini. Pilih bra yang memang bisa menyangga payudara anda selama berolah raga. Anda tidak mau, kan, bila payudara turun, terlihat tidak menarik usai kehamilan. Kedua, Bukan makan besar yang sedang dibicarakan, tapi makanan kecil. Sebetulnya secara medis, anda lebih baik mengkonsumsi makanan kecil dibanding langsung makan besar 3 kali sehari. Terang saja, dengan catatan bukan cemilan murahan namun cemilan bergizi yang bisa membantu kehamilan dan kecerdasan janin. Percuma saja anda mengkonsumsi kudapan murah kaya gula yang hanya membuat anda dan perkembangan janin 2 bulan tidak lebih sehat. 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *