Permainan Untuk Balita Yang Tepat Untuk Melatih Kemampuan Motoriknya

manfaat bermain bagi anak
Source: http://www.theglobeandmail.com

Permainan untuk balita akan berubah seiring bertambahnya usia. Untuk balita sendiri, permainan yang cocok adalah permainan yang mengedepankan kemampuan fisik agar kemampuan motorik anak terus meningkat.

Kemampuan anak memang akan terus meningkat, salah satunya adalah distimulasi dengan sejumlah permainan.

Kemampuan balita usia 2-5 tahun itu meliputi kemampuan motorik, kemampuan bahasa dan lain sebagainya.

Dari kesekian kemampuan, balita di usia tersebut sebaiknya lebih banyak memilih sebuah aktifitas yang mengedepankan kemampuan fisiknya.

Mengenai aktifitas anak, permainan tentu pilihan terbaik. Karena memang dunia anak masih seputar bermain.

Dalam permainan, anak bisa belajar sesuatu, bahkan bisa mengembangkan sejumlah kemampuan dasar yang dimilikinya. Yang paling utama adalah mengembangkan kemampuan motoriknya.

Nah, ada beberapa permainan balita usia 2 tahun ke atas yang bisa Anda berikan untuk melatih motorik anak. Mau tahu?

Permainan Mengisi, Menuang Dan Mencetak

Permainan ini sangat sederhana, Anda hanya perlu mengajak anak untuk melakukan tiga hal tadi. Yaitu mengisi, menuang sekaligus mencetak.

Permainan ini bisa dilakukan di rumah, atau di pantai. Media yang digunakan adalah pasir yang mana bisa digunakan untuk ketiga hal tersebut.

Anda bisa mengajak anak bermain seperti ini beberapa kali seminggu. Tentunya Anda butuh alat-alat semisal corong, wadah untuk tempat meletakkan pasir, serta ember.

Aturan mainnya cukuplah sederhana. Biarkan balita mengisi ember dengan pasir yang sudah disediakan.

Biarkan anak menumpahkan pasir yang ada dalam ember, kemudian biarkan anak berimajinasi mau dicetak seperti apa pasir tersebut.

Anda hanya perlu menemaninya, bahkan bisa mengajari caranya membentuk suatu benda dengan pasir tadi.

Bermain pasir seperti ini memiliki kelebihan pada merangsang motorik halus anak. Karena memang anak akan terlatih tangannya misalnya lebih luwes dan kuat.

Sementara kekuranganya tentu saja agak kotor. Oleh karenanya, Anda perlu memperhatikan betul kebersihan pasir, sampai keamanan pasir dari benda-benda yang membahayakan balita.

Permainan Menyusun Dan Menyortir

Permainan ini tentu memerlukan benda-benda cukup banyak. Tentunya dengan bentuk yang berbeda-beda. Permainan ini bisa dicontohkan dari bentuk-bentuk balok.

Namun tenang saja, Anda bisa membelinya di toko permainan. Ga perlu berukuran super besar, yang penting adalah bisa dimanfaatkan.

Aturan permainannya sangat mudah, yakni balita diminta untuk memilah benda-benda sesuai dengan bentuknya. Baru setelah itu, anak diminta untuk menyusunnya.

Sebelum melakukan perintah tersebut, Anda tentu perlu memberi tahu mana benda yang bentuknya misalnya segitiga, mana yang berbentuk balok.

Kalau anak sudah memahami bentuk-bentuk benda yang ada dalam permainan. Anak sudah bisa memainkan permainan melatih kemampuan motorik.

Agar anak tahu apa yang sebaiknya dilakukan, maka Anda sebaiknya memberikan panduan. Misalnya ketika ingin menyusun balok sampai beberapa susun.

Permainan susun dan sortir balok ini bisa dilakukan kapanpun. Manfaatnya sangat besar, yakni mengasah kepekaan sekaligus melatih motorik halus anak. Dengan kata lain, banyak keuntungan yang didapatkan dari permainan sederhana ini.

Permainan Melempar Sasaran

Permainan tradisional yang satu ini juga sangat mudah dilakukan. Malahan, benda yang dibutuhkan sangat mudah ditemukan.

Menariknya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkannya sehingga cukup bersahabat.

Permainan balita ini juga bisa dilakukan beberapa anak. Tinggal ajak anak Anda bermain dengan teman sebayanya.

Mengenai aturan mainnya, anak hanya perlu mendirikan sebuah benda. Kemudian meminta anak untuk menjauh dari benda, baru melempar benda agar mengenai benda yang didirikan tadi.

Benda yang bisa digunakan bisa berupa botol. Botol bisa lebih banyak, disusun rapi. Kemudian anak-anak bisa melempar dari jarak sekitar 1-2 meteran dengan benda seperti bola.

Aktifitas bermain lempar sasaran ini juga menguatkan sistem motorik, terutama menguatkan kekuatan pada tangan dan meluweskan pergelangan tangan.

Permainan Dengan Bola

Permainan yang paling menyenangkan diantara permainan lainnya adalah bermain dengan bola. Entah itu lempar tangkap bola atau menendang bola.

Permainan seperti ini bisa melatih kemampuan motorik kasar anak. Oleh karenanya, tidak berlebihan jika permainan ini membuat anak terlihat lebih kuat fisiknya.

Ada dua jenis permainan yang bisa dimainkan oleh anak, tentunya permainan yang berhubungan dengan bola.

  • Lempar dan tangkap bola

Permaianan melempar dan menangkap bola menjadi permainan andalan di kala anak usia 2-5 tahunan.

Permainan ini sangat mengasikkan. Aturannya juga sangat sederhana. Anak hanya perlu menangkap bola yang Anda lemparkan. Sebaliknya, mintalah anak untuk melemparnya pada Anda.

Yang perlu diperhatikan dari permainan ini adalah jenis bola yang diberikan. Pastikan untuk memilih bola yang lembut, atau yang lebih ringan sesuai usianya.

  • Berlari dan menendang bola

Permainan yang tak kalah populer di kalangan anak adalah berlari dan menendang bola. Permainan tendang bola buat anak sangat mudah dipahami.

Bola hanya perlu ditendang ketika sampai di hadapannya. Bahkan bisa juga dikejar ketika bola menggelinding ke sisi lain dari tempat anak berdiri.

Kedua jenis permainan bola tadi memiliki manfaat untuk melatih sistem motorik pada seluruh tubuhnya. Bahkan permainan yang pertama bisa meningkatkan fokus anak.

Dalam memainkan permainan tersebut, Anda perlu menempatkan diri sebagai partner bermain anak.

Selain menjadi partner bermain, Anda juga akan bertindak sebagai pelatih yang mana akan diikuti oleh anak. Contohnya adalah bagaimana cara memainkannya.

Kesimpulannya, kemampuan motorik anak akan semakin berkembang ketika didukung oleh aktifitas yang melibatkan kekuatan fisiknya seperti permainan di atas. Jadi, permainan untuk balita mana yang Anda inginkan?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *