Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman dan Aman Untuk Janin

Source: Photofunonline
Source: Photofunonline

Sebenarnya posisi tidur ibu hamil seperti apa yang nyaman dan aman untuk janin? Ini merupakan pertanyaan yang sangat sering ada dalam pikiran seseorang selama masa awal kehamilan. Karena posisi tidur bisa mempengaruhi kondisi kandungan.

Seorang ibu hamil sudah seharusnya menjaga kondisi tubuh dan juga kondisi janinnya dengan berbagai macam upaya. Tidak hanya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi saja, namun juga perlu untuk selalu memperhatikan kegiatan sehari-harinya agar tetap nyaman dan tidak mengalami gangguan kehamilan. Disamping mengurangi berbagai kegiatan yang terlalu melelahkan dan tidak mengangkat beban berat, yang harus diperhatikan selanjutnya yaitu mengatur posisi tidur. Bila pada beberapa minggu awal kehamilan Anda masih dapat tidur semaunya.

Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Dianjurkan

Ada berbagai pertanyaan dari sebagian  ibu hamil muda yang bingung mengenai bagaimana seharusnya posisi saat mereka akan tidur. Ada yang mengatakan bahwa saat sedang hamil, seorang wanita dapat tidur dengan posisi apa saja, asalkan istirahatnya lebih nyaman dan bisa tidur nyenyak. Namun, ada juga opini yang mengatakan bahwa ketika mengandung, posisi tidur harus  semestinya agar tidak berisiko untuk kondisi kandungan. Apalagi ketika kandungan memasuki usia trimester kedua, maka posisi dan kondisi fisik perut ibu umumnya akan mengalami perubahan. Selain itu, hal tersebut dapat membuat tidur menjadi tidak nyaman. Oleh sebab itu saat perut mulai membesar, umumnya akan muncul rasa cemas dan takut ketika sedang tidur.

Pada usia kehamilan muda Anda tidak harus merasa cemas tentang posisi tidur. Pada trimester pertama ini Anda bisa tidur dengan posisi pilihan Anda, apa saja yang penting nyaman dan dapat tidur dengan nyenyak. Walaipun pada awal kehamilan ini perut mulai membesar, perut mempunyai sistem proteksi sendiri terhadap janin.  Sehingga dalam posisi apa saja  janin di dalam kandungan akan selalu merasa nyaman. Hal ini disebabkan karena keberadaan cairan ketuban yang membuat janin mempunyai cukup ruang untuk dapat bergerak dan berkembang.

Mulai akhir trimester pertama mungkin perut ibu yang semakin membesar akan membuat kurang nyaman bergerak. Untuk kondisi yang memasuki tahap ini sebenarnya masih tetap diijinkan untuk tidur dalam posisi apa saja. Akan tetapi ada beberapa posisi tidur tertentu yang lebih disarankan untuk dipilih untuk memperoleh tidur yang nyaman dan nyenyak serta lebih maksimal dalam mendukung tumbuh kembang janin.

 

Cara Tidur Ibu Hamil Yang Baik

Berikut ini beberapa cara tidur yang baik untuk ibu hamil;

-Tengkurap

Untuk para ibu hamil yang mungkin ukuran perutnya belum begitu besar, ternyata tidur dengan cara tengkurap ini sangat aman. Namun tanda dari kehamilan trimester pertama yang umumnya diperlihatkan dengan bagian dada yang lebih besar dan lebih sensitif. Hal ini memang membuat seorang wanita tidak nyaman tidur dengan cara tengkurap. Disamping itu, posisi tengkurap juga tidak sesuai dan sangat kurang cocok untuk ibu hamil yang ukuran perutnya sudah mulai membesar, sebab akan mengurangi kelancaran peredaran darah antara ibu dan janinnya serta akan mengakibatkan rasa mual.

-Terlentang

Posisi terlentang merupakan cara tidur yang paling aman dan paling nyaman bagi semua orang termasuk untuk wanita saat sedang hamil. Untuk para wanita yang sedang hamil muda, posisi terlentang ini sangat disarankan sebab dengan posisi terlentang akan membuat Anda cukup nyaman ketika tidur. Sedangkan untuk Anda yang kehamilannya sudah memasuki usia 16 minggu atau perut sudah terlihat membesar, posisi tidur terlentang ini justru tidak dianjurkan. Hal ini disebabkan karena ketika Anda tidur terlentang, maka beban rahim Anda akan bertumpu pada bagian belakang tubuh Anda termasuk juga usus dan vena cava inferior. Oleh karena itu, posisis ini sangat rentan mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan , misalnya saja sakit pinggang, gangguan pencernaan serta wasir. Bahkan posisi tidur ini juga mampu mempengaruhi tekanan darah Anda.

-Miring

Cara tidur yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil yaitu tidur dengan posisi miring. Walaupun hingga sekarang ini masih belum ada penelitian lebih pasti yang mempelajari tentang bagaimana cara tidur yang paling tepat ketika sedang kondisi hamil.  Posisi miring ini cukup dianjurkan dan menjadi posisi tidur yang paling nyaman dan aman baik bagi ibu hamil dan bagi bayi yang ada di dalam kandungan. Tidur dalam posisi miring tidak akan menyebabkan bagian tubuh terbebani, terutama posisi miring ke kiri yang merupakan posisi tidur paling disarankan selama kehamilan. Pada posisi tidur ini peredaran darah akan semakin lancar sebab aliran darah vena cava inferior ada di sebelah kanan, 2 hal ini akan membantu dalam mengurangi rasa mual yang terjadi saat masa kehamilan. Sedangkan bagi calon bayi kelancaran peredaran darah berarti janin memperoleh asupan nutrisi yang lancar sehingga pertumbuhannya bisa lebih maksimal.

Tidur hanya dalam satu posisi saja tentu cukup susah, bila Anda bosan dengan posisi miring ke kiri, maka Anda bisa menggantinya dengan miring ke kanan atau juga dengan posisi tidur yang lain. Tentu tidak ada gunanya bila Anda selalu tidur dalam posisi miring ke kiri  akan tetapi tidak bisa  tidur dengan nyenyak. Dengan beristirahat yang berkualitas maka itu sangat  penting selama kehamilan. Hamil muda merupakan waktu yang sangat mudah dalam kehamilan. Penelitian membuktikan bahwa keguguran kebanyakan terjadi dalam masa ini, mencapai  sekitar 66% sampai 75%. Posisi tidur ibu hamil memang harus Anda selalu perhatikan sebab ini akan berakibat pada kesehatan janin.

Bagi ibu yang sedang memasuki trimester tiga, biasanya kaki mulai membengkak. Salah satu faktornya adalah posisi tidur. Awal Sehat membagikan solusi mengatasi kaki bengkak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *