Perkembangan Janin Sering Menyebabkan Hemoroid. Ini yang Harus Ibu Lakukan

perkembangan janin
Ibu dan Balita

Selalu ada saja yang terjadi saat janin berkembang. Ibu akan merasakan keluhan kesehatan yang berganti-ganti.

Salah satunya adalah hemoroid. Meskipun keluhan ini tidak berbahaya, tapi ibu tidak boleh menganggap sepele. Karena hemoroid bisa membuat ibu tidak nyaman sehingga akan mengganggu aktivitas ibu setiap hari.

Apa itu Hemoroid?

Hemoroid itu bahasa medis saja. Orang awam sering menyebutnya wasir. Sebenarnya keluhan ini tidak hanya dialami oleh ibu hamil saja. Orang yang kurang minum air pun bisa menderita penyakit ini.

Hanya saja, di dalam tubuh ibu hamil, produksi hormon meningkat sehingga resiko terkena wasir itu sangat tinggi, khususnya saat kehamilan trimester kedua atau ketiga.

Dari kaca medis, belum diketahui apa sebenarnya penyebab dari hemoroid ini. Hanya saja, terkadang orang yang kurang mengkonsumsi air putih akan terkena penyakit ini. Hal ini disebabkan homoroid sering dikaitkan dengan konstipasi yang salah satu penyebabnya adalah kurangnya mineral di dalam tubuh.

Gejala Hemoroid pada Ibu Hamil

Ibu bisa mengantisipasi agar hemoroid ini tidak semakin memburuk jika ibu tahu gejala awal penyakit yang satu ini. Biasanya, penyakit ini diawali dengan tanda berupa darah yang keluar dari dubur pada saat buang air besar. Warna darahnya merah terang. Pada saat ada gejala tersebut, ibu harus lebih banyak minum air putih.

Gejala lainnya adalah munculnya benjolan di luar anus. Jika gejala ini sudah muncul, sebaiknya ibu segera konsultasi dengan dokter kandungan. Ibu bisa meminta obat yang bisa mengatasi hemoroid ini. Tentunya obat tersebut tidak boleh mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan.

Meskipun hemoroid ini bukan penyakit yang serius, ibu tidak bisa menyepelekannya. Pasalnya, hemoroid ini sering menimbulkan rasa gatal pada bagian anus. Jika ini terjadi, ibu bisa bayangkan pekerjaan ibu sehari-hari sedikit banyak akan terganggu, bukan?

Cara Mencegah Hemoroid

Para ahli medis memang sudah menjelaskan bawasannya saat janin berkembang, hal tersebut akan berpengaruh pada munculnya resiko ibu hamil terkena hemoroid. Hanya saja, bukan berarti faktor resiko tersebut tidak bisa diminimalisir.

Caranya cukup mudah. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hemoroid terkait dengan konstipasi di mana salah satu penyebabnya adalah kurangnya asupan mineral di dalam tubuh. Jadi, untuk mengantisipasi hal ini, ibu perlu banyak minum air putih karena pada dasarnya air putih juga sangat penting untuk perkembangan bayi di dalam kandungan.

Selain minum air putih yang banyak, ibu juga harus lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Ada banyak sekali sumber serat yang bisa ibu pilih seperti beras merah, biji-bijian, sayuran hijau, dan juga kacang-kacangan.

Menerapkan pola hidup yang sehat juga salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi hemoroid seperti rajin olahraga setiap hari. Karena ibu sedang hamil, ibu perlu memilih olahraga yang ringan saja seperti jalan sehat atau senam ibu hamil.

Hindari menunda buang air besar. Karena karena sering menunda buang air besar juga bisa menimbulkan hemoroid.

Itulah beberapa hal yang bisa ibu ketahui seputar keluhan kesehatan berupa hemoroid dan kaitannya dengan perkembangan bayi di dalam kandungan. Semoga informasi ini bisa membuat ibu tenang ketika mengalami keluhan yang satu ini. Akan lebih baik jika ibu melakukan pencegahan dengan beberapa cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *