Persiapan Hamil Penting Selain Menjalankan Program Kehamilan

persiapan hamil
Friso Indonesia

Beruntung sekali jika ada pasangan suami istri yang baru satu atau dua bulan menikah langsung mendapatkan kabar kehamilan.

Sayangnya, sekarang ini banyak yang harus mengambil program kehamilan. Karena mereka merasa sulit sekali mendapatkan momongan.

Ada yang sangat sibuk karena tuntutan pekerjaan. Ada juga pasangan pasutri yang tidak memperdulikan kondisi kesehatan. Pantas saja jika mereka harus mengikuti program kehamilan ketika mereka ingin segera mendapatkan momongan.

Akan tetapi, program itu bukan satu-satunya cara persiapan hamil. Ada hal yang lebih penting lagi jika ibu ingin sekali segera hamil.

Membuat Komitmen dengan Suami

Apakah ibu yakin suami ibu ingin segera memiliki anak? Tidak semua suami ini segera memiliki anak. Terkadang suami khawatir tentang biaya hidup dan juga biaya untuk membesarkan anak. Ketika ia merasa belum mampu, ia tidak ingin cepat-cepat memiliki anak.

Oleh sebab itu, pertanyaan yang ibu harua jawab adalah apakah ibu yakin suami ibu ingin segera memiliki anak? Terkadang suami akan mengatakan “ya” tapi di dalam hatinya ia mengatakan tidak.

Diperlukan komitmen antar keduanya. Komitmen ini akan membuat ibu dan juga suami melakukan upaya yang sama agar segera mendapatkan momongan.

Karena komitmen inilah maka ibu dan suami akan menjaga kesehatan, melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, dan melakukan apapun sebagai persiapan kehamilan.

Pastikan Gigi Sehat

Apa hubungannya dengan kehamilan? Orang yang awam tentang ilmu kesehatan terutama kandungan akan menganggap tidak ada hubungan antara kehamilan dengan kesehatan gigi.

Pada kenyataannya ada hubungannya lho. Karena gigi yang sehat biasanya ada kuman yang berkembang. Dan jika kuman itu masuk ke dalam tubuh, maka hal tersebut akan mengganggu proses pembuahan. Ibu akan susah sekali hamil.

Itulah mengapa ibu sebaiknya periksakan kondisi kesehatan gigi secara rutin. Jika diperlukan tindakan khusus seperti harus melakukan treatment khusus dari seorang dokter gigi, sebaiknya hal tersebut segera ibu lakukan.

Bersihkan kerak gigi dan pastikan ibu menggosok gigi dua kali setiap hari. Hal ini diperlukan untuk memastikan tidak ada kuman di gigi yang bisa saja masuk ke dalam tubuh.

Bersenang-Senang dengan Suami

Ada yang bilang, jika ada pustri tidak kunjung dikaruniai anak, maka mereka butuh untuk berlibur atau berbulan madu untuk kedua kali.

Sebenarnya bukan itu yang terpenting. Yang menjadi masalah adalah mereka stress. Mereka butuh liburan agar tidak tidak stress. Karena stress akan sangat mengganggu program persiapan ibu hamil.

Ibu harus merencanakan untuk bersenang-senang dengan suami. Ini bukan berarti ibu harus berlibur di tempat yang jauh ya. Cukup cari cara yang ibu dan suami suka untuk melepas stress seperti naik gunung, berlibur di taman wisata pada waktu weekend, atau sekedar bersantai di rumah sambil menonton film favorit.

Kesibukan sering menjadi kendala seorang pasangan pasutri tidak kunjung dianugrahi momongan. Jika ibu merasakan hal yang sama, ibu bisa terapkan tips mempersiapkan hamil tersebut di atas.

Lakukan dengan penuh rasa senang. Hindari stress dan jangan terlalu terpaku untuk segera hamil. Jalani saja tanpa rasa beban. Maka ibu akan mendapatkan apa yang selama ini ibu dan suami inginkan.

Semoga informasi tersebut di atas bisa membuat ibu dan semua segera mendapatkan kabar baik. Jika diperlukan, konsultasi dengan dokter kandungan untuk memastikan tidak ada masalah kesehatan serius yang menyebabkan ibu tidak segera hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *