Perlengkapan Bayi Wajib Dibeli Sebelum Bersalin

info kesehatan ibu hamil
Source: The Nest

Perlengkapan bayi umumnya dibeli sebelum bersalin. Namun, kerap kali orang tua justru salah kaprah mengenai apa yang harus dibeli. Terlepas dari barang yang berhubungan dengan higenis, seperti sabun, sampo, dan tisu basah, sebetulnya hanya ada beberapa keperluan bayi lain yang diperlukan. Pastikan daftar belanja ayah bunda tidak terlalu banyak dengan tips belanja keperluan bayi di bawah ini:

  1. Tas perlengakapan bayi
    Ibarat perang, merawat bayi yang baru lahir akan butuhkan setumpuk ‘alat perang’. Rasanya rempong sangat bila modal menjaga senyum buah hati sepanjang hari hanya bermodal bunda saja. Sekilas memang, kegiatan bayi hanya berputar pada tidur, buang kotoran, dan makan. Tapi, kalau ayah atau bunda tahu betapa diaper ketinggalan saja sudah cukup buat panik, maka pasti mengerti kenapa semua peralatan harus selalu tersedia.

    Lupa itu bisa serang siapa saja. Bahkan mereka yang masih berusia dua puluh sekalipun bisa tak ingat untuk membawa sesuatu. Apalagi dengan kondisi tertekan seperti bayi rewel, telefon dari seberang atau pengingat untuk segera berangkat, bunda atau ayah bisa saja tak mengkemas keperluan pergi dengan bayi secara lengkap. Karenanya, menyediakan tas khusus perlengkapan bayi akan sangat bantu pastikan tidak ada yang ketinggalan

  2. Bantal menyusui
    Semua orang tahu bayi akan minum air susu, entah dalam bentuk air susu ibu atau susu formula. Kebanyakan, posisi yang dipakai si kecil adalah tiduran, atau minimal minta dipangku oleh bunda. Mari diakui saja bahwa memang posisi tersebut cukup pewe untuk minum dimana saja dan kapan saja.

    Perempuan memang dianugrahi kemampuan super seperti multi tasking dan ingatan yang kuat. Namun, persoalan otot, memang perempuan tidak sekuat laki-laki, meski stamina tergolong oke. Bayangkan saja, menggendong bayi seharian sambil menyusui bukan tugas mudah. Punggung pegal dan payudara kurang nyaman sangat mungkin terjadi.

    Inilah kenapa alat bantu seperti bantal menyusui akan sangat meringankan beban bunda. Bahkan beberapa produsen bantal sengaja merancang produk yang memang khusus memberi rasa nyaman pada bayi, dan di saat bersamaan membuat bunda tidak merasa capek berlebihan. Jangan lupa pastikan bahan bantal tidak akan timbulkan alergi baik bagi bunda maupun bayi.

  3. Pompa payudara
    Ada kalanya payudara bunda tidak kira-kira saat produksi susu. Fenomena bunda kelebihan susu hingga ‘tumpah’ banyak dijumpai di masyarakat. Ironis memang, mengingat sebagian besar kelebihan seharusnya sangat berguna untuk persediaan bayi mendatang.

    Pompa payudara diciptakan sebagai solusi tepat nan cepat dalam atasi masalah susu berlebih. Namun, tentunya dengan alat yang memang pas untuk payudara bunda. Tak apalah merogoh kocek sedikit lebih dalam selama kualitasnya sebanding dengan label harga. Ingat, pompa yang keliru bisa sebabkan payudara kendor, lho.

    Bagi yang belum pernah mendengar apa yang dimadsud dengan pompa payudara, konsepnya cukup mudah. Setiap kali air susu ibu ‘tumpah’ keluar, pompa payudara datang menyelamatkan bunda. Serupa dengan namanya, pompa payudara mengeluarkan air susu berlebih untuk dipindah dalam botol atau wadah semacamnya. Intinya, susu bunda tidak akan tumpah sia-sia, dan tak membuat masalah dengan pakaian.

  4. Wadah air susu ibu
    Bicara mengenai pompa payudara tentu tidak lepas dari wadah air susu ibu. Ya, keberadaan pompa hanyalah mengeluarkan air susu berlebih, tapi tidak menjamin dimana air akan disimpan. Padahal, wadah yang tidak rapat bisa buat air susu ibu cepat basi dan kurang enak. Sehingga, tak ada bedanya memakai pompa dengan yang tidak.

    Wadah rapat menjaga udara pembawa kuman untuk masuk. Sehingga, susu tersimpan rapih dan jarang sekali basi. Tidak lagi khawatir kapan bayi butuh minum air susu ibu meski cadangan sedang kosong melompong. Cukup ambil saja wadah yang dibutuhkan bunda, dan berikan air susu ibu praktis nan cepat.

  5. Diaper
    Semua orang tahu bayi belum secanggih orang dewasa yang tahu harus ke kamar mandi kala ada panggilan alam. Bayi bisa seenak jidat buang air kecil sembarangan alias ngompol kapan saja dimana saja dirinya mau. Tentu bisa berabe kalau orang tua sedang berjalan bersama si kecil dan musti menghadapi pembuangan kotoran bayi.

    Diaper diciptakan untuk mencegah dilema bayi ngompol atau buang kotoran sembarangan. Beragam desain, bahan, dan harga ditawarkan untuk memastikan bayi punya alternatif pilihan nyaman dalam aktivitas sehari-hari. Nah, berhubung orang tua butuh pertimbangan masak sebelum membeli tidak ada salahnya memberi jeda waktu yang banyak.

    Jangan membeli hanya satu merek diaper. Tidak ada yang tahu kapasitas kulit si kecil ketika dirinya belum lahir. Akan lebih mudah menyediakan beragam diaper dibanding harus rempong membeli diaper merek lain ketika terjadi cekcok antar kulit bayi dengan produk yang tersedia.

  6. Baju hangat
    Bayi masih sangat lemah dan tidak mampu menahan suhu terlalu rendah. Padahal, walau di Indonesia, tidak menutup kemungkinan si kecil terekspos pendingin ruangan dan semacamnya. Menyediakan baju hangat sebetulnya jauh lebih penting dari yang dikira. Karena, bayi di usia muda, ujungnya hanya menangis tanpa mampu beritahu dirinya kedinginan.

    Flu dan demam sangat mungkin menjangkit bayi. Apa jadinya kalau orang tua lupa tidak ada baju hangat di saat kritis. Jangan remehkan barang yang sepertinya tidak penting walau sebetulnya sangat diperlukan kelak. Masukkan baju hangat dalam daftar perlengkapan bayi yang harus dimiliki.(HN)

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *