Perkembangan Janin 4 Bulan Bagaimanakah Bentuk Calon Bayi Anda?

Perkembangan Janin
www.ibudanbalita.com

Perkembangan janin 4 bulan umumnya sudah menunjukkan banyak perubahan pada janin dan juga kondisi sang ibu. Bulan ke 4 berarti kehamilan telah memasuki trimester kedua, hingga berakhirnya bulan ke-6. Pada usia kehamilan 4 bulan ini bentuk janin sudah semakin jelas menyerupai bayi, seperti terlihat pada gambar, meskipun beratnya baru antara 25 gram pada awal bulannya, hingga sekitar 130 gram pada akhir bulan.

Bagian-bagian tubuh yang mendetail sudah mulai terbentuk dengan jelas dan janin sudah mulai melakukan pergerakan kecil. Pada usia kehamilan ini perubahan fisik juga dialami oleh ibu yang mengandungnya. Diantaranya jantung yang harus bekerja lebih keras untuk menyuplai darah pada janin yang mulai tumbuh. Kemudian pada bagian pelvis akan terasa berisi, seperti ada bola lunak didalamnya. Berat tubuh ibu juga mulai meningkat jika sebelumnya belum mengalami peningkatan karena morning sickness.

Perkembangan Janin 4 Bulan Pentingkah Untuk Diketahui?

Pada bulan ke 4, perkembangan janin sudah menunjukkan bentuk menyerupai bayi, meskipun ukuran belum sepenuhnya proporsional, kepala masih sangat besar, kemudian anggota tubuh, kaki dan tangan masih sangat kecil. Telinga dan mata yang sebelumnya tidak terbentuk pada posisinya, sudah berada di posisi yang seharusnya. Mata yang terbentuk semakin baik, tulang juga semakin padat.

Pada usia kehamilan 4 bulan ini janin sudah mulai bergerak, janin mulai bisa menghisap jari, melakukan gerakan seperti menguap, menggeliat, bahkan dapat membuat ekspresi wajah. Aktivitas pergerakan janin pada bulan ke-4 ini sudah mulai bisa terlihat melalui pemeriksaan USG. Memasuki awal trimester kedua ini sang calon bayi masih memiliki panjang 7,5 cm. Berat janin sendiri masih sangat ringan, 25 gram, yang akan tumbuh dengan cepat hingga 110 gram pada bulan ini.

Pada minggu 13 ini jemari tangan dan kakinya sudah mulai terbentuk. Organ dalam sudah mulai menunjukkan bentuknya, yaitu paru-paru, hati, pankreas, usus, dan organ dalam lainnya. Pada bagian mulut, mulai muncul tunas gigi dan pita suara mulai terbentuk. Hal menarik yang terjadi pada minggu ini adalah janin mulai dapat bergerak, mulai sedikit menggerak-gerakkan kakinya, seolah-olah menendang. Perkembangan janin di minggu ke 14 ditandakan dengan telinga yang sudah berada pada posisinya.

Janin memiliki ukuran panjang 9 cm dan berat sekitar 40 gram. Leher janin sudah mulai tumbuh menjadi lebih panjang sehingga dada janin tidak lagi menyatu dengan dagunya. Janin mulai dapat merespon stimulasi, jika perut bagian bawah sang ibu disentuh, janin akan mulai memberi respon, yang mungkin masih sulit untuk dirasakan sang ibu. Jemari tangan dan kaki yang sudah mulai terbentuk pada minggu sebelumnya, kini sudah mulai terbentuk sidik jari.

Yang Terjadi Pada Perkembangan Janin 4 Bulan

Memasuki minggu 15 pada perkembangan janin usia ini, ukuran janin mencapai panjang 10 cm dan berat 70 gram. Rambutnya sedikit demi sedikit mulai tumbuh sehingga janin tidak botak lagi. Bulu-bulu dibagian lain pun juga mulai tumbuh seperti bulu mata ataupun alis. Tangan dan kaki mulai bertambah panjang, dan semuanya mulai dapat digerak-gerakkan, janin dapat menghisap jarinya.

Pada minggu ini alat kelamin mulai terbentuk, tapi untuk dapat mengetahui apa kelamin bayi Anda, mungkin masih harus bersabar menunggu lebih lama karena belum terlihat jelas. Perkembangan janin 16 minggu akan menunjukkan pertumbuhan yang semakin cepat dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya. Panjang janin sudah mencapai 11.5 cm, sedangkan berat sudah lebih dari 100 gram. Gerakan dari janin pun akan mulai menjad lebih kuat, apalagi jika Anda mengusap perut Anda.

Seluruh permukaan tubuh janin mulai ditumbuhi oleh lanugo atau rambut-rambut halus. Plasenta yang menjadi jalur makanan yang menyalurkan makanan dari ibu ke janin pun sudah terbentuk secara sempurna dan fungsinya pun sudah sempurna. Perkembangan janin usia ini juga membuat ibu yang mengandung mengalami beberapa perubahan, terutama perubahan fisik pada bagian perut. Selain itu, perubahan fisik juga terjadi pada beberapa organ tubuh lainnya seperti perubahan warna pada puting yang mulai lebih gelap.

Pada usia kehamilan 4 bulan ini ibu hamil juga terjadi peningkatan volume darah untuk mendukung perkembangan janin. Oleh karena itu berarti jantung akan lebih bekerja keras untuk memenuhi asupan darah ke seluruh tubuh. Hal ini mungkin akan membuat hidung berdarah atau mimisan, dan pembuluh darah akan semakin terlihat jelas pada kaki. Nah, mungkin ibu hamil juga bisa merasakan sesak napas seperti gejala pada saat kehamilan di minggu-minggu awal.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut adalah gejala yang wajar, karena kapasitas paru-paru ibu hamil 4 bulan akan berkurang.  Hal ini membuat ibu juga akan lebih mudah lelah saat melakukan aktivitas. Maka dari itu lebih banyaklah beristirahat dan jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat. Adapun beberapa pertanda yang dialami oleh ibu hamil saat perkembangan janin usia ini diantaranya adalah rasa panas dan seperti terbakar yang diarasakan pada bagian jantung, terkadang merasa pusing dan muntah.

Anda akan mudah merasa lelah dan sulit bernapas saat beraktivitas. Nah, selain itu untuk menjaga kondisi kesehatan Anda sendiri dan juga janin yang ada di dalam kandungan Anda, ada beberapa asupan nutrisi penting yang Anda butuhkan. Untuk selalu menjaga perkembangan janin 4 bulan dan kondisi Anda sampai nanti menuju ke fase lahiran, ada beberapa jenis makanan yang memang disarankan untuk dikonsumsi para ibu hamil. Karena pencernaan semakin berat dan butuh banyak nutrisi, ibu hamil hendaknya makan makanan yang bergizi tinggi saja.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *