Perkembangan Balita Kurang Bagus Gara-Gara Kurang Makan Sayur? Ini Solusinya

perkembangan balita
Ibu dan Balita

Perkembangan balita bisa terganggu karena hal yang sepele. Contohnya saja si kecil susah sekali jika diminta untuk mengkonsumsi sayuran. Padahal, di dalam sayuran, banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan seperti serat untuk memperlancar pencernaan, vitamin untuk kesehatan tubuh secara keselurahan, dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana jika si kecil sama sekali tidak mau makan sayur? Jika balita ibu mengalami hal ini, ibu harus segera cari solusi agar hal tersebut tidak berpengaruh buruk terhadap perkembangan balita.

Membuatkan Menu yang Paling Disukai Si Kecil

Mungkin ibu tidak sadar jika ada menu makanan yang paling disukai oleh si kecil. Coba ibu ingat-ingat dulu menu sayuran apa yang membuat ia makan dengan lahap.

Ada balita yang sangat senang sekali dengan menu sayuran dengan kuah. Dalam hal ini, ibu bisa lebih sering memberikan sup yang terdiri dari berbagai jenis sayuran.

Akan lebih baik lagi jika ibu membuatkan sup sayuran yang berwarna-warni. Karena tampilannya yang lucu, diharapkan si kecil lebih lahap ketika mengkonsumsi sayuran.

Ada juga balita yang tidak suka sayuran berkuah. Ada yang lebih suka sayuran yang renyah. Jadi, ibu harus benar-benar memperhatikan menu sayuran seperti apa yang paling disukai si kecil. Yang jelas, ada banyak sekali cara menyajikan menu makanan berupa sayur-sayuran agar ibu bisa memastikan perkembangan anak optimal.

Mengajak Si Kecil untuk Masak Bersama

Membuat si kecil excited merupakan kunci agar si kecil mau mengkonsumsi makanan yang sehat. Ibu bisa mencoba cara yang satu ini, yaitu mengajak si kecil membantu masak di dapur.

Dalam hal ini, ibu bisa membelikan mainan berupa kitchen set di mana balita ibu bisa ikut memasak dengan peralatan yang tidak berbahaya. Biasanya ada cetakan pembuat makanan. Ibu bisa meminta si kecil untuk memotong sayur dengan menggunakan cetakan yang unik.

Cara ini tidak hanya membuat perkembangan balita lebih baik karena sejak dini ibu sudah menerapkan aktivitas yang baik. Cara ini juga bisa menumbuhkan kesenangan si kecil terhadap sayuran.

Makan Pada Waktu yang Tepat

Jika selama ini si kecil susah sekali makan sayuran, ada kemungkinan pada waktu itu si kecil tidak benar-benar dalam keadaan yang lapar. Usahakan ibu menjadwal kapan si kecil harus makan dan benar-benar dalam keadaan lapar. Jangan sampai ibu mengajak si kecil makan pada saat si kecil baru saja selesai makan cemilan seperti biskuit, roti, atau minum susu. Tentu saja si kecil cenderung akan menolak mengkonsumsi sayuran karena ia tidak begitu suka dan tidak begitu merasa lapar.

Dari beberapa cara tersebut di atas, mana yang sekiranya bisa membuat si kecil mau lagi mengkonsumsi sayuran?

Yang pasti, sayuran itu sangat dibutuhkan untuk perkembangan balita. Apapun harus ibu lakukan agar si kecil mau makan sayuran. Jangan sampai ibu membiarkan si kecil semakin lama menolak mengkonsumsi sayuran. Karena hal tersebut bisa membuatnya tidak mau makan sayuran hingga dewasa nanti. Akibat buruk tentu bisa terjadi jika hal ini dibiarkan.

Jika cara tersebut di atas tidak mampu membuat si kecil lahap lagi mengkonsumsi sayuran, ibu bisa cari tahu cara lain lagi. Yang pasti, sayuran merupakan jenis makanan yang sehat dan sangat baik untuk menunjang proses perkembangan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *