Pilihan Resep Makanan Bayi 8 Bulan Yang Sehat

resep makanan bayi 8 bulan
www.awalsehat.nestle.co.id

Saat bayi Anda berusia 8 bulan maka Anda juga harus memperhatikan apa saja bahan yang baik untuk resep makanan bayi 8 bulan. Makanan yang bergizi akan membantu tumbuh kembang si kecil. Dengan memberikan makanan yang bernutrisi dan bergizi tinggi, bayi Anda akan tumbuh dengan sehat dan cerdas. Pemilihan makanan yang lebih teliti juga akan mempengaruhi pertumbuhan bayi Anda. Ketika bayi Anda berusia 8 bulan, ada beberapa tahapan pertumbuhan perkembangan yang perlu Anda ketahui.

Beberapa resep makanan untuk bayi usia 8 bulan yang dapat dijadikan referensi untuk Anda memilih menu makanan untuk bayi Anda antara lain:

-Nasi tim brokoli

Untuk membuat makanan bayi berupa nasi tim brokoli ini bahan yang harus Anda persiapkan antara lain yaitu beras 20 gram , daging yang telah di giling 25 gram, tomat yang sudah dipotong bentuk kecil-kecil 25 gram, telur ayam yang diambil kuningnya saja 1 butir, keju parut 10 gram, dan juga Air matang 625 ml.

Cara membuatnya : Langkah awal yaitu rebus beras dan daging giling dalam air hingga mendidih. Lalu masukkan brokoli dan tomat, tunggu hingga matang. Campurkan kuning telur dan keju parut kedalam nasi, kemudian aduk hingga matang. Angkat dari api dan tunggu hingga dingin, setelah dingin makanan bisa dihaluskan menggunakan blender atau dengan disaring.

-Nasi Tim Saring

Bahan yang harus dipersiapkan yaitu : beras 20 gram, tempe 30 gram, ikan tuna, tenggiri maupun salmon 25 gram, labu siam 50 gram, tomat yang sudah dipotong kecil-kecil 50 gram, mentega 1 sendok teh dan juga Air 625 ml.

Cara membuatnya : Langkah awal yaitu rebus beras, tempe dan ikan dalam air hingga menjadi bubur. Kemudian masukkan tomat dan labu, aduk hingga merata dan tunggu sampai matang. Lalu, masukkan mentega kedalam bubur, aduk hingga merata, angkat dari api dan biarkan sampai  dingin. Terakhir yaitu haluskan bubur dengan blender atau saring menggunakan saringan kawat.

-Nasi tim saring dengan hati ayam

Bahan yang harus dipersiapkan yaitu : beras 20 gram, hati ayam 25 gram, tempe 25 gram, tomat yang sudah dipotong kecil-kecil 25 gram, bayam yang dengan diiris kasar 25 gram, mentega 1 sendok teh dan juga Air 625 ml.

Cara membuatnya : Langkah awal yaitu rebus beras, tempe dan hati ayam hingga berbentuk menjadi bubur. Lalu, masukkan tomat dan bayam tunggu hingga matang. Kemudian, tambahkan mentega, aduk sampai rata. Tunggu  hingga dingin lalu blender atau saring. Terakhir hidangkan untuk bayi Anda.

-Nasi tim wortel

Bahan yang harus dipersiapkan yaitu : beras 20 gram, daging ayam yang telah digiling 25 gram, tempe 25 gram,tomat yang sudah dipotong kecil-kecil 25 gram, wortel 25 gram, mentega 1 sendok teh dan juga Air 625 ml.

Cara membuatnya : Langkah awal yaitu rebus beras, daging ayam dan tempe dalam air hingga menjadi bubur. Lalu, campurkan tomat dan wortel, aduk sampai merata. Tambahkan mentega dalam bubur sembari diaduk dengan perlahan. Tunggu sampai matang lalu angkat dari api dan biarkan sampai  dingin. Saring atau haluskan menggunakan blender. Terakhir sajikan untuk si kecil.

Resep Makanan Bayi  8 Bulan Yang Bergizi

Memberikan asupan gizi yang sesuai berdasarkan usia bayi adalah hal yang perlu  Anda perhatikan, supaya disesuaikan dengan perkembangan pada si kecil. Saat bayi Anda memasuki bulan ke 8, berbagai gerakannya sudah lebih aktif, misalnya saja merangkak atau mulai duduk. Disamping itu, bayi Anda lebih aktif menggunakan tangannya untuk meraih benda yang menarik didekatnya. Kepekaan yang dipunya bayi umur 8 bulan sudah ditandai dengan ikatan emosional bersama orang tua dan keluarga yang lain. Berikut ini resep makanan yang bergizi untuk si kecil;

-Bubur Daging Beras Merah

Bahan yang diperlukan yaitu : 50 gram beras merah , 100 gram daging cincang ,450 ml air , 1 buah tomat yang sudah dicincang , 50 gram wortel, 50 gram bayam merah , 1 sendok seledri dicincang, dan juga 1/2 sendok keju parut .

Cara Membuatnya : Langkah awal yaitu kukus beras merah dengan air sampai mengembang lalu masukan gilingan daging dan tomat. Biarkan sampai mendidih, kemudian tambahkan bayam, keju, wortel, dan seledri. Terakhir aduk  sampai rata  dan sajikan saat masih hangat.

-Menu Cemilan Buah Sehat

Buah yang dianjurkan yaitu pisang , sebab mengandung kalori untuk pertumbuhan si kecil  dan kaya akan kandungan kalsium, kalium serta vitamin c.

Dengan kandungan kadar tepung dan mineral yang tinggi maka sangat baik untuk pertumbuhan si kecil.  Pemberian Pisang  bisa Anda berikan dengan menggunakan sendok makan bayi  atau diberikan utuh.

Nutrisi Yang Terkandung Pada Resep Makanan Bayi 8 Bulan

Ketika Anda memberikan makanan pendamping ASI di usia yang dianjurkan, maka Anda bisa memperhatikan asupan gizi yang lebih banyak di usia ini. Perhatikan pula jenis makanan bayi yang akan Anda berikan. Saat bayi mempunyai alergi atau riwayat alergi pada keluarga maka sebaiknya Anda harus menghindari telur, gandum atau kacang-kacangan. Walaupun pada intinya jenis alergi pada masing-masing keluarga tidak sama. Tambahkan jenis asupan sayuran dan berbagai macam buah yang bervariasi sehingga mendapatkan nutrisi yang diperlukan dalam pertumbuhannya.

Anda bisa memberikan potongan buah kecil-kecil untuk melatih giginya, namun Anda tetap perlu memberikan pengawasan pada bayi anda. Buah yang perlu Anda hindari yaitu buah yang mengandung serat tinggi seperti buah sirsak, buah yang mengandung alkohol seperti durian dan nangka atau buah yang terlalu asam sebab akan mengakibatkan gangguan pada perut si kecil. Nutrisi yang terkandung dalam Resep Makanan Bayi 8 Bulan memang sangat banyak, seperti kalori, karbohidrat, nutrisi, vitamin dan lain sebagainya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *