Perkembangan Janin Yang Paling Menggembirakan Untuk Ibu

perkembangan janin
Ibu dan Balita

Bagi ibu, perkembangan janin yang cepat dan sehat adalah kebahagiaan yang tidak bisa ditebus dengan apapun. Bahkan ibu rela melakukan apapun agar janin yang dikandungnya tetap terjaga kesehatannya.

Salah satu contohnya adalah rajin mengkonsumsi makanan sehat dua kali dari biasanya. Walaupun sejatinya dapat mempengaruhi bentuk tubuh si ibu tadi.

Sebagai ibu yang baik, kesehatan buah hati harusnya diprioritaskan. Caranya adalah dengan memberikan asupan yang bermanfaat, dan rajin untuk memeriksakannya.

Dalam artian, si ibu perlu tahu lebih banyak mengenai pertumbuhan janin yang dikandungnya. Hal ini bertujuan untuk memastikan asupan yang diserapnya tidak kurang.

Anda bisa bayangkan sendiri, Anda sudah rajin mengkonsumsi makanan sehat, namun janin tidak berkembang secara pesat. Dari sini, Anda tentunya perlu memikirkan beberapa hal, misalnya memikirkan apa yang kurang.

Di situlah letak permasalahan mengapa Anda disarankan untuk memeriksa perkembangannya di tiap minggunya. Mengapa harus di tiap minggunya?

Karena janin yang sehat akan selalu tumbuh dan berkembang di masa-masa itu. Artinya, jika Anda memeriksanya di tiap bulan, nampak akan ada yang terlewat sehingga bisa jadi kurang pas.

Perkembangan Janin Paling Aman

Tumbuh kembang bayi di dalam kandungan mengikuti beberapa fase, maksudnya berproses dari waktu ke waktu. Dan setiap waktunya, bayi dalam kandungan memasuki masa yang belum aman dan masa yang aman.

Masa yang masih riskan adalah masa dimana ibu mengandung di usia pertama sampai 4 bulan kedepan. Artinya, ibu hamil perlu menjaga kesehatannya supaya janin bisa tumbuh secara sempurna.

Pada masa-masa itu, ibu juga sebaiknya melepaskan aktifitas beratnya. Misalnya mengurangi waktu bekerja, dan lebih mengedepankan istirahat yang cukup. Tujuannya tentu saja agar janin yang masih lemah tidak terganggu, apalagi sampai mengalami keguguran.

Jika sudah melewati masa tersebut, yakni di kisaran 4 bulan ke atas, tumbuh kembang janin akan jauh lebih baik. Yakni, ibu hamil sudah bisa merasa lebih aman karena janin lebih kuat dan lebih sempurna dari sebelumnya.

Kesempurnaan Janin Usia Di Atas 4 Bulan

Seperti yang dikatakan sebelumnya, masa paling aman bagi ibu hamil adalah ketika sudah memasuki usia 4 bulanan lebih.

Masa ini menandai adanya kehidupan yang sudah bisa dirasakan oleh si ibu. Misalnya, sudah muncul gerakan seperti menendang yang membuat ibu bahagia.

Selain itu, kesempurnaan organ dari janin sudah mulai tampak. Hal ini bisa dibuktikan dengan pemeriksaan seperti USG.

Normalnya, pertumbuhan janin kandungan di usia tersebut sudahlah matang. Seperti beratnya sudah bisa mencapai 300 gram, dan panjangnya kira-kira 20 cm.

Selain dari berat dan panjangnya, tumbuh kembang bayi usia 4 bulanan ke atas juga sangat menjanjikan. Artinya, organ seperti mata sudah mampu melihat, bahkan berkedip ketika terpapar cahaya.

Dan organ seperti telinga juga sudah bisa mendengar. Oleh karenanya, ibu hamil disarankan untuk berkomunikasi dengan buah hati.

Malahan banyak dari ibu yang memutarkan lagu klasik pada usia tersebut. Tujuannya adalah untuk memberikan efek tenang, dan bertujuan untuk merangsang kecerdasan anak.

Pada fase seperti ini, sudah semestinya ibu harusnya menyadari jika akan ada perubahan besar dalam hidupnya. Contohnya adalah memperbanyak porsi makanan yang lebih sehat.

Selain itu, perubahan besar yang akan tampak tentunya adalah perubahan fisik si ibu. Oleh karenanya, ibu tidak perlu khawatir jika mengalami perubahan tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai perkembangan janin yang mana memberikan kelegaan tersendiri bagi si ibu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *