Perkembangan Bayi 8 Bulan Yang Harus Diperhatikan Oleh Ibu

Perkembangan Bayi 8 Bulan
www.awalsehat.nestle.co.id

Saat sudah melewati perkembangan bayi pada usia 1 sampai 7 bulan, maka orang tua akan mempunyai tantangan yang lebih besar ketika perkembangan bayi 8 bulan. Pada waktu ini bayi Anda akan memerlukan perhatian yang lebih. Anda sudah tidak dapat meletakkan berbagai benda tanpa melihat tentang keselamatan bayi. Bayi Anda juga mulai tertarik dengan berbagai benda dan ingin melakukan pergerakan lebih banyak. Mengonsumsi makanan yang dapat mencegah bayi cacat lahir ketika masa kehamilan juga aakaan mendukung fisik bayi yang sehat.

Para ibu mungkin sedikit kesulitan jika harus selalu mengawasi bayi yang melakukan pergerakan lebih banyak. Pada usia 8 bulanmaka umumnya bayi memerlukan waktu tidur antara 12 sampai 14 jam dalam sehari. Bayi akan lebih suka tidur pada malam hari dan hanya bangun beberapa kali saat ia ingin meminta susu. Bahkan bila bayi merasa sangat lelah maka mereka dapat tidur nyenyak saat malam hari. Sedangkan untuk pagi hari umumnya bayi hanya akan tidur selama 1 jam atau bahkan kurang dari itu. Bayi akan tetap memerlukan waktu tidur saat siang hari.

Si kecil akan mulai malu atau takut bila bertemu dengan orang yang belum pernah ditemui. Bayi Anda mungkin juga akan suka dengan seseorang yang sudah dekat sehingga saat ditinggal maka ia akan menangis. Pada masa ini bayi Anda mempunyai rasa khawatir yang berlebihan. Biasanya pada masa ini bayi Anda sudah merasa cemas atau takut saat tidak dapat bertemu dengan orang yang sudah ia kenal. Oleh sebab itu, bayi akan sering menangis saat ditinggal ibu saat akan melakukan kegiatan.

Bayi Anda juga sudah menunjukkan tanda-tanda emosi yang lebih dekat, contohnya yaitu saat bayi melihat orang lain tertawa atau menangis. Bayi Anda akan menangis bila melihat bayi yang lain juga menangis. Hal ini juga akan terjadi saat bayi bertemu dengan bayi yang sedang tertawa. Keadaan ini sangat wajar sebab bayi Anda mulai mempunyai perasaan yang lebih kuat.

Pertumbuhan Bayi 8 Bulan Dalam Segi Kemampuan dan Fisik

Bayi Anda sudah mempunyai tangan dan kaki serta otot penopang tubuh yang lebih kuat dari sebelumnya. Pada umumnya pada bulan ini si kecil akan banyak bergerak dengan kaki dan tangan mereka. Kaki yang cukup kuat akan mendorong bayi untuk dapat bergerak secara alami untuk merangkak. Bagian tangan dan bahu bayi sudah mempunyai kekuatan yang baik untuk melakukan pergerakan. Saat bergerak maka bagian tangan bayi akan mencoba meraih benda yang lebih tinggi dan disekitarnya.

Tangan bayi juga akan mencari tempat untuk berpegangan sebab bayi mempunyai rasa penasaran untuk bisa belajar berdiri.  Bayi juga biasanya suka berguling menggunakan otot dada dan perut. Kondisi ini sudah biasa sebab bayi ingin berkembang dengan caranya sendiri. Bayi mudah jatuh pada masa ini walaupun mempunyai otot kaki dan tangan yang kuat untuk digunakan merangkak. Orang tua tidak perlu khawatir dengan perkembangan ini sebab bayi sebenarnya senang untuk belajar yang belum pernah ia lakukan.

Pada kondisi ini bagian gigi bayi juga akan terus mengalami pertumbuhan. Bayi yang akan tumbuh gigi umumnya mengalami masa yang tidak menyenangkan. Peradangan gusi karena gigi yang akan tumbuh dapat menyebabkan bayi demam dan mudah menangis. Disamping itu, bayi akan banyak mengeluarkan air liur sebab rasa tidak nyaman pada mulutnya. Bayi pada usia 8 bulan sudah akan mulai belajar untuk mngatur keseimbangan dalam mempersiapkan fisik ketika berdiri.

Oleh sebab itu, banyak bayi yang mulai mencari tempat atau tiang yang kuat untuk menjadi tempat pegangannya. Bayi akan mencari kursi atau meja sebagai tempat untuk melatih keseimbangan terutama pada bagian punggung dan kaki. Bayi akan mulai menggunakan kaki, tangan dan panggul untuk melakukan pergerakan naik turun sebagai persiapan belajar berdiri. Bayi sama sekali belum dapat terlepas dari pegangan atau benda yang keras sebab bayi hanya perlu untuk berdiri saja. Orang tua sebaiknya tidak harus membantu berdiri sebab bayi baru belajar menanggapi keseimbangan pada tubuhnya.

Kebutuhan Makan Pada Perkembangan Bayi 8 Bulan

Pada masa ini dianggap sebagai saat yang sangat tepat untuk mengenalkan bayi Anda tentang makanan baru. Bayi Anda akan mulai tumbuh gigi sehingga dapat diperkenalkan dengan makanan yang lembut, misalnya saja sereal, bubur, buah yang dihancurkan dan sayuran yang dimasak sampai halus. Bayi Anda sudah dapat mulai mengkonsumsi makanan dan minuman olahan, misalnya saja oat, yogurt, sereal, dan gandum. Semua makanan pendamping ASI itu sebenarnya bukan solusi untuk menggantikan ASI sepenuhnya. Anda harus tetap memberikan ASI untuk menunjang masa pertumbuhan bayi supaya lebih sehat an cerdas.

Bayi Anda juga sudah dapat memegang makanan dengan jari walauipun bayi masih suka menjatuhkan makanannya. Cara ini akan mengajarkan bayi supaya dapat mandiri dan penasaran dengan makanan yang lain.  Anda bisa meletakkan kasur atau tempat yang lembut di lantai sebagao tempat bermain bayi. Bayi akan mulai belajar merangkak dan mempersiapkan untuk berdiri sehingga bisa saja ia jatuh. Kasur atau tempat yang lembut dapat mencegah bayi supaya tidak banyak mempunyai bekas luka.

Bayi sudah mulai tertarik dengan berbagai benda yang kecil dan jari tangan mereka juga sudah dapat mengambil benda tersebut. Anda harus memperhatikan untuk menjauhkan permainan yang kecil atau berbagai benda kecil sebab dapat menyebabkan bayi tersedak saat menelan benda tersebut. Anda bisa meletakkan berbagai jenis benda atau objek yang dapat dijangkau oleh bayi. Anda dapatmenjauhkan beberapa benda, misalnya saja pembersih, produk kosmetik dan benda berbahaya lain supaya tidak diraih oleh bayi. Sebab pada perkembangan bayi 8 bulan ini ia akan lebih aktif dan sangat suka bergerak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *