Permainan Untuk Balita Guna Menunjang Kecerdasan Si Kecil

permainan untuk balita
www.friso.co.id

Permainan untuk balita memang sangat banyak macamnya. Dunia balita adalah masa dimana anak-anak berusai 2-5 tahun yang asik untuk bermain sambil belajar. Seiring dengan bertambahnya usia anak, maka rasa penasaran dan keingintahuannya akan semakin bertambah pula. Untuk itu, anak-anak akan mulai belajar mengenal dan mengeskplor lingkungan sekitarnya lewat bermain. Meski di usia balita anak belum mengetahui hal-hal yang berarti untuk kehidupannya.

Hanya saja sebagai orangtua kita tentu perlu memberikan permainan yang tidak hanya membuat anak terhibur, namun juga sebuah permainan yang dapat membuat anak selalu aktif sehingga tubuhnya tetap sehat, sekaligus poin yang terpenting adalah permainan yang dapat mendidik anak dan membuatnya menjadi cerdas. Ada berbagai macam permainan kreatif yang bisa dilakukan bersama dengan anak-anak baik didalam rumah maupun diluar rumah. Bermain bersama anak akan memberikan dampak yang baik untuk perkembangan mental anak.

Selain itu juga bisa melatih kecerdasan emosional anak sebab dapat mempererat ikatan kasih sayang antara orang tua dengan anaknya. Hanya saja ada beberapa hal yang sebaiknya perlu kita perhatikan dalam bermain dengan anak, teruma anak balita diantaranya perhatikan jenis permaianan anak agar sesuai dengan usianya, perhatikan keamanan permainan yang anda lakukan bersama dengan anak, sesuaikan ukuran permainan yang anda berikan pada anak, perhatikan kebersihan dari peralatan permainan yang anda gunakan dan lain sebagainya.

Beberapa Macam Permainan Untuk Balita Yang Mengasyikkan

Untuk kali ini kami akan menjelaskan tentang beberapa jenis permainan yang baik bersama dengan balita;

– Bermain Puzzle

Para orangtua sebenarnya tidak perlu seringkali membelikan puzzle terlalu mahal untuk anak. Hanya saja terkadang anak-anak mudah bosan diberikan puzzle yang sama berulangkali. Sebenarnya, puzzle buatan sendiri yang sederhana pun bisa menyenangkan untuk anak, apalagi jika anak terlibat dalam pembuatan puzzle tersebut. Untuk membuat puzzle sederhana orangtua bisa membuatnya dari gambar yang digunting dari majalah atau internet dengan gambar yang beragam kemudian ditempel di kertas karton. Anda bisa menggunting kertas karton tersebut menjadi beberapa bagian besar dan ajarkan anak untuk menyatukan puzzle-puzzle sederhana seperti demikian. Hal ini akan menguji kecerdasan anak dalam menyatukan bagian-bagian hilang agar menjadi satu komponen.

– Menebak Benda Dalam Kantong

Untuk melakukan permainan ini anda akan membutuhkan beberapa hal seperti kantong yang tidak tembus pandang dan benda-benda atau mainan anak-anak seperti mobil-mobilan, motor-motoran, gantungan kunci, penggaris, pensil dan sebagainya dimana benda-benda ini nantinya akan dimasukan pada kantong tersebut. Cara bermainnya anda bisa mengacak kantong-kantong tersebut dan meminta anak untuk menutup matanya, kemudian menebak apa yang ada dalam kantong tersebut dengan menginzinkan anak untuk meraba dan memegang benda tersebut kemudian menebaknya. Permainan ini akan dapat merangsang motorik halus anak melalui kegiatan meraba benda dan melatih indera penciuman anak.

– Menggambar dan Mewarnai

Alat yang dibutuhkan untuk permaianan ini hanyalah buku gambar, pensil dan pensil warna. Selanjutnya anda bisa meminta anak untuk menggambar dan mewarnai sebuah objek pada si anak dan biarkan mereka bereksplorasi dengan apa yang mereka lihat. Walaupun gambar yang dibuat anak tidak akan digambar terlau bagus, namun hal yang terpenting adalah usaha anak untuk mencoba. Berikan pujian setelah anak mencoba menggambar hasil karyanya dan buatlah pajangan gambar yang ia buat dikamarnya dengan demikian anak akan merasa dihargai dan bersemangat melakukan hal tersebut.

Permainan Untuk Balita Yang Menyenangkan

Jika Anda sering merasa anak masih terlalu muda untuk dimasukkan ke prasekolah Atau justru Anda merasa pelajaran di TK kurang dapat mengembangkan kecerdasannya. Jangan khawatir, Anda bisa turun tangan mengatasi ini semua. Para ahli mengatakan, bermain bersama anak adalah cara terbaik untuk membantunya belajar. Flashcard dan aneka kertas tugas akan membuat anak usia ini cepat bosan. Itu sebabnya mengapa permainan berikut, yang dirancang sesuai dengan keterampilan anak TK, pas dilakukan. Selain menjalin kelekatan, belajar pun dilakukan secara gembira Anda harus mencobanya di rumah.

Bantu anak membuat aneka ikan dari kertas karton berwarna-warni, dan beri angka pada setiap ikan. Lalu, rekatkan magnetic strip pada masing-masing ikan. Buatlah kail dengan cara mengikatkan tali dengan ranting pohon dan tempelkan magnet kecil pada bagian ujung kail. Sebarkan ikan di atas lantai, sebutkan angka tertentu, dan biarkan anak memancing secara bergiliran.

Beri nomor mobil matchbox anak dengan marker yang bisa dihapus. Bangunlah track balap sederhana menggunakan balok kayu dan selembar karton tebal, lalu berpura-puralah menjadi komentator balapan mobil setelah Anda melepaskan mobil menuruni track balap. Ia akan mengenali angka-angka dasar dengan cara menyebutkan nomor mobil yang menang balapan. Buatlah track balap dengan ketinggian yang berbeda-beda, sehingga anak bisa mengetahui pada ketinggian berapa mobil akan meluncur lebih cepat. Untuk anak yang lebih besar, katakan padanya bahwa peraturan balapan mobil adalah mobil yang menang harus memiliki angka yang lebih besar di track tertentu. Jangan lupa memintanya mencatat nomor mobil yang menang, cara lain untuk membuat anak mengenal berbagai angka. Melalui balapan mobil ini, anak akan belajar banyak hal, mulai dari mengenal angka hingga konsep ketinggian.

Semakin banyak anak bermain papan permainan untuk balita, semakin baik nilai matematika mereka nantinya. Namun, ini bukan berarti ia harus bermain ular tangga terus menerus. Sebaliknya, ciptakan permainan sendiri bersama-sama. Ambil selembar kertas karton tebal dan gambarlah garis yang berliuk-liuk di sekeliling kertas. Bantu anak menggunting berbagai kotak dari kertas warna, lalu tempelkan kotak-kotak tersebut secara berselang-seling untuk menutupi garis yang berliuk-liuk tadi.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *