Pro Kontra Mengenai Minyak Telon Untuk Perawatan Bayi

Minyak Telon Bayi
Source: www.healthychild.org

Mengenai perawatan bayi, ibu bisa meniru dari orang tua atau teman ibu yang sudah memiliki anak. Namun, apakah ibu yakin cara merawat bayi yang ibu tiru itu benar? Akan lebih baik jika ibu belajar langsung dari ahlinya. Pasalnya, ada beberapa hal yang wajar dilakukan oleh masyarakat dari dulu hingga sekarang tapi ternyata tidak baik untuk kesehatan bayi.

Ini juga yang terjadi pada perawatan kulit bayi. Ternyata, apa yang masyarakat sekarang ini lakukan menimbulkan pro kontra, yaitu penggunaan minyak telon setiap selesai mandi. Bagi sebagian besar masyarakat, minyak telon diperlukan untuk menghangatkan badan bayi. Ibu ingin tahu apa kata ahli kesehatan bayi?

Larangan Menggunakan Minyak Telon

Pada akhirnya, keputusan ada di tangan ibu, apakah mau menggunakan minyak telon atau tidak. Yang pasti, setelah mengetahui tentang perawatan untuk bayi ini, pandangan ibu akan semakin obyektif mengenai penggunaan minyak telon untuk bayi. Ibu pasti sudah tahu dari sudut pandang pihak yang pro dengan penggunaan minyak telon. Kini saatnya ibu tahu pandangan dari pihak yang kontra.

Ada beberapa peneliti kesehatan bayi mengatakan minyak telon sebenarnya tidak memberikan efek apapun. Bahkan, minyak telon cenderung membuat kulit bayi mengalami masalah. Pada dasarnya, kulit bayi belum begitu berfungsi dengan baik. Dan jika kulit bayi sudah dilumuri atau ditutupi dengan minyak telon, maka pori-pori akan tersumbat. Pori-pori tidak bisa bernafas.

Apa yang terjadi? Lihat saja beberapa kasus di mana kulit bayi justru gosong setelah mendapatkan perawatan dengan menggunakan minyak telon. Lalu, apakah penggunaan minyak telon menjadi bagian dari cara merawat bayi? Bagi pihak yang kontra, tentu ini bukan bagian dari cara yang tepat untuk merawat kulit bayi.

Hal ini sama dengan penggunaan bedak. Masyarakat dari dulu hingga sekarang menaburkan bedak pada kulit dengan alasan agar terhindar dari biang keringat. Dan lebih dari itu, bayi menjadi nyaman karena tidak mengalami iritasi disebabkan oleh udara dan juga kuman. Benarkah demikian?

Bagi pihak yang tidak setuju dengan penggunaan bedak, mereka menganggap bedak justru berakibat buruk bagi kesehatan, partikel kecil dari bedak bisa terhirup oleh bayi sehingga mengganggu sistem pernafasannya.

Di Mana Posisi Ibu?

Lalu, bagaimana dengan pendapat ibu? Apakah ikut yang pro atau yang kontra terhadap penggunaan minyak telon?

Sebenarnya ada jalan tengahnya. Ibu bisa gunakan minyak telon tapi tidak berlebihan. Dan ibu harus pastikan minyak yang ibu gunakan tidak membakar kulit si kecil. Dan yang pasti, ibu tidak perlu terlalu bergantung dengan minyak. Maksudnya, jika tidak ada minyak telon, itu tidak berarti ibu tidak bisa membuat tubuh si kecil hangat. Toh sebenarnya ada cara perawatan bayi lainnya yang bisa membuat tubuhnya hangat dan nyaman seperti pemilihan baju dengan kain yang tebal dan halus dan lain sebagainya.

Terlepas dari pro kontra penggunaan minyak pada bayi, ada satu kesimpulan yang bisa ibu dapatkan. Tidak semua hal yang wajar dilakukan masyarakat itu baik untuk dilakukan, apalagi yang berhubungan dengan kesehatan bayi. Alangkah baiknya jika ibu berdiskusi gratis dengan pakar kesehatan anak online untuk bisa berkonsultasi dengan ahlinya secara online. Ibu bisa tanyakan apa saja seputar kesehatan anak, tak terkecuali tentang bagaimana perawatan bayi yang tepat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *