Persiapan untuk Melahirkan yang Semua Bunda Harus Tahu

Persiapan untuk melahirkan
www.johnsonsbaby.co.id

Seringkali bunda merasa hidup berjalan cepat dan semakin cepat setiap detiknya, namun begitu menginjakkan kaki ke dalam ruang bersalin, waktu terasa begitu lambat. Sebuah insitusi kesehatan menemukan bahwa proses bersalin pertama kali bagi seorang bunda rata rata memakan waktu 2.6 jam lebih lama dibanding 50 tahun lalu.

Untuk membuat ‘waktu ekstra’ di ruang bersalin sedikit lebih menyenangkan dan tidak menyakitkan, sangat membantu jika anda sudah melakukan persiapan untuk melahirkan. Mulai hari ini, lakukan 10 langkah berikut yang membuat pengalaman melahirkan menjadi lebih mudah.

1.Ikut kelas

Daftarkan diri anda ke kelas mengenai kelahiran sedini mungkin. Bukan hanya karena kelas kelahiran seringkali penuh, akan tetapi kelas seperti metode mengasuh, umumnya memakan waktu 12 minggu, yang mana sebaiknya anda sudah ikuti sejak trimester kedua.

Selain itu, temukan apa filosofi atau pendapat dokter mengenai proses cesar dan penggunaan obat anti rasa sakit. Tanyakan pertanyaan sulit dan pertanyaan bodoh demi mempelajari tahap tahap kehamilan yang berbeda sehingga anda tahu pasti apa yang anda harapkan. Semakin anda bersiap, semakin banyak keputusan yang bisa anda pilih selama proses melahirkan. Anda tidak ingin datang ke rumah sakit tanpa tahu apa yang sebenarnya akan terjadi. Ketika persalinan dimulai tidak adanya kejutan berarti hal yang bagus.

2. Temukan kekuatan dan fokus

Hal terpenting yang bunda harus pelajari adalah fokus. Yoga juga menguatkan seluruh tubuh, meningkatkan fleksibilitas dan memberi anda stamina. Tapi yang paling membantu selama keseluruhan proses melahirkan adalah pikiran yang rileks. Dengan pikiran yang rileks maka tubuh akan terasa lebih ringan selama melahirkan.

Fokus dan rileks membuat anda menjadi lebih berpikir jernih.

3. Hindari negativitas

Beberapa buku atau video mengenai kelahiran menggunakan gambar yang terlihat kejam. Banyak kisah mitos dan kata kata yang menakutkan seperti anda tidak mungkin melahirkan monster ini tanpa proses cesar, hal ini akan membuat anda takut dan badan bereaksi dengan menolak bekerja sama selama proses melahirkan.

Paling ringan, pikiran negatif membuat proses melahirkan menyebalkan. Paling buruk, pikiran buruk bisa meningkatkan rasa sakit dari tingkat normal. Tiap kali ada peringatan tidak perlu mengenai proses kelahiran entah di video atau artikel segera ganti, pelankan, atau pergi dari subjek yang membuat anda tidak nyaman. Termasuk bentengi

diri anda sendiri dari situs situs atau post media sosial yang membuat pikiran anda menjadi jelek.

4. Belajar

Ketika kamu mendekati masa kelahiran, maka terlambat untuk buru buru membuka buku mengenai hipnotis diri atau brosur yang ada di lorong bersalin. Persiapan itu penting.

Dengan persiapan yang matang, anda akan lebih tahu apa yang harus anda lakukan, kebanyakan bunda merasakan rasa panik yang tidak perlu hanya karena hal hal yang tidak diketahui oleh bunda padahal hal tersebut sebenarnya cukup umum. Rasa panik menghambat badan untuk berfungsi sebagai mana mestinya.

5. Dukungan lingkungan

Carilah teman, pasangan, atau bahkan orang tua jika mampu untuk memberikan dukungan baik secara mental maupun fisik dan juga informasi mengenai masa kehamilan dan kelahiran. Penelitian menunjukkan perempuan yang mendapat dukungan mental dan fisik, umumnya melahirkan lebih cepat, dan kebutuhan C-sections, oxytocin, obat anti rasa sakit, dan penurunan rasa tegang berkurang hingga setengah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *