Persiapan Untuk Melahirkan Bagi Ibu Hamil

Persiapan Untuk Melahirkan
Johnson’s Baby Indonesia

Persiapan untuk melahirkan biasanya ditandai dengan memasuki usia kehamilan trimester ke tiga ibu akan mempersiapkan untuk proses kelahiran. Hal hal yang paling umum dicemaskan terjadi karena ibu hamil merasa kurang mempersiapkan dirinya menjelang proses persalinan. Persiapan tersebut bukan hanya sebatas perlengkapan persalinan akan tetapi juga persiapan secara fisik dan pesikis. Terutama hubungan dari orang sekitar seperti suami dan keluarga.

Persiapan untuk melahirkan banyak di idamkan oleh ibu hamil dengan keadaan normal. Untuk itu ibu hamil harus memiliki kondisi dan keadaan perasaan yang tenang sehingga dapat menghadapi proses persalinan dengan tenang. Namun pada kenyataanya beberapa ibu hamil sering kali binggung hal apa saja yang harus dipersiapkan mendekati hari persalinan. Bahkan ada beberapa di antara mereka yang stress sendiri karena khawatir persiapan untuk melahirkan kurang tepat.

Artikel berikut ini akan memberikan informasi mengenai persiapan untuk melahirkan yang dapat membuat anda lebih tenang dan siap menghadapi proses persalinan. Hal yang utama adalah dengan mengelola diri dengan mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan persalinan. Pada saat persiapan jelang persalinan ibu hamil memasuki trimester ketiga. Hal ini ditandai dengan kondisi fisik ibu yang semakin membesar. Kondisi ini membuat ibu hamil tidak nyaman dan di hantui dengan rasa cemas dalam mempersiapkan persalinan. Rasa khawatir yang berlebihan akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dan dapat juga menghambat proses persalinan. Seharus-nya ibu hamil memiliki persiapan kondisi fisik dan mental yang lebih baik menjelang persalinan. Dengan melakukan persiapan persalinan maka akan membuat diri ibu hamil lebih di kelola dan dipersiapkan dengan baik. Pada umum-nya persiapan persalinan dapat dilakukan pada usia kehamilan lima minggu sebelum melahirkan. Ibu hamil dapat mempersiapkan diri dengan latihan latihan yang mendukung proses persalinan.

Berikut ini beberapa hal yang dapat disiapkan sebagai persiapan untuk melahirkan antara lain:

  1. Persiapkan mental anda.

Berkonsultasilah pada dokter kandungan anda metode persalinan yang siap anda pilih. Sebab meskipun anda menginginkan persalinan normal, namun jika kondisi ibu dan janin tidak mendukung maka persalinan caesar dapat menjadi pilihan. Dengan mengetahui metode persalinan yang tepat, akan membantu anda mengusir rasa cemas dan khawatir. Anda dapat mempersiapkan mental dengan mengelola rasa stress dan khawatir yang berlebih bahwa persalinan merupakan proses yang membahagiakan untuk menyambut buah hati anda.

  1. Memilih tempat persalinan.

Ketika memasuki usia kehamilan 7 bulan, anda mulai memilih persiapan tempat untuk persalinan yang tepat. Anda harus memperhatikan jarak tempuh antara rumah dengan rumah sakit tempat anda bersalin, sehingga anda dapat melakukan persiapan.

  1. Mempersiapakan perlengkapan Ibu dan Bayi

Beberapa perlengkapan untuk mempersiapkan persalinan dapat anda lakukan dengan membeli pakaian yang sesuai dengan kebutuhan. Seperti perlengkapan popok, selimut, tisu, sarung tangan, bantal, kaos kaki, tempat tidur, perlak dan perlengkapan bayi. Lalu bagi ibu hal yang wajib dipersiapkan adalah pembalut pasca melahirkan, bra khusus untuk ibu menyusui, baju yang berkancing depan atau perlengkapan yang diperlukan sehingga mendukung ibu setelah persalinan.

  1. Mengetahui tanda-tanda persalinan dan dukungan dari keluarga

Anda haus mengetahui bagaimana tanda-tanda persalinan yang semakin dekat. Anda harus mencari informasi dari dokter kandungan atau berbagi informasi dengan ibu yang sudah melahirkan. Sehingga anda tidak pernah salah dalam membedakan kontraksi.

Penjelasan persiapan untuk melahirkan dapat membantu Ibu untuk mempersiapkan persalinan lebih baik untuk menyambut buah hati tercinta.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *