Pratekkan Cara Menjaga Kehamilan Berikut untuk Mengurangi Rasa Sakit Saat Persalinan

cara menjaga kehamilan
pic : ibu dan balita

Cara menjaga kehamilan bisa ibu lakukan mulai saat mendengar bahwa ada janin dalam kandungan. Ibu mulai mengatur pola makan yang lebih baik, melakukan kegiatan yang tidak membahayakan janin dalam kandungan, serta menjalankan hidup yang lebih sehat.

Akan tetapi, untuk ibu yang masa kehamilannya sudah tua dan bahkan sudah hampir tiba masa persalinan, ada cara menjaga kehamilan khusus yang harus ibu lakukan agar ibu tidak bisa siap menjalani proses persalinan normal. Cara berikut ini patut untuk ibu pertimbangkan dan ibu lakukan agar rasa sakit saat persalinan bisa dikurangi.

Mengikuti Kelas Senam Ibu Hamil

Dari sekian banyak tips atau cara menjaga kehamilan, mengikuti senam ibu hamil menjadi cara yang paling sering direkomendasikan, khususnya bagi ibu yang masa kehamilannya sudah tua. Alasannya klasik. Senam hamil akan membuat posisi janin bagus sehingga kemungkinan besar persalinan akan dilakukan secara normal.

Akan tetapi, manfaat dari mengikuti kelas senam ibu hamil tidak itu saja. Ibu harus tahu bahwa ada gerakan tertentu agar kondisi tubuh ibu siap sehingga tidak terjadi kesulitan ketika persalinan. Bagi ibu yang rutin mengikuti kelas senam hamil, kemungkinan besar persalinan akan lancar dan rasa sakit bisa diminimalisir.

Sering Rileks

Apakah ibu sudah mengambil cuti? Sebaiknya ibu mengambil cuti sekitar 1 minggu sebelum HPL atau hari perkiraan persalinan. Dalam kurung waktu 1 minggu tersebut, ibu bisa menggunakan waktu untuk rileks. Ini merupakan cara menjaga kehamilan yang tepat agar ibu tidak sakit sehingga secara fisik maupun mental sudah siap untuk menghadapi proses persalinan.

Selama 1 minggu tersebut, ibu bisa melakukan kegiatan menyenangkan seperti jalan pagi, merawat bunga di rumah, menontot TV, dan membaca buku. Melakukan kegiatan yang menyenangkan akan membuat ibu lebih rileks dan terhindar dari kekhawatiran yang sering dirasakan oleh ibu hamil yang masa persalinan sudah dekat.

Berendam Air Hangat

Umumnya, ibu hamil akan merasakan ketegangan yang luar biasa ketika waktu persalinan semakin dekat. Untuk itu, sebaiknya ibu menerapkan tips menjaga kehamilan yang satu ini, yaitu berendam di dalam air hangat. Ini merupakan cara yang tepat agar ibu tidak tegang. Semakin ibu tegang kondisi ibu akan semakin kurang baik. Tegang membuat ibu khawatir dan hal itu bisa mempersulit proses persalinan nanti. Apalagi jika ibu sudah merasakan hal yang sangat menyakitkan. Oleh karena itu, mulailah mandi dengan menggunakan air hangat agar otak tidak tegang, ibu merasa nyaman, dan semua pikiran negatif serta kekhawatiran hilang.

Dari berbagai tips tersebut di atas, mana yang akan ibu lakukan pertama kali? Jika masa persalinan masih lumayan jauh, mulailah untuk rajin mengikuti kelas senam ibu hamil. Selain menjadi cara menjaga kehamilan paling efektif, senam hamil juga bisa menjaga kebugaran ibu sehingga siap untuk menghadapi persalinan.

Namun, jika masa persalinan sudah sangat dekat, ibu bisa sedikit lebih rileks. Hindari stres dan tegang karena hal tersebut justru akan memburuk keadaan. Untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan, yang perlu ibu lakukan adalah kemantapan dan positive thinking. Jika semua sudah ibu lakukan mulai dari mengkonsumsi makanan sehat selama kehamilan, menjaga kebugaran tubuh, dan sudah dipastikan bayi dalam posisi yang bagus, maka tidak ada lagi hal yang perlu ibu khawatirkan. Ibu sudah melakukan semua hal yang terkait dengan cara menjaga kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *