Perlukah Konsultasi Kehamilan Dilakukan Setiap Waktu?

konsultasi usia kehamilan
kompasiana.com

Beberapa calon ibu kurang menyadari pentingnya konsultasi kepada dokter kandungan atau juga bidan sebelum kehamilan, padahal pengaruhnya cukup besar dalam menunjang kehamilan. Dengan melakukan konsultasi kehamilan  kepada dokter sebelum masa kehamilan akan membantu dalam mengidentifikasi resiko untuk  janin dan calon ibu hamil. Disamping itu juga bisa untuk mempersiapkan fisik dan mental sebelum kehamilan terjadi. Konsultasi sebelum kehamilan bisa dilakukan minimal satu bulan sebelum pernikahan, konsultasi sebelum kehamilan juga bisa  dilakukan untuk anda yang merencanakan kehamilan kedua.

Pertama kali yang bisa Anda lakukan dalam pemeriksaan sebelum kehamilan yaitu pemeriksaan riwayat kesehatan reproduksi. Beberapa diantaranya yaitu siklus datang bulan dan riwayat penyakit reproduksi atau masalah dengan infeksi reproduksi. Sedangkan untuk Anda yang akan merencanakan kehamilan kedua, pertanyaan dokter kandungan atau bidan tentang kesehatan pada kehamilan pertama, alat-alat kontrasepsi yang digunakan sebelumnya dan juga jika mengalami keguguran.

Dokter atau bidan akan menanyakan penyakit yang Anda derita sebelum mengalami kehamilan. Hal ini bisa membantu dokter untuk mengidentifikasi masalah kesehatan yang akan mengacu pada kesehatan ibu dan janin. Pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan dengan cek darah dan urin oleh ahli medis, anda juga bisa membantu dokter untuk menemukan hubungan kesehatan sebelum hamil dengan menceritakan riwayat kesehatan pasangan atau keluarga besar anda terutama yang mempunyai darah turunan seperti ibu dan ayah. Jangan sungkan untuk menceritakan jika keluarga mempunyai cacat bawaan sehingga bisa diantisipasi.

Konsultasi Kehamilan Tentang Obat-obatan Yang Boleh Dikonsumsi

Saat Anda akan merencanakan kehamilan sebaiknya konsultasikan juga obat-obatan yang sedang Anda konsumsi, apakah akan mengganggu kesehatan anda serta janin. Dengan memastikan obat-obatan yang Anda konsumsi aman dan tidak berpengaruh pada kehamilan maka obat bisa  dilanjutkan sedangkan jika  mengalami dosis yang berpengaruh pada kehamilan kemungkinan akan diberikan rekomendasi dengan obat yang mempunyai manfaat sama.

Dengan melakukan konsultasi dengan dokter kandungan tentu akan membantu anda dalam memberikan rekomendasi untuk menciptkaan dukungan dari lingkungan rumah dan tempat kerja, salah satunya dengan menjauhkan hal-hal yang membahayakan anda yang merencanakan kehamilan. Apalagi jika terkena kotoran hewan maka resiko akan meningkat dua kali lipat pada anda yang sedang merencanakan kehamilan.Dokter tentu akan memberikan saran kesehatan yang baik, untuk kehamilan anda dalam menentukan berat badan yang ideal sebab akan berpengaruh pada kesehatan anda selama kehamilan dan beresiko pada pertumbuhan janin dalam kandungan.

Dokter akan menanyakan tentang  gaya hidup sehari hari, hal ini disebabkan karena gaya hidup berpengaruh pada kesehatan anda. Salah satu diantaranya yaitu  gaya hidup yang berhubungan dengan pola tidur, pola makan, kebiasaan buruk seperti merokok atau kebiasaan olahraga. Disamping  itu asupan gizi sangat diperhitungkan dalam memasuki kehamilan. Nutrisi yang tidak tercukupi ketika anda sedang hamil dapat anda lakukan dengan mengkonsumsi vitamin-vitamin tambahan yang bisa  dikonsumsi sesuai dengan dosis dokter.

Dengan begitu bahwa konsultasi sebelum anda memutuskan untuk hamil memang dibutuhkan, tujuannya untuk mempersiapkan kesehatan anda dan janin memasuki usia kehamilan. Jangan sungkan untuk menceritakan kelainan atau cacat bawaan yang terjadi pada keluarga sehingga mengidentifikasi sejak awal kemungkinan kelainan yang terjadi. Konsultasi saat hamil sangat disarankan untuk dilakukan. Sebab, dengan cara inilah seorang ibu hamil dapat melakukan antisipasi barangkali ada resiko yang berakibat buruk terhadap kesehatan ibu dan juga perkembangan janin di dalam kandungan.

Banyak menganggap konsultasi saat masa kehamilan itu dilakukan saat terjadi keluhan saja. Ada juga yang beranggapan bahwa tidak harus melakukan konsultasi ibu hamil bila  masa kehamilan masih muda. Anggapan tersebut sepenuhnya sangat  salah, sebab konsultasi k itu sebaiknya dilakukan secara rutin mulai waktu awal kehamilan sampai  nanti memasuki masa persalinan. Hal ini disebabkan karena masalah yang berkaitan dengan perkembangan janin itu sangat banyak. Dengan melakukan konsultasi ibu hamil, ibu dapat  mengetahui bukan hanya perkembangan janin di dalam kandungan namun juga mengetahui hal-hal yang berpotensi buruk terhadap kesehatan janin.

Konsultasi Kehamilan Mengenai Usia Kehamilan

Untuk  ibu yang belum pernah hamil sebelumnya, tentu saja  ibu akan canggung dan serba bingung mengenai apa yang harus ibu lakukan. Oleh karena itu, hal pertama yang perlu ibu tanyakan yaitu berapa usia kehamilan. Apabila ibu konsultasi dengan dokter kandungan, maka akan ada pemeriksaan USG di mana dokter akan memastikan apakah memang benar-benar ada janin di dalam rahim serta berapa usia janin yang sedang ibu kandung ketika konsultasi dilakukan.

Mengetahui usia kehamilan menjadi sangat penting sebab hal  itulah yang menjadi dasar apa yang seharusnya ibu lakukan. Perludipahami juga bahwa masa kehamilan itu menentukan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan bagi ibu hamil. Itulah mengapa, pertanyaan yang perlu ibu tanyakan saat pertama kali melakukan konsultasi pada dokter yaitu  berapa usia kehamilan ibu.

Sekarang ini, seorang yang sedang hamil muda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan atau tes HIV AIDS. Hal ini dibutuhkan untuk memastikan ibu tidak terserang virus AIDS yang dapat menurun ke bayi. Dengan melakukan pemeriksaan tersebut, penyebaran virus HIV AIDS dapat dicegah. Disamping itu ketika konsultasi kehamilan, ibu juga harus  menanyakan pemeriksaan apalagi yang harus  ibu lakukan. Dokter akan memberikan rekomendasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan ibu.  Pada umumya, bila  ada riwayat keguguran maka dokter akan melakukan pemeriksaan khusus supaya penyebab keguguran sebelumnya dapat diantisipasi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *