Perkembangan Anak Perempuan Menakjubkan Jika Orang Tua Tahu Apa yang Harus Dilakukan

perkembangan anak
Ibu dan Balita

Beruntung sekali jika ibu memiliki anak perempuan. Tapi, bukan berarti yang memiliki anak laki-laki kurang beruntung ya.

Ternyata, ada lho perbedaan antara perkembangan anak laki-laki dengan anak perempuan. Dan jika ibu memiliki anak perempuan, ketahui fakta menarik berikut ini.

Setelah mengetahui seputar perkembangan balita perempuan, pasti ibu akan tahu apa yang sebaiknya ibu lakukan.

Ciri Khas Anak Perempuan

Anak laki-laki katanya lebih egresif dan lebih berani. Hal ini ternyata tidak hanya terbentuk oleh budaya saja. Pada saat anak masih usia balita dan sedang dalam tahap tumbuh kembang, ternyata anak laki-laki memang lebih berani lho.

Secara umum, anak laki-laki lebih cepat belajar jalan. Dibandingkan dengan anak perempuan yang seusia, anak laki lebih cepat dalam belajar berjalan.

Para ahli membuat sebuah kesimpulan di mana anak laki-laki itu lebih cepat berkembang di dalam hal motorik kasar. Hal ini berkebalikan dengan tumbuh kembang anak perempuan. Anak perempuan lebih cepat dalam perkembangan motorik halus.

Yang dimaksud dengan motorik halus adalah gerakan seperti memegang gelas, memegang pensil, dan lain sebagainya. Maka tidak ayal banyak anak perempuan yang lebih cepat bisa menulis daripada anak laki-laki ketika sudah masuk sekolah, bukan?

Dari sini, apakah ibu tahu apa sebaiknya ibu lakukan untuk memaksimalkan tumbuh kembang sang buah hati?

Tunggu dulu. Ada fakta lain tentang perkembangan balita perempuan. Ternyata, anak perempuan juga lebih sensitif lho. Yang dimaksud dengan sensitif ini adalah sensitif dalam hal pendengaran. Anak perempuan lebih mudah mendengarkan suara seperti nada suara.

Lalu bagaimana mengoptimalkan tumbuh kembangnya yang memiliki potensi dalam pendengaran serta gerakan motorik halusnya?

Memilihkan Permainan yang Tepat

Sekarang ibu sudah tahu perkembangan unik anak perempuan. Sekarang peran ibu yang dibutuhkan, yaitu memilihkan permainan yang bisa mengasah potensi anak perempuan tersebut.

Ada beberapa pilihan. Salah satunya adalah memasukkan si kecil ke kelas les musik. Ibu bisa pilihkan alat musik seperti piano, flute, atau yang lain. Karena perkembangan motorik halus anak perempuan sangat bagus serta pendengarannya juga luar biasa, sangat tepat jika ibu mencoba menggali potensi anak dengan cara memasukkan ke kelas musik.

Opsi yang lain adalah memasukkan ke kelas menggambar. Sebenarnya hal ini bisa ibu kembangkan sendiri di rumah. Sembari menemani si kecil bermain, ibu bisa siapkan alat-alat untuk menggambar atau mewarnai.

Hanya saja, jika potensinya memang ada pada bidang seni rupa seperti menggambar, sebaiknya ibu masukkan saja ke kelas seni rupa. Dengan demikian, para pengajar professional akan menggali lebih dalam lagi bakan menggambar atau melukis yang ia miliki.

Ibu harus tahu orang-orang sukses itu ternyata tidak lepas dari perhatian orang tua ketika ia masih kecil. Lihat saja Valentino Rossi. Ia menjadi pembalap hebat karena dari kecil memang sudah didukung oleh orang tuanya agar menjadi pembalap hebat.

Meskipun demikian, ibu harus hati-hati. Ibu harus ketahui dulu bakat atau potensi apa yang ada di dalam diri si kecil. Setelah ibu tahu potensi tersebut, ibu bisa fokus dan mengasah potensi tersebut. Kelak, anak ibu pasti akan menjadi anak yang hebat.

Orang yang hebat tidak muncul begitu saja. Mereka melalui proses yang panjang. Perhatikan tumbuh kembang anak ibu dan temukan bakatnya. Biarkan bakat tersebut berkembang mulai saat ia masih kecil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *