Pilihlah Makanan Sehat Untuk Balita Berikut Ini Jika Ingin Si Kecil Sehat

makanan sehat untuk balita
www.ibudanbalita.com

Pilihan makanan sehat untuk balita banyak sekali jenis dan macamnya. Sebagai orang tua Anda harus bisa memilih makanan sehat bagi balita yang memang dibutuhkannya. Hal ini dimaksudkan agar supaya pertumbuhan dan perkembangan si kecil bisa menjadi lebih maksimal.

Perlu Bunda pahami bahwa sebenarnya balita ini butuh asupan makanan yang lebih banyak lemak dengan serat yang lebih sedikit. Hal ini dimaksudkan agar supaya berat badan si kecil semakin bertambah. Untuk itu sangat dianjurkan memberikan jenis makanan dengan nutrisi yang seimbang.

Masa balita ini merupakan periode dimana perkembangan fisik dan mental harus berjalan secara beriringan. Untuk itu memilih makanan sehat untuk bayi haruslah berupa jenis makanan yang memiliki nutrisi yang seimbang.

Jika Bunda ingin perkembangan fisik serta mentalnya berjalan secara beriringan, perhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Gula dan Garam

Perlu bunda pahami, konsumsi garam untuk balita ini idealnya tidak lebih dari 1/6 dari jumlah maksimum orang dewasa perharinya, atau kurang dari 1 gram. Untuk itulah perhatikan makanan untuk si kecil, sebab makanan untuk orang dewasa belum tentu cocok untuk balita Anda.

Bisa jadi makanan yang bunda makan terlalu banyak garam atau gula, atau bahkan makanan yang bunda makan ini ternyata di dalamnya mengandung zat pewarna buatan atau bahan pengawet. Jenis makanan seperti ini tentu saja sangat tidak baik untuk si kecil.

  1. Porsi Makan

Poris makan balita juga berbeda dengan orang dewasa. Balita lebih membutuhkan jenis makanan dengan sumber energi yang lengkap nutrisi dalam jumlah yang lebih kecil namun sering.

  1. Kebutuhan Energi dan Nutrisi

Bahan makanan sumber energi seperti halnya karbohidrat, lemak, protein, vitamin, serat, dan mineral wajib dikonsumsi oleh balita setiap harinya. Untuk itu aturlah agar supaya semua sumber energi tersebut ada pada menu makanan si kecil setiap harinya.

  1. Susu Pertumbuhan

Susu dikenal sebagai salah satu sumber kalsium juga sangat penting untuk selalu dikonsumsi oleh si kecil. Minimal balita butuh 350 ml susu perharinya. Pilihlah susu pertumbuhan balita yang berkualitas.

Pentingnya Memenuhi Kecukupan Gizi Balita

Untuk memenuhi kecukupan gizi balita salah satunya bisa Anda dapatkan dengan selalu memberikan makanan sehat bagi bayi. Adapaun beberapa hal yang harus Bunda perhatikan supaya gizi anak bisa tercukupi diantaranya:

  1. Berikanlah jenis makanan yang mudah dikunyah serta mudah ditelan oleh si kecil.
  2. Biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang berasal dari biji-bijian kering yang di dalamnya banyak mengandung zat besi. Terutama untuk balita usia 1-3 tahun.
  3. Penuhilah kebutuhan vitamin dan mineralnya dengan sering mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.
  4. Biasakan sarapan untuk mencegah
  5. Ajari si kecil untuk selalu memilih jenis makanan yang sehat dan bergizi seimbang.

Makanan Bergizi Untuk Balita

Beberapa pilihan makanan bergizi bagi balita yang bisa Bunda pilih supaya dapat memenuhi nutrisi seimbang untuk si kecil diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Pisang

Pisang bisa dikatakan sebagai salah satu jenis makanan terbaik untuk balita. Alasannya adalah pisang ini di dalamnya mengandung beberapa zat yang sangat dibutuhkan oleh balita untuk memaksimalkan perkembangan fisik dan mentalnya, seperti karbohidrat, kalium, zat besi, vitamin, dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu pisang ini kaya akan kandungan serat di dalamnya. Selain mudah dicerna, karena kaya akan kandungan serat maka pisang juga menjadi jenis makanan yang sangat baik untuk saluran pencernaan si kecil.

  1. Ubi Jalar

Diperkaya dengan kandungan vitamin C, kalium, serat, dan nutrisi penting lainnya, membuat ubi jalar ini merupakan jenis makanan sehat untuk anak yang bisa Bunda pilih.

Selain itu ubi jalar ini dikenal juga sebagai antioksidan tinggi serat dan tinggi betakaroten. Sehingga sangat efektif untuk menghilangkan radikal bebas berbahaya dari tubuh si kecil serta memiliki kemampuan untuk memperkuat sistem kekebalan si kecil sehingga dapat mencegah datangnya penyakit.

  1. Telur Rebus

Alasan kenapa telur rebus sangat baik untuk balita lantaran di dalamnya terkandung gizi yang sangat diperlukan oleh balita. Pada putih telur dikenal sangat kaya akan kandungan proteinnya yang sangat penting untuk memastikan kekuatan serta kesehatan dari balita.

Sedangkan untuk kuning telurnya sendiri dikenal sangat kaya akan kandungan seng, vitamin A, B12, D, dan E yang dapat membantu pertumbuhan si kecil. Selain itu pada kuning telur ini juga terkandung zat bernama kolin yang sangat penting untuk membantu perkembangan otak dari balita.

  1. Ayam

Ayam menjadi jenis makanan yang sehat untuk balita lantaran ayam ini banyak mengandung protein dan vitamin B6 yang bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan serta sumber energi tubuh.

  1. Sereal Bayi

Sereal bayi ini bisa dikatakan sebagai salah satu menu makanan yang sangat penting untuk balita. Sereal ini menjadi makanan yang tepat untuk balita lantaran di dalamnya terkandung berbagai jenis nutrisi yang bisa mendukung pertumbuhan serta perkembangan bayi.

  1. Sayuran Berdaun Hijau

Makanan sehat bagi anak yang bisa Bunda pilih selanjutnya adalah sayur-sayuran yang berdaun hijau seperti lobak, bayam, kale, daun selada, dan sejenisnya. Alasannya adalah dikarenakan sangat kaya akan folat dan zat besi yang memiliki manfaat untuk memperkuat otot, meningkatkan aliran darah, meningkatkan kesehatan si kecil secara keseluruhan serta bisa mendukung perkembangan balita secara lebih maksimal lagi.

Jika Bunda amati sebenarnya tidak sulit untuk menemukan makanan yang mengandung nutrisi seimbang untuk si kecil. Sebenarnya selain 6 di atas, masih banyak lagi jenis makanan sehat untuk balita yang bisa Bunda pilih.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *